Suasana Meriah Comifuro 13, Tempat Kumpul Para Kreator Muda

5 months ago
Comic Frontier 13 kembali hadir di Balai Kartini tanggal 7-8 September 2019. Comifuro 13 masih jadi pilihan kreator untuk menjual karyanya.

Dalam perhelatannya ke-13 ini, Comic Frontier semakin mengukuhkan posisinya sebagai tempat para kreator unjuk kebolehan. Ratusan circle dan komunitas kreatif berkumpul di Balai Kartini Jakarta pada tanggal 7-8 September 2019 untuk menampilkan berbagai karya original serta fanworks. Tak hanya soal komik, Comifuro 13 juga banyak menyajikan karya-karya musik, ilustrasi, game, serta berbagai merchandise lainnya.

Komik-komik yang dijual di booth CIAYO Comics. Sumber: CIAYO Pictures
Komik-komik yang dijual di booth CIAYO Comics. Sumber: CIAYO Pictures

Comic Frontier yang berawal sebagai salah satu bagian Gelar Jepang UI ini telah berkembang menjadi sebuah pasar tersendiri. Comifuro 13 kini bukan hanya sekedar tempat jualan semata, namun sudah menjadi sarana pembuktian kemampuan untuk bisa masuk ke dalam industri kreatif. Lihat saja bagaimana berbagai penerbit komik lokal dan luar negeri berpartisipasi dalam acara ini untuk mencari talenta-talenta berbakat selanjutnya.

Baca Juga: Komik dan Novel yang Bisa Kamu Beli di Comifuro 13

Talkshow He is Gynophobic di Comifuro 13. Sumber: CIAYO Pictures
Talkshow He is Gynophobic di Comifuro 13. Sumber: CIAYO Pictures

Hal ini pun dibuktikan dengan berbagai acara panggung yang diadakan di Comifuro 13. Segmen-segmen yang dibawakan bertujuan untuk mendorong para kreator untuk semakin berkreasi menciptakan karya yang lebih baik. Mulai dari segmen talkshow memanage circle bersama Creatrip, hingga talkshow proses kreasi komik dari author komik He is Gynophobic dan Rika si Preman Sekolah.

Kemeriahan saat diadakannya kompetisi CTR. Sumber: CIAYO Pictures
Kemeriahan saat diadakannya kompetisi CTR. Sumber: CIAYO Pictures

Comifuro 13 juga tidak mencerminkan dirinya sebagai event yang kaku dan serius, karena hiburan yang disajikan mmebuat para pengunjung sangat antusias. Sejak pagi hari, pengunjung bisa menyanyi di atas panggung untuk memeriahkan suasana, diikuti oleh kompetisi CTR serta karaoke lagu K-ON! Dan Supercell.

Kolaborasi Nanairo Symphony bersama fanpage Bapak Kau Drawposting. Sumber: CIAYO Pictures
Kolaborasi Nanairo Symphony bersama fanpage Bapak Kau Drawposting. Sumber: CIAYO Pictures

Tak hanya itu saja, ada juga hiburan musik dari orkestra Waltzio dan grup vokal Nanairo Symphony. Acara Comifuro 13 di kedua hari ditutup oleh penampilan DJ asal Jepang, masing-masing DJ Sunamori dan DJ Misawa.

Comic Frontier niscaya akan kembali lagi di tahun 2020, masih mengusung format yang sama dengan dua event dalam satu tahun. Apakah kamu tertarik untuk berpartisipasi di Comifuro selanjutnya?

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: Paperhi

5 Musisi Ini Melebarkan Sayapnya ke Dunia Anime-Manga!

Kali ini, CIAYO Blog punya daftar beberapa musisi yang terlibat dalam berbagai proyek di luar bermusik. Lucunya, mereka .. more

Dirga Deka

Komikman, Pengisi Waktu Luang yang Sekarang Terkenal

Siapa yang gak tau sama “Komikman”? Di Instagram sendiri nama Komikman udah bukan hal asing. Komik strip terkenal in.. more

sumber: opshead.com

8 Game Playstation Yang Seharusnya Di-Remade Atau Remasterd

Para gamer, terutama gamer Playstation pasti tahu sosok yang satu ini. SSosok yang tampil di atas panggung dan membawa b.. more

sumber: http://vgrhq.com

Mengapa Sebuah Game Harus ada IAP dan DLC, Kalian Terganggu?

Bukan lagi rahasia umum jika sebuah game mobile gratis sering kali dibumbui oleh iklan yang dapat membuat pemain bisa ka.. more