Steven Spielberg Buktikan Dirinya Masih Raja Box Office dengan “Ready Player One”

1 year ago
(Sumber gambar: NBCNews)

Oleh: @HarryRezqiano

Ada beberapa hal yang ‘terjamin’ di dunia. Gula rasanya dijamin manis. Air laut pasti rasanya asin. Harga Bahan Bakar Minyak selalu tidak stabil. Dan Steven Spielberg membuat film yang akhirnya jadi Box Office di mana-mana.

Steven Spielberg. (Sumber gambar: Entertainment Weekly)

Steven Spielberg. (Sumber gambar: Entertainment Weekly)

Hal itu rasanya tidak terlalu berlebihan karena dalam perjalanan karirnya Steven Spielberg memang jarang gagal menaklukkan Box Office dengan film-film dimana dia terlibat dalam pembuatannya. Baik itu sebagai sutradara, produser atau penulis naskah.  Atau menjadi semuanya sekaligus. Dengan karir perfilman yang membentang panjang selama lebih dari empat dekade, Steven Spielberg adalah tonggak penting era “New Hollywood” ; era kebangkitan modern perfilman Hollywood sejak 1960an hingga awal-awal 1980an.

Steven Spielberg tidak terpaku dan mengkhususkan diri di satu genre film saja. Walau suka tidak suka namanya lebih mentereng jika diasosiasikan dengan genre fiksi ilmiah.

Jaws (1975 | US$470 Juta), Close Encounters of the Third Kind (1977 | US$306 Juta) serta E.T the Extra-Terrestrial (1982 | US$793 Juta) adalah beberapa dari film fiksi ilmiah dimana Steven Spielberg terlibat di dalamnya.

Film tentang UFO. (Sumber gambar: TheFourOhFive)

Film tentang UFO. (Sumber gambar: TheFourOhFive)

Dalam perjalanannya, Spielberg juga membuat film-film bertema humanis dan ‘sensitif’ seperti kisah di era perbudakan, politik, peperangan bersejarah hingga tema arkelologi yang berbalut komedi aksi.

Schindler’s List (1993 | US$321 Juta) dan Saving Private Ryan (1998 | US$481 Juta) merupakan film-film Spielberg yang menggambarkan tentang getirnya situasi World War II. Kedua film ini diganjar Piala Oscar sebagai Film Terbaik.

Sumber gambar: HHSRampages

Sumber gambar: HHSRampages

Sementara tetralogi Indiana Jones (1981 – 2008 | lebih dari US$1.9 Milyar) adalah satu dari franchise yang melambungkan serta menjaga posisi Harrison Ford di jajaran top elite aktor Hollywood selama berpuluh-puluh tahun.

(Sumber gambar: Amazon)

Sumber gambar: Amazon

Dan siapa yang bisa lupa dengan film fiksi ilmiah Jurassic Park (1993 | US$1.029 Milyar) ?

Sumber gambar: RoyalAlbertHall

Sumber gambar: RoyalAlbertHall

Film yang diangkat dari novel laris berjudul sama karangan Michael Crichton itu merupakan film fiksi ilmiah sukses yang mampu menimbulkan pertanyaan (dan perdebatan) soal “bolehkah manusia coba-coba menjadi Tuhan dengan mengendalikan jalan kehidupan makhluk hidup yang sudah punah seperti Dinosaurus dengan proses kloning?”.

Rasanya kita semua pernah menonton film Jurassic Park minimal sekali. Paling tidak di televisi.

Mendengar raungannya bikin bergidik. (Sumber gambar: LiveScience)

Mendengar raungannya bikin bergidik. (Sumber gambar: LiveScience)

Dengan sederet reputasi mentereng seperti itu jelas ekspektasi serupa datang untuk film “Ready Player One” di mana Steve Spielberg kembali duduk di kursi sutradara selain sebagai produser film.

(Sumber gambar: RoadToVR)

Sumber gambar: RoadToVR

Film ini, seperti halnya Jurassic Park, diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Ernest Cline yang juga bertindak sebagai penulis naskah di film ini. Berlatar di masa depan (tahun 2045, yang tidak terlalu jauh dari masa kini) Ready Player One sudah memancing rasa penasaran dan jadi bahan pembicaraan bahkan sejak trailer resminya dirilis ke pasaran.

Dengan referensi pop culture sejak era 80an, film Ready Player One seakan-akan diciptakan untuk menggoyang urat syaraf sentimental penonton akan berbagai jenis dan ragam referensi pop culture dunia. Mulai dari film hingga video game. Apalagi tema film ini pada dasarnya adalah video game “Virtual Reality”. Sesuatu yang saat ini sudah ada di luar sana dan bisa jadi trend jika dikelola dengan tepat dan harganya terjangkau.

Peralatan VR sudah mulai diproduksi saat ini. (Sumber gambar: MyVue)

Peralatan VR sudah mulai diproduksi saat ini. (Sumber gambar: MyVue)

Film Ready Player One beredar di seluruh dunia sejak 29 Maret 2018 dan sampai saat ini sudah menghasilkan US$181 Juta. Jangan bayangkan angka ini akan mentok disana, karena masa pemutaran Ready Player One di bioskop masih panjang. Angka final Box Office dari Ready Player One sama sekali belum bisa diprediksi.

Apakah Ready Player One akan kembali membuktikan kesaktian seorang Steven Spielberg dalam menyajikan sebuah film Box Office fiksi ilmiah yang seru, penuh imajinasi dan memorable? Buat kamu yang belum nonton, intip dulu aja review-nya di sini. Siapa tahu bisa jadi bahan pertimbangan?

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

mortal kombat 11

Mortal Kombat 11 Ditarik Dari Indonesia. Kenapa Bisa?

Mulai dari kekerasan hingga simbol komunis. Kami mencari tahu alasan kenapa Mortal Kombat 11 ditarik peredarannya di Ind.. more

Sumber: michibiku.com

Game Asal Jepang Ini Malah Populer di Cina, Lho!

Ada sebuah mobile game menarik asal Jepang bernama “Tabi Kaeru” / “Travel Frog” yang sedang nge-hits banget di C.. more

Sumber: nyblueprint.com

Call Me By Your Name: Kisah Cinta yang Dinodai Setetes Tinta Abu-Abu

Diadaptasi dari novel Ande Aciman dengan judul yang sama, “Call Me by Your Name”, berhasil menciptakan ruang-ruang a.. more

Karakter anime ero loli yang bisa bikin awam salah paham. Sumber: merdeka.com

PENJELASAN Karakter Ero Loli Yang Sering Bikin Orang Awam Salah Paham

Seperti kasus yang kemarin sempat heboh antara artis lawas, Nafa Urbach, dengan seorang otaku yang membawa-bawa istilah .. more

(Sumber: Screenrant)

Film Justice League ‘Snyder Cut’ : Antara Fakta, Mitos dan Harapan Kosong

Seperti semua film bioskop, Justice League juga mendapatkan versi film rumahan . Versi ini penting untuk meredam ketidak.. more