Suka Pantai? Ini Rekomendasi Komik-Komik Bertemakan Laut!

3 months ago
(Pinterest.com)

Seperti yang kita tau, Indonesia merupakan negara maritim. Gak sekadar negara maritim aja, Indonesia adalah negara maritim paling besar di dunia. Bayangin aja, luas lautan negara kita ini mencapai 93.000 kilometer persegi. Selain itu, Indonesia juga mempunyai garis pantai terpanjang sedunia yaitu 81.000 kilometer atau sekitar 25% dari garis pantai di seluruh dunia. Wah, ga nyangka ya bro sis. Makanya kita tuh sebagai generasi muda harus berbangga diri sama Indonesia.

(www.berjubel.net)

(www.berjubel.net)

Ngomongin soal maritim gak lepas dari yang namanya laut. Nah, bro sis para pecinta komik tau gak sih judul komik apa aja yang bertemakan laut?

1. Aria

(www.animepjm.com)

(www.animepjm.com)

Aria  adalah komik manga fantasi sains utopian karya Kozue Amano. Buat yang belum tau, serial ini awalnya berjudul Aqua  saat diterbitkan oleh Enix di majalah Monthly Stencil dan akhirnya berganti judul saat pindah ke majalah Mag Garden Comic Blade.

Aqua sendiri diterbitkan di Stensil dari tahun 2001 sampai 2002 dan dikumpulkan dalam dua volume tankōbon. Sedangkan Aria diterbitkan di Comic Blade dari bulan November 2002 sampai April 2008 dan dikumpulkan dalam dua belas jilid.

(www.animepjm.com)

(www.animepjm.com)

Komik ini sudah diadaptasi sebagai serial televisi anime, dengan siaran musim pertama di tahun 2005, musim kedua di tahun 2006, OVA pada bulan September 2007, dan musim ketiga di tahun 2008 yang berakhir sekitar waktu yang sama dengan manga series-nya.

Aqua dan Aria mengambil latar pada awal abad ke-24, dimulai pada tahun 2301 M, di kota Neo-Venezia di planet Aqua-(dulunya Mars). Menceritakan tentang seorang wanita muda bernama Akari yang datang dari Manhome (dahulu Bumi) untuk menjadi trainer pendayung gondola dengan Aria Company, salah satu dari tiga perusahaan pemandu air bergengsi di kota itu.

Mimpinya adalah menjadi undine, seorang gondola yang bertindak sebagai pemandu wisata.Setiap chapternya mengisahkan petualangan Akari dengan dunia gondolanya.

2. Rave

(www.kitareview.com)

(www.kitareview.com)

Dikenal dengan nama “Rave Master”, Rave bercerita tentang Haru Glory, bersama (yang katanya Hiro Mashima sih, anjing) bernama Plue, yang ingin menjadi Rave Master kedua. Haru bertemu Elie, cewek yang hilang ingatan tentang masa lalunya.

Komik karya Hiro Mashima ini lebih ke romantis sih. Soalnya nanti diceritakan tentang kisah Haru yang harus selalu ngejagain Elie yang punya kekuatan khusus. Nanti ada juga bagian mereka yang balik ke masa 50 tahun sebelumnya. Lumayan seru karena di bumbuin sedikit action dan drama.

 3. One Piece

(bandainamcogames.eu)

(bandainamcogames.eu)

Siapa sih yang gak tau sama komik yang satu ini? Yuo, One Piece. Anime dan manga tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy dan pergi mencari harta karun peninggalan raja bajak laut Gol D. Roger, One Piece.

Diceritakan Luffy menjadi manusia karet yang memiliki kekuatan memanjangkan tubuhnya setelah secara tak sengaja memakan buah Gomu Gomu, salah satu buah iblis. Selama perjalanan Luffy banyak bertemu dengan teman baru dan musuh yang beragam. One Piece diciptakan oleh Eiichiro Oda. Komiknya dimulai pada 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha dan hingga kini masih terus berlanjut. Versi TV-nya dimulai pada Oktober 1999.

Di Indonesia sendiri manga ini diterbitkan Elex Media Komputindo. Sedangkan Versi TV-nya yang diproduksi Toei, telah mencapai 802 episode di Jepang. Pada bulan Februari 2005, One Piece mencetak rekor di Jepang sebagai manga tercepat yang mencapai angka penjualan 100.000.000 eksemplar.

(style.tribunnews.com)

(style.tribunnews.com)

Hingga saat ini One Piece adalah salah satu manga paling laris sepanjang sejarah Jepang dengan penjualan lebih dari 260 juta kopi. Selain itu One Piece juga memecahkan rekor sebagai manga dengan cetakan pertama terbanyak. One Piece banyak mendapat pujian di antara para pembaca, terutama dalam hal gambar, karakter, humor, dan cerita.

Nah, udah tau kan? Kalau udah baca komik diatas berasa lagi petualang di Indonesia deh. Soalnya petualangannya di laut juga. Oh iya, tanggal 21 Agustus 2017 ini juga memperingati Hari Maritim Nasional loh! Hayooo, kalian pada tau gak tuh?

About Author

Chika21

Chika21

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

Hotaru 6 ITB (CIAYO Pictures)

Liputan Hotaru 6 ITB: Event Gratis Buat Pecinta Budaya Jepang

Minggu, 21 Mei lalu, lapangan CC Barat dan Timur Institut Teknologi Bandung ramai dengan pengunjung, cosplayer, serta pe.. more

(Sumber: Visual Hunt)

Vandaria Saga Comeback di Tahun 2017

Para pemerhati karya fantasi Indonesia pasti tidak asing lagi dengan nama yang satu ini. Yup, Vandaria Saga! Vandaria ad.. more

Love Sucks, Sumber: CIAYO Comics

Love Sucks, Berawal dari pertemuan yang tidak disengaja di kota New York.

Sesampainya di New York, Elizabeth kepincut dengan laki-laki yang tak sengaja bersenggolan dengannya. Lelaki tampan berm.. more

(Twitter @ccsakura_info)

Tingkah Kero-chan yang Bikin Susah Move On dari Anime Cardcaptor Sakura

Fans Cardcaptor Sakura pasti masih inget sama Kero. Dalam artikel kali ini, CIAYO Blog bakal ngebahas tingkah-tingkah Ke.. more

Popcon Asia (Sumber: Popcon Asia)

Semua Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Popcon Asia 2017

Sebagai salah satu festival pop culture terbesar di Indonesia, tahun ini Popcon Asia kembali mengadakan pagelarannya yan.. more