Superhero Movies, Sampai Kapankah Manusia-Manusia Super Ini Mendominasi Hollywood?

3 months ago
Sumber: aliexpress

Tidaklah dipungkiri bahwa genre superhero masih terus mendominasi Hollywood. Tentunya, tren ini berawal dari kesuksesan massive yang diperoleh Marvel dengan dunia sinematik mereka aka MCU.

Kesuksesan tersebut, otomatis membuka mata seluruh petinggi Hollywood, sineas, studio dan bahkan rival-rival mereka bahwasanya, genre yang kerap dianggap sebagai genre “selingan” ini, nyatanya mampu memberikan pundi-pundi keuntungan yang sama atau bahkan lebih besar dari  genre horor, sci-fi atau fantasi.

Alhasil, hingga detik ini  demam film superhero masih terus meninggi. Dan berdasarkan fakta, baik Marvel, DC maupun kompetitor mereka lainnya masih akan terus merilis film-filmnya. Dapatlah dipastikan tren film superhero masih akan terus mendominasi Hollywood dalam beberapa tahun mendatang. Pertanyaannya sekarang, “Bakalan sampai kapan ya genre ini merajai Hollywood?”

Sumber: Popculthq

Sumber: Popculthq

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentunya kita harus menyerahkannya kembali ke audiens itu sendiri (termasuk kita-kita). Pasalnya ya seperti kita tahu, selama peminat dari genre suatu film masih sangat tinggi, maka dipastikan genre tersebut akan terus berada di puncak rantai makanan Hollwyood.

Dan kalau kita melihat fakta di lapangan, jumlah peminat dari film superhero masihlah sangat tinggi. Oh ya saya ingatkan, audiens disini benar-benar merujuk ke penonton awam ya bro sis bukan fanboy!

“Ah nggak juga, buktinya saya sudah jenuh” Nah, kalau kita melihat dari kacamata yang lebih besar  atau audiens secara keseluruhan, baik itu di Indonesia atau bahkan di negaranya sendiri aka Amerika Serikat, jelas sekali terlihat bahwa animo audiens masihlah sangat tinggi.

Kitapun kemudian bertanya lagi, “WOW kok bisa begitu ya? Padahal fanboy saja tidak. Well bro sis, kita tidak harus bisa main musik atau bisa nyanyi bukan untuk menjadi penikmat musik? Nah, sama juga dengan kasus ini.

Terlepas tidak mengetahui bahwa sebenarnya Captain America bukanlah anggota Avengers pertama, atau sifat The Riddler yang asli tidaklah sekonyol atau se-lebay Jim Carrey di film Batman Forever (1995), yang penting bagi audiens awam adalah; filmnya bagus, menghibur dan sukses mewujudkan fantasi heroik terliar mereka.

Sumber: SuperHeroHype

Sumber: SuperHeroHype

“Berarti kalau begitu genre superhero masih bakalan lama dong mendominasi Hollywood?” Yap, benar sekali bro sis. Dan jangan berharap genre ini akan mati dalam 5-10 tahun mendatang. Yang ada mungkin malah semakin menjadi. Pasalnya selain seperti yang saya katakan tadi, film-film Marvel maupun DC masih akan terus menghiasi layar lebar, serial televisinya (seperti: Arrowverse, Marvel-Netflix, Agents of S.H.I.E.L.D) dan lainnya juga masih cukup tinggi perolehan ratingnya.

Belum lagi beberapa layanan streaming seperti Netflix dan Hulu, hingga kini terus merasakan keuntungan yang super dari program Marvel yang mereka tayangkan. Oh ya, di tahun 2018 ini, DC pun juga akan merilis layanan streaming khusus mereka dengan adaptasi live-action Teen Titans, sebagai salah satu program perdananya.

Sehingga berdasarkan fakta-fakta tersebut, untuk kesekian kalinya saya katakan bahwa genre superhero masih akan lumayan lama mendominasi Hollywood yang otomatis membuat kita sangat sulit untuk memprediksi kapankah “cakar” genre ini akan menumpul.

Sumber: tvline

Sumber: tvline

Namun apabila pertanyaannya sekarang kita ganti: “Apakah mungkin nantinya pamor genre ini bisa menurun?” Nah, kalau pertanyaannya seperti itu. Jawabannya adalah bisa. Layaknya seperti kelompok boyband One Direction yang booming di awal 2010 atau genre film coming of age yang ngetop sangat di tahun 80an,  toh pada akhirnya pamor mereka perlahan-lahan menurun juga bukan?

Sumber: insidepulse

Sumber: insidepulse

Memang, kalau dibandingkan kedua contoh tersebut, pamor film superhero memiliki durasi puncak yang lebih lama (baca: hampir 20 tahun). Tapi sekali lagi, terlepas demikian, genre ini pastinya suatu saat akanlah turun pamornya. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka saya cuma bisa bilang, nikmati saja selagi masih ada dan biarkanlah waktu yang menjawab semuanya oke?

Sumber: Den of Geek

Sumber: Den of Geek

Sekarang bagaimana nih tanggapan bro sis terhadap hal ini? Apakah bro sis sendiri masih suka menyaksikan film superhero? Film superhero mana yang merupakan favorit bro sis? Silahkan berikan komentarnya ya!

 

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

Sumber: japan-academy-prize.jp

Berikut 5 Anime Nominasi Japan Academy Prize Awards 2018!

Jika tahun lalu 'Your Name' berhasil memenangkan penghargaan Animasi terbaik 2017, Kira-kira film apa ya yang berhasil m.. more

1 Komik Strip = 1 Kebaikan (Sumber: CIAYO Comics)

[Update] Berbagi Kebaikan #UntukSemua Bersama CIAYO Comics

Selama bulan Ramadhan, CIAYO Comics mengadakan campaign Berbagi Kebaikan #UntukSemua dengan mengajak seluruh komikus tan.. more

Balada Akhir Pekan karya Nan Nan. (Sumber: CIAYO Comics)

Balada Akhir Pekan: Balada Mengerikan di Akhir Pekan

Buat bro sis yang suka komik thriller, ga usah bingung. Karena CIAYO Comics Platform Komik Indonesia punya segudang kom.. more

Lukisan Salvator Mundi Seharga 6 Triliun Ini Awalnya Hanya Dijual Seharga 700ribu Rupiah!

Dinobatkan sebagai lukisan termahal di dunia, cucu dari pemilik awal lukisan ini awalnya hanya menjual Salvator Mundi de.. more

(jatimtech.com)

Manga Terkenal yang Dibuatkan Versi Film Animasinya

Kali ini CIAYO Blog punya rekomendasi manga terkenal yang dibuat versi film animasinya. Ada apa aja ya? Baca selengkapny.. more