Tak Hanya PUBG dan Fortnite – Game Berikut Juga Cocok untuk Mode Battle Royale Death Match

6 months ago
Sumber gambar: steemit.com

Saat ini di kalangan PC gamers sedang trending game berbasis “Battle Royale Death Match”.

Battle Royale? Seperti apa itu?

Secara sederhana, genre ini adalah “pertempuran sampai mati dimana yang terakhir berdiri adalah pemenangnya dan melibatkan jumlah peserta yang banyak”. Jadi bayangkan sebuah arena / wilayah besar dan lebar dimana di dalamnya terdapat banyak pemain (antara puluhan hingga ratusan) dan mereka semua akan saling bunuh agar menjadi yang terakhir bertahan dalam rentang waktu tertentu.

Genre ini lahir dan diadopsi dari film Jepang klasik berjudul “Battle Royale” (2000). Situasi dan kondisi di film tersebut menjadi sebuah genre dimana terjadi pertempuran yang melibatkan banyak orang dengan tujuan saling bunuh dan menjadi yang tersisa.

Battle Royale (2000). Sumber gambar: expresselevatortohell.com

Battle Royale (2000). Sumber gambar: expresselevatortohell.com

Trailer Battle Royale:

Film ini sangat populer dan merupakan adaptasi dari novel berjudul sama terbitan 1999 karangan Koushun Takami. Karena tema dan tingkat kesadisannya yang tinggi, film ini di-banned di beberapa negara. Tapi hal tersebut justru semakin melejitkan namanya hingga akhirnya di-adaptasi menjadi nama sebuah genre baru.

Film dengan rating R. Sumber gambar: youtube.com

Film dengan rating R. Sumber gambar: youtube.com

Formula genre ini di-adaptasi pula oleh perfilman Hollywood seperti yang terlihat di film “The Hunger Games” (2012), yang juga merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karangan Suzanne Collins tahun 2008.

Sementara game yang dianggap pertama kali mengadopsi elemen battle royale adalah mod/modifikasi dari game “Minecraft” yang di populerkan oleh YouTuber bernama AntVenom dan SkyDoesMinecraft. Karena grafis Minecraft yang cartoonish, kesan sadis sebuah genre battle royale belum terlalu terlihat disana.

Cikal bakal game battle royale? Sumber gambar: youtube.com

Cikal bakal game battle royale? Sumber gambar: youtube.com

Kesan itu baru didapat di mod/modifikasi game “ARMA 2” yang diberi nama “DayZ: Battle Royale” buatan Brendan Greene. Walau masih belum seperti game battle royale yang sekarang beredar, tapi DayZ sudah memberikan kesan ‘seperti apa game battle royale yang ideal’. Game ini pula yang akhirnya menjelma menjadi game genre battle royal yang paling populer saat ini: “PlayerUnknown’s Battlegrounds.”

DayZ. Sumber gambar: gamingshogun.com

DayZ. Sumber gambar: gamingshogun.com

PlayerUnknown’s Battlegrounds (sering disingkat PUBG) menjadi game battle royale yang sangat berpengaruh sejak mulai beta testing di bulan Maret 2017. Persaingan datang dari publisher game terkemuka Epic Games dengan produk mereka “Fortnite”. Sama-sama mengusung konsep battle royale, baik PUBG maupun Fortnite meng-klaim kalau mereka adalah yang terbaik saat ini di genre battle royale.

Pilih PUBG… Sumber gambar: buyasmurf.com

Pilih PUBG… Sumber gambar: buyasmurf.com

…. Atau Fortnite? Sumber gambar: metro.co.uk

…. Atau Fortnite? Sumber gambar: metro.co.uk

Sama-sama menjual gameplay battle royale, PUBG dan Fortnite bersaing ketat di pasaran demi meraih pemain sebanyak-banyaknya. Selain PC, PUBG mulai merambah ke console melalui lini Xbox One untuk melebarkan jarak dengan pesaing-pesaingnya. Sementara Fortnite tidak meng-ekslusifkan dirinya hanya di satu console saja. Fortnite juga tersedia di MacOS dan PlayStation 4 selain Xbox One dan tentunya di PC.

PUBG secara general memiliki grafis yang lebih realistik ketimbang Fortnite yang lebih kartun. Ini memang persoalan selera, karena ada gamer yang prefer grafik realistik namun ada pula yang sebaliknya. Tapi keduanya memang bukan sedang menjual grafis (saja) melainkan keseruan saling bunuh antara 50 hingga 100 orang dalam satu “death match”.

PUBG screenshot. Sumber gambar: reddit.com

PUBG screenshot. Sumber gambar: reddit.com

Fortnite screenshot. Sumber gambar: videogamer.com

Fortnite screenshot. Sumber gambar: videogamer.com

Apakah hanya PUBG dan Fortnite saja game battle royale yang keren dan seru saat ini? Bisa jadi! Namun beberapa game berikut juga boleh dibilang ideal jika mereka memiliki menu/mode/kemampuan battle royale seperti PUBG dan Fortnite.

Battlefield 1

Battlefield (dan Call of Duty) boleh-boleh saja meng-klaim tahta sebagai game simulasi militer dan first-person shooting terbaik/terpopuler saat ini  tapi multiplayer mode mereka masih ‘kecil dan sempit’. Jika game ini mampu mengadopsi skala 100 versus 100 ala battle royale, maka game ini mungkin bahkan bisa lebih baik lagi daripada PUBG karena kontrol senjata di Battlefield 1 termasuk yang terbaik di kelasnya.

Sumber gambar: gamespot.com

Sumber gambar: gamespot.com

Far Cry 5

Tanpa mode battle royale sekalipun game ini sebenarnya sudah seru sebagai game first-person shooter. Lingkungan yang luas, senjata dan peralatan yang keren membuat game Far Cry 5 seru dimainkan dalam mode multiplayer. Tapi bayangkan jika mode battle royale diterapkan di game ini. Dengan adanya binatang-binatang buas, pemain lawan yang dihadapi jadi bukan satu-satunya ancaman dalam bertahan hidup.

Sumber gambar: gamerant.com

Sumber gambar: gamerant.com

State of Decay

Zombies! Siapa yang tidak suka menghajar zombies? Semua gamers suka. Nah coba bayangkan mode battle royale di dalam game dimana lawan kita tidak hanya sesama pemain tapi juga zombie-zombie ganas dan buas. Sama seperti Far Cry 5, premise yang terlihat saat menambahkan mode battle royale di game ini akan sangat seru.

Sumber gambar: technobuffalo.com

Sumber gambar: technobuffalo.com

Tom Clancy’s Ghost Recon Wildlands

Dengan lokasi game yang luas (hutan pegunungan Bolivia), game ini dinilai ideal sebagai lokasi battle royale. Walau di game aslinya juga sudah menyediakan mode multiplayer battle (seperti halnya semua game first-person shooter yang beredar di dunia) tapi dengan jumlah pemain yang diperbolehkan terhitung kecil sehingga tidak memenuhi kualifikasi sebagai genre battle royale. Mode battle royale, jika ditambahkan ke dalam game ini, akan membuat Ghost Recon Wildlands semakin seru karena setting yang ada bakal menyulitkan dan memberi feeling battle royal yang menyerupai film klasik “Battle Royale”.

Sumber gambar: youtube.com

Sumber gambar: youtube.com

Tom Clancy’s The Division

Satu lagi game first-person shooter dengan merk “Tom Clancy” yang cocok diberikan mode battle royale. Sebagai game online-only, The Division seperti memang ditakdirkan untuk memiliki mode battle royale, namun tidak. Dengan setting urban warfare (berkebalikan dari Ghost Recon Wildlands yang ber-setting hutan dan pegunungan), mode battle royale akan terasa menegangkan karena lokasi yang sempit dengan banyak tempat untuk berlindung ataupun bersembunyi sambil menunggu mangsa.

Sumber gambar: gamewatcher.com

Sumber gambar: gamewatcher.com

Game-game tadi sudah memiliki multiplayer mode dimana gamers bisa bertempur satu sama lain. Tapi jumlah gamers yang bisa berpartisipasi tidak sebanyak mode battle royale seperti yang dimiliki PUBG maupun Fortnite. Jika developers mereka mau menambah mode battle royale (melalui patching) maka bisa dipastikan PUBG dan Fortnite akan mendapatkan kompetisi serius.

Bro sis punya judul lain yang dirasa cocok mendapatkan mode battle royale? Bisa komen di bawah ya!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

00-m-amaki-sally

Amaki Sally, Idol Jepang Yang Tingkahnya Nggak Kayak Idol

Amaki Sally adalah idol dari grup 22/7 bentukan Yasushi Akimoto. Ia blasteran Amerika, imut, dan ternyata kebanyakan mai.. more

Agent Carter Keren, Tapi Kurang Digubris Oleh Fans MCU. Kenapa?

Agent Carter, film pendek Marvel yang mengisahkan kehidupan mantan kekasih Steve Rogers (Evans), Peggy Carter (Hayley At.. more

Nah, festival pasti identik dengan makanannya dong? Biasanya makanan di festival sedikit berbeda dengan menu restaurant pada umumnya. Makanan festival lebih affordable dan gak terlalu berat, layaknya hanya sebagai jajanan dan snack.

10 Makanan Populer Khas Festival Jepang. Kamu Suka yang Mana?

Nah, festival pasti identik dengan makanannya dong? Biasanya makanan di festival sedikit berbeda dengan menu restaurant .. more

Sumber: vrworld.com

Perang Kartu Grafis PC Kelas Menengah: RX 480 vs RX 580 vs GTX 1060

Kali ini kita akan lihat dan bandingkan dua jenis kartu grafis PC di kelas menengah. Kedua kartu ini berasal dari dua ku.. more

Hatsune Miku Menjelma Menjadi Boneka pada Hina Matsuri di Jepang

Hmm, karakter anime dipadukan ke dalam festival tradisional, yes or no?.. more