Steven Spielberg Akan Terlibat Di Film DC Comics; Tapi Tidak Seperti yang Dibayangkan

1 year ago
Sumber gambar: FilmBuffOnline

Untuk fans ataupun yang mengikuti karir perfilman Steven Spielberg tentu menyadari kalau ada dua tema besar yang boleh dibilang ‘sangat disukai’ oleh Spielberg untuk film-film dimana dia terlibat di dalamnya.

Tema fiksi ilmiah atau science fiction, dan satunya lagi adalah tema Perang Dunia Kedua alias World War II.

Dua tema ini sering dikerjakan oleh Steven Spielberg. Dan terkadang merupakan biopic yang penuh glorifikasi. Seperti misalnya “Saving Private Ryan” atau “Schindler’s List” ; dua film Steve Spielberg berdasarkan kisah nyata dengan latar belakang World War II. Ada pula “Indiana Jones” yang walaupun fiksi tapi tetap kuat dengan referensi Perang Dunia Kedua.

Sumber gambar: TheVintageNews

Sementara untuk tema fiksi ilmiah, ada “Ready Player One” yang seakan membuktikan kehebatan Spielberg di genre ini .

Sumber gambar: TheWrap

Sumber gambar: TheWrap

Mungkin berbekal deretan box office yang hampir selalu terjadi di film-film Steven Spielberg, Warner Bros. dan DC Comics kepincut untuk menggunakan talentanya di film superhero dari komik mereka. Tapi bukan komik superhero berkostum seperti kebanyakan superheroes; karena “Blackhawk” bukanlah komik DC Comics seperti yang kita biasa lihat.

Blackhawk?

Sumber gambar: DC Comics

Untuk banyak penggemar komik masa kini, nama ini hampir pasti asing terdengar. Saya yang besar dengan deretan judul dari DC Comics juga belum familiar dengan nama ini. Blackhawk termasuk judul komik dari DC Comics generasi awal. Lahir pada Agustus 1941 di “Military Comics #1”, Blackhawk mengambil latar belakang peperangan World War II dengan sentral karakter pilot-pilot pesawat tempur.

Melihat tahun rilis dan nama komiknya, mudah ditebak kalau tema komik ini soal Perang Dunia Kedua dan bercerita soal militerisme. Keduanya benar.

Sumber gambar: WordPress

Komik Blackhawk bercerita tentang skadron penerbang pesawat tempur era Perang Dunia Kedua bernama “Blackhawk Squadron”.

Blackhawk Squadron terdiri dari pilot-pilot dari berbagai negara Sekutu / Allied Forces yang bertempur melawan negara musuh Sekutu / Axis Powers. Dipimpin sosok misterius dengan nama kode Blackhawk, pasukan kecil tapi jagoan ini bermarkas di pulau misterius Blackhawk Island. Mereka menerbangkan pesawat Grumman XF5F Skyrocket dan berseragam pilot biru dan hitam; dengan Blackhawk mengenakan insignia / pin khusus bergambar elang. Jumlah anggota Blackhawk Squadron ini sering berubah seiring kisah, namun ada 7 anggota yang konsisten selalu ada di setiap cerita.

Blackhawk Squadron. Sumber gambar: ComicBooked

Walau hingga kini masih diperdebatkan siapa yang sebenarnya menciptakan “Blackhawk” pertama kali (komik-komik era Golden Age sering mengalami hal ini karena di masa itu situasi masih diliputi suasana perang dan kesadaran hak cipta masih belum sebagus Modern Age) namun sering disebut kalau Chuck Cuidera, Bob Powell dan Will Eisner sebagai tokoh-tokoh penting dibalik penciptaan komik militer ini.

Di masa ‘40an, komik Blackhawk termasuk komik yang laris melebihi komik-komik genre lain. Hanya komik Superman yang sanggup mengalahkan penjualan komik Blackhawk. Salah satu penyebab mengapa komik Blackhawk laris saat itu karena unsur propaganda dan patriotisme yang diusung. Sebab pada masa itu, negara-negara di Axis Powers merupakan musuh dunia internasional yang dipimpin Amerika Serikat lewat Allied Forces ciptaan mereka. Lewat komik ini, Amerika membentuk citra dan mempengaruhi persepsi publik dalam situasi peperangan.

Sumber gambar: Etsy

Ini bukan hal aneh di masa itu. Pernah lihat Captain America (komik Marvel Comics) menghajar Adolf Hitler? Itu juga contoh dimana fungsi komik superhero berfungsi sebagai media propaganda nasionalisme.

Sumber gambar: Eklablog

Film Blackhawk belum memasuki proses produksi. Bahkan belum ada pengumuman casting pemeran tokoh-tokoh pilot jagoan era World War II ini. Satu-satunya kepastian adalah kalau film ini akan ditangani oleh Steven Spielberg dengan penulis naskah David Koepp (yang sudah sering bekerjasama dengan Spielberg di film seperti Jurassic Park, War of the Worlds hingga Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull). Juga belum ada keterangan resmi posisi Spielberg di film Blackhawk; apakah hanya menjadi produser atau malah sekalian jadi sutradara juga.

Blackhawk Squadron. Sumber gambar: CinemaBlend

Tapi mengingat kesukaan Spielberg soal Perang Dunia Kedua, bisa jadi dia tergoda untuk menyutradarai film yang berasal dari raksasa komik superheroes DC Comics ini. Kita lihat saja!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Anime Dragon Ball yang Terbaru: Membawa Son Goku ke Level Berikutnya

Bro Sis ada yang tahu gak, kalo sampai sekarang Goku dan kawan-kawan masih berpetualang dalam seri Dragon Ball terbaru .. more

Lord El-Melloi II Case Files

Lord El-Melloi II Case Files: Drama Misteri Yang Hubungkan Serial Fate

Waver Velvet kini jadi guru sihir modern dan menyelesaikan kasus-kasus supranatural. Ikuti petualangannya di Lord El-Mel.. more

Sumber: youtube.com

Mahoutsukai no Yome: Kehidupan Sehari-hari Seorang Magus dan Murid yang Dicintainya

Para penikmat anime musiman, terutama yang mengikuti anime musim gugur 2017 dan musim dingin 2018 ini, pasti pernah mend.. more

komik-edukatif-00-d

Tips Membuat Komik Edukatif Yang Ampuh: Libatkan Elemen Humaniora!

Memasukkan elemen humanoria ke dalam sebuah komik edukatif bisa meningkatkan nilai pengetahuan dan manfaat komik tersebu.. more

Sumber: pinterest.com

Istilah ‘Kabedon’ yang Populer Namun Berbahaya Jika Dilakukan di Kehidupan Nyata

Kabedon ini risky dan berbahaya kalau dicoba dalam kehidupan nyata karena..... more