Street Fighter V Arcade Edition: Versi Street Fighter V yang Sempurna

8 months ago
Sumber: streetfighter.com

Street Fighter V ketika dirilis pada tahun 2016 mendapat kritikan dan kecaman karena fitur yang disediakan sangat minimal, mode permainan yang seharusnya menjadi standar justru tidak ditemukan ketika permainan ini diluncurkan. Hal yang paling membuat banyak gamer kesal adalah harganya yang sama seperti harga game lengkap alias terlalu mahal. Capcom selaku developer dari game pertarungan jalanan ini pun menjanjikan banyak hal yang akan di update dan bisa di-download secara cuma-cuma.

Update yang dilakukan oleh Capcom memang bagus, namun bagi kebanyakan orang yang tidak punya koneksi internet bagus pasti akan mengeluhkan hal ini. Update yang dilakukan Capcom mulai dari story mode, beberapa karakter baru, kostum sampai pada arena permainan. Sialnya lagi update itu tidak hanya dilakukan sekali, melainkan berkala, terutama untuk update karakter.

Masalah selanjutnya gak hanya sampai disitu saja. Update cuma-cuma yang dijanjikan oleh Capcom ternyata tidak berjalan baik. Hal ini disertai dengan syarat-syarat lain seperti pemain harus mengumpulkan koin tertentu untuk bisa memiliki karakter yang baru di-update, koin itu didapat jika pemain memainkan Street Fighter V secara online. Sekali lagi para gamer yang punya sambungan inetnet lemah pasti akan mengeluhkan hal ini. Jika ingin mendapatkan karakter tanpa mengumpulkan koin, maka pemain bisa membelinya langsung dengan uang. Cara Capcom ini jelas merupakan cara yang sangat memaksa para pemain agar mengeluarkan uang ekstra untuk game yang sudah dibeli dengan harga lengkap.

Sumber: www.hobbyconsolas.com

Sumber: www.hobbyconsolas.com

Lalu tiba-tiba di akhir tahun 2017, Capcom merilis kabar bahwa mereka akan mengeluarkan Street Fighter V Arcade Edition di awal tahun 2018. Ini merupakan berita bagus sekaligus berita menjengkelkan bagi sebagian gamer yang sudah terlanjur membeli versi sebelumnya. Walau yang punya versi sebelumnya akan mendapatkan update gratis dari Capcom, tapi tetap saja update ini merupakan update yang besar dan akan memakan waktu yang super panjang untuk di-download. Sedangkan untuk yang beli versi Street Fighter V Arcade Edition tidak perlu terbebani oleh update tadi.

Apakah Street Fighter V Arcade Edition bisa memperbaiki banyak hal dari versi sebelumnya, atau malah menimbulkan masalah baru? Berikut ulasannya:

Mode Permainan yang Lebih Bagus

Salah satu mode permainan yang paling diharapkan banyak gamer untuk ada di Street Fighter V adalah “Arcade mode”. Agak aneh memang jika sebuah game fighting tanpa arcade mode? Tapi itulah yang terjadi pada Street Fighter V di perilisan pertamanya di tahun 2016.

Sumber: shoryuken.com

Sumber: shoryuken.com

Ada 6 jalur yang bisa dipilih dalam “Arcade mode” ini. Ke-6 jalur itu dibagi berdasarkan seri Street Fighter yang dulu pernah dirilis yaitu Street Fighter 1 sampai 5 dan satu tambahan Street Fighter Alpha. Walau setiap jalur dibatasi pada karakter tertentu saja, namun hal ini benar-benar memberikan dampak nostalgia yang sangat besar. Mulai dari kostum karakter yang mengikuti era versinya, hingga pada bonus item, musik klasik bahkan pertarungan melawan bos yang sangat sulit untuk dihadapi.

Nilai positif lainnya yang ditambahkan pada “Arcade mode” ini ialah sebuah cuplikan gambar atau art (semacam komik) yang menceritakan setiap karakter yang kita gunakan untuk menyelesaikan arcade mode. Jelas ini akan membuat banyak orang penasaran serta ingin mencoba karakter lain untuk bisa melihat art yang akan muncul.

Sumber: streetfighter.com/

Sumber: streetfighter.com/

Selain “Arcade Mode” ada juga yang namanya “Team Battle Mode”. Di mode ini kita bisa melakukan pertarungan 5 lawan 5 secara berkelanjutan. Jadi kalau bro sis bisa memenangkan satu pertandingan awal, maka darah karakter di awal tadi tidak akan kembali full melainkan berlanjut untuk menghadapi karakter selanjutnya. Hal ini menguji kepiawaian kita untuk bisa menggunakan bermacam karakter dalam satu pertarungan.

Selanjutnya ada “Extra Mode”. Mode yang bisa dimainkan dengan membeli tantangan tertentu sesuai waktu yang terbatas dengan menggunakan koin. Keutungan pada mode ini adalah rewards yang akan didapatkan jika berhasil menyelesaikan beberapa tantangan. Mulai dari pengalaman bermain yang berbeda, koin pertarungan yang lebih banyak, kostum karakter yang unik, serta beberapa hal kecil seperti pemberian judul pada penghargaan yang pemain dapatkan.

Sumber: streetfighter.com/

Sumber: streetfighter.com/

Untuk mode permainan yang pernah muncul di edisi Street Fighter V pertama, semuanya akan kembali ada di sini, seperti: Trials, Demonstration, Mission, serta Survival mode.

Gameplay Sama dengan Rasa yang Lebih Brutal

Secara garis besar, gameplay Street Fighter V Arcade Edition masih sama seperti Street Fighter V yang sebelumnya. Mulai dari serangkaian serangan kombo, jurus yang berbeda di setiap karakter, skill khusus yang dimiliki karakter untuk menahan serangan lawan, hingga pada jurus pamungkas yang akan membuat darah lawan terkuras sangat banyak.

Namun ada satu tambahan yang membuat pertarungan di Street Fighter V Arcade Edition jadi jauh lebih brutal, yaitu “V-Trigger II” yang jauh lebih dasyat. Fitur ini memungkinkan pemain untuk mengeluarkan combo yang lebih panjang, dengan gerakan jurus yang lebih segar dan mematikan. Kecerdasan fitur ini juga akan semakin terlihat jika karakter yang kita gunakan mengalami kerusakan yang cukup signifikan.

Sumber: streetfighter.com/

Sumber: streetfighter.com/

Seperti Ryu yang punya “V-Trigger” yang bisa menahan serangan musuh dan mengembalikannya sebagai serangan balasan atau seperti Cammy yang jadi lebih lincah dengan penambahan mobility yang luar biasa.

Dengan adanya V-Trigger II, pemain bisa melakukan kombo panjang hingga karakter lawan mengalami stun. Apalagi jika hal ini dikombinasikan dengan “V-Gauge” yang penuh untuk mengeluarkan jurus pamungkas, jelas ini akan menjadi mimpi buruk yang pastinya membuat pemain lebih fokus dan berhati-hati dalam menghadapi lawan mereka.

Karakter, Kostum, dan Arena

User-Interface (UI) dalam Street Fighter V Arcade Edition dirancang ulang agar semuanya terasa baru. Karakter-karakter lama yang sebelumnya pernah muncul sejak awal hingga yang di update oleh Capcom secara berkala, tampil dengan beberapa hal baru yang pasti akan membuat pemain tak sabar untuk mencobanya.

Sumber: streetfighter.com/

Sumber: streetfighter.com/

Selain jumlah karakter yang lengkap Street Fighter V Arcade Edition juga menawarkan beberapa kostum baru baik yang geratis atau pun yang berbayar, hal ini juga berlaku pada arena pertarungan.

~

Street Fighter V Arcade Edition sudah dirilis pada tanggal 16 Januari 2018 kemarin. Bisa dikatakan ini adalah versi Street Fighter V yang paling sempurna sejauh ini. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk mendapat tambahan beberapa hal baru, mengingat Capcom akan terus memperbaharui dan menambah banyak hal agar pengalaman bermain menjadi lebih seru.

Apa kalian berencana untuk membeli Street Fighter V Arcade Edition? Atau sudah punya yang versi sebelumnya dan berencana untuk melakukan update besar-besaran? Sebaiknya lakukan secepatnya, sebab kali ini Street Fighter V Arcade Edition tampil begitu maksimal.

About Author

Loganue Saputra Jr.

Loganue Saputra Jr.

Alfian Noor atau yang memiliki nama pena Loganue Saputra Jr. penulis novel Bersamamu dalam Batas Waktu (2014), selain suka menulis fiksi, ia juga memiliki hobi bermain video game, melukis, serta menonton film. Saat ini tinggal di Samarinda Kalimantan Timur dan aktif di Instagram @alpiannoor

Comments

Most
Popular

Sumber: telegraph

Gawat! Pahlawan Wannacry ini Terancam 40 Tahun Penjara

Masih ingat dengan Marcus Hutchins? Pahlawan Wannacry yang waktu lalu disanjung-sanjung akibat berhasil 'membunuh' virus.. more

CIAYO Comics One Shot Challenge Diperpanjang Guys!

CIAYO Comics One Shot Challenge diperpanjang, guys!!! Buruan bikin komiknya dan submit!.. more

Parade tokoh film Studio Ghibli. Sumber gambar: pinterest.com

Film Terbaru Studio Ghibli Baru Akan Rilis Tahun 2020

Dengan deretan film anime mereka yang keren, Studio Ghibli tak heran sering dibanding-bandingkan dengan kompatriot merek.. more

00-d-soft-launching-ponimu

Apa Saja Yang Kamu Dapatkan dari Soft Launching Ponimu?

Bersama dengan soft launching Ponimu, Ponimu juga baru saja menambahkan lebih banyak konten di bulan September!.. more

Sumber gambar: steemit.com

Tak Hanya PUBG dan Fortnite – Game Berikut Juga Cocok untuk Mode Battle Royale Death Match

Saat ini di kalangan PC gamers sedang trending game berbasis “Battle Royale Death Match”. Battle Royale? Seperti apa.. more