Suka Nonton Anime? Karakteristik Wanita ini Pasti Pernah Ditemui

8 months ago
Google Images

Walaupun dunia anime berbeda dengan dunia nyata, tapi banyak referensi di dunia nyata yang diterapkan dalam anime, termasuk karakterisasi tiap karakternya. Bro sis yang suka nonton anime pasti udah nggak asing lagi dalam menilai kepribadian wanita-wanita yang ada di dalamnya.

Berasal dari kata “Deredere yang merupakan kata asli dari “berbagai tipe dere”, ada empat tipe utama karakter dalam anime, yaitu Tsundere, Yandere, Dandere, dan Kuudere. Namun, ada pula tipe-tipe lainnya, seperti Goudere, Kamidere, Himedere, Gundere, Mayadere, dan Onidere. Masing-masing memiliki ciri khas yang membedakan satu dengan yang lainnya. Bro sis yang bukan pecinta anime sejati, pasti asing, kan?

Mulai dari Deredere, tipe karakter yang polos dan menunjukkan sifat aslinya kepada orang lain. Karakter seperti ini biasanya pemalu, manis, dan rapuh, tetapi baik dan perhatian kepada teman-teman yang lain. Karakter protagonis pria biasanya mengidam-idamkan karakter wanita seperti ini, karena sifat aslinya selalu ditunjukkan tanpa harus berpura-pura. Dalam anime The Melancholy of Haruhi Suzumiya, karakter seperti ini ada di Mikuru Asahina.

Mikuru Asahina, Cewek polos idaman semua pria di sekolahnya (Sumber: myanimelist.net)

Mikuru Asahina, Cewek polos idaman semua pria di sekolahnya (Sumber: myanimelist.net)

Tipe Tsundere yang paling mudah dikenali karakternya bagi bro sis pecinta anime. Biasanya wanita bertipe Tsundere agresif cenderung jutek dan dingin, karena tidak ingin memperlihatkan perasaannya kepada orang lain. Apalagi orang yang disukainya. Mereka akan berusaha menyangkal perasaannya mati-matian apabila jatuh cinta kepada seseorang. Meskipun demikian, mereka sebenarnya orang yang baik. Contoh karakter Tsundere yang paling jelas diperlihatkan oleh Taiga Aisaka di anime Toradora.

Taiga Aisaka (Sumber: myanimelist.net)

Taiga Aisaka (Sumber: myanimelist.net)

Gak hanya Tsundere yang natural. Ada pula kombinasinya dengan tipe lain. Tsundere Narsisme, biasanya terlalu arogan dan sulit menerima koreksi dari orang lain; Tsundere Ojou, yang selalu menempatkan diri sebagai karakter yang sulit dijangkau oleh orang sekitarnya; Deviant Tsundere, biasa dijumpai pada karakter-karakter antagonis atau yang maniak dengan darah; Tsundere Pragmatis, terlalu kaku dan memiliki selera humor yang rendah; Extrovert Tsundere, yang paling banyak tingkah dan kekanakan daripada Tsundere tipe lain; Introvert Tsundere, yang pendiam dan tertutup.

Klasifikasi Introvert Tsundere bisa juga menjadi Dandere, yang pendiam dan pemalu, tetapi bisa melakukan hal tidak terduga apabila diperhatikan. Karena Dandere jarang bicara dan ekspresinya cenderung datar, karakter ini sulit ditebak isi hatinya, kecuali jika bro sis sudah sangat dekat dengannya. Yuki Nagato dari anime The Melancholy of Haruhi Suzumiya adalah sosok sempurna penggambaran karakter Dandere ini.

Yuki Nagato (Sumber: myanimelist.net)

Yuki Nagato (Sumber: myanimelist.net)

Kuudere berbeda tipis dengan Dandere. Keduanya sama-sama memiliki sifat pendiam. Perbedaannya, Kuudere masih bisa berekspresi dan lebih dewasa daripada Tsundere. “Kuu“, yang merupakan pembacaan cool (dingin) oleh orang Jepang, merupakan penggambaran sifat Kuudere sendiri yang dingin. Meskipun begitu, mereka bisa menjaga imej dengan baik. Penggambarannya ada di karakter C.C. dalam anime Code Geass.

C.C. yang misterius cocok memiliki karakter Kuudere (Sumber: myanimelist.net)

C.C. yang misterius cocok memiliki karakter Kuudere (Sumber: myanimelist.net)

Kalau Kuudere cenderung dingin, Yandere justru sebaliknya. Meskipun sekilas terlihat baik dan perhatian, tetapi karakter Yandere memiliki gangguan mental dan emosional yang bisa muncul kapanpun sehingga karakter ini paling berbahaya dibandingkan dengan karakter lain. Kecenderungan untuk posesif dan ingin mempertahankan seseorang yang dicintainya membuat karakter ini tak segan-segan untuk menghancurkan orang-orang yang menghalangi niat ‘baik’ mereka. Yuno Gasai di anime Mirai Nikki dan Kotonoha Katsura dalam anime School Days bisa menjadi gambaran tersadis karakter Yandere.

Yuno Gasai, maniak yang posesif (Sumber: myanimelist.net)

Yuno Gasai, maniak yang posesif (Sumber: myanimelist.net)

Ada pula Gundere, yang mirip dengan karakter Tsundere. Jutek dan galak, tetapi manis kalau di dekat orang yang disukainya. Jangan membuat mereka marah, karena sesuai dengan ciri khasnya, dia akan menembakkan berbagai jenis senjata api untuk jadi pelampiasannya ketika sedang marah. Jika ingin melihat penggambaran karakter Gundere, bisa menonton Nichijou dan mengamati karakter Misato Tachibana.

Misato Tachibana, Gundere (Sumber: myanimelist.net)

Misato Tachibana, Gundere (Sumber: myanimelist.net)

Kamidere merupakan tipe karakter yang menganggap dirinya sebagai dewa, sesuai dari asal namanya yaitu kami yang berarti dewa atau tuhan. Karakter Kamidere sangat sombong dan bertindak semaunya terhadap orang-orang di sekitarnya. Tapi begitu dia menyukai orang lain, segala sifat negatifnya itu bisa luluh dan melunak. Bro sis penggila anime pasti setuju kalau penulis menganggap bahwa Haruhi Suzumiya dalam anime The Melancholy of Haruhi Suzumiya menjadi karakter Kamidere paling ideal.

Haruhi Suzumiya, Kamidere favorit para penggila anime (Sumber: myanimelist.net)

Haruhi Suzumiya, Kamidere favorit para penggila anime (Sumber: myanimelist.net)

Bertolak belakang dengan Kamidere, Goudere justru lebih suka memposisikan dirinya untuk mengabdi kepada orang yang dicintainya. Mereka bahkan rela mengorbankan apapun demi kebahagiaan orang yang dicintai. Dalam anime Sora no Otoshimono, karakter ini tergambar dalam diri Ikaros.

Ikaros, Ekspresinya pasrah banget. Hehehe (Sumber: myanimelist.net)

Ikaros, Ekspresinya pasrah banget. Hehehe (Sumber: myanimelist.net)

Jika kalian pernah melihat karakter yang selalu ingin dianggap sebagai tuan putri, Himedere adalah sebutannya. Sosok gadis kaya egois dan selalu ingin dimanja merupakan gambaran umum dari karakter bertipe Himedere. Eri Sawachika dari anime School Rumble adalah karakter Himedere yang berlatar belakang paling sempurna, karena benar-benar dari keluarga kaya dan sifatnya yang ingin dimanja oleh orang sekitarnya.

Tuan Putri kita, Eri Sawachika (Sumber: myanimelist.net)

Tuan Putri kita, Eri Sawachika (Sumber: myanimelist.net)

Jika ada karakter antagonis yang berpindah pihak, biasanya disebut Mayadere. Karakter ini biasanya menjadi musuh tokoh utama, namun dia berbalik memihak tokoh utama karena jatuh cinta padanya. Tipe karakter ini sulit ditebak karena dia harus memilih, apakah menjalani tugasnya ataukah mengikuti perasaannya. Illyasviel von Einzbern dalam anime Fate/Stay Night menjadi contoh tipe karakter Mayadere.

Illya, Mayadere yang berpindah haluan (Sumber: myanimelist.net)

Illya, Mayadere yang berpindah haluan (Sumber: myanimelist.net)

Onidere adalah karakter paling kuat di antara semua karakter di atas. Namun, karena kekuatannya itulah dia harus menyembunyikan perasaannya sendiri supaya imejnya tidak rusak. Penggambaran karakter  paling jelas justru di Saya Ikushima dalam manga Onidere.

Saya Ikushima, Ketua geng (Sumber: tvtropes.org dan myanimelist.net)

Saya Ikushima, Ketua geng (Sumber: tvtropes.org dan myanimelist.net)

Dari sebelas karakter wanita dalam anime dan manga di atas, karakter wanita seperti apa sih yang kalian idam-idamkan? Kalau penulis sendiri menyukai Kuudere, seperti Yakumo Tsukamoto dalam anime School Rumble. Entah mengapa, kisah cinta Yakumo lebih menjadi pusat perhatian dalam anime itu, mengalahkan kisah cinta kakaknya, Tenma. Kalau kalian? Tinggalkan komentar beserta contohnya, ya!

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

Line Up Film Live Action yang Diadaptasi dari Animasi Disney

Siapa yang enggak tahu film animasi yang diproduksi Disney? Pernah enggak ngebayangin film animasi yang kita tonton kala.. more

Si Nopal

Si Nopal: Karakter Chubby yang Bikin Geli

Hari ini rubrik Chit Chat akan membahas salah satu komikus yang lagi ngetrend di Instagram nih yaitu Si Nopal!.. more

Logo internasional game sepakbola ciptaan Konami Jepang. Sumber gambar: game-debate.com

Winning Eleven/Pro Evolution Soccer: Game Wajib Sejuta Umat Gamers PS Indonesia

Rasanya tidak akan ada yang komplain jika dikatakan kalau game sepakbola Winning Eleven/WE (atau dalam judul internasion.. more

Sumber : life-is-strange.wikia.com

Life is Strange: Ketika Waktu Tidak Berpihak

Lho, kok baru di review sekarang sih? Yap, alasannya karena yang pertama, Game Life is Strange (LIS) lagi gratis di Stea.. more

Dua robot. Satu manusia. Masa depan akan dikendalikan oleh siapa? Sumber gambar: youtube.com

Saat Dua Robot Berdebat Soal Masa Depan Kemanusiaan

Beberapa waktu yang lalu di acara “RISE Conference 2017”, sebuah konferensi para pelaku IT dunia, sebuah perusahaan .. more