Teaser Gundala Terungkap Bersama Pemeran Filmnya!

3 weeks ago
00-d-teaser-gundala

Setelah hening beberapa waktu lamanya, akhirnya detil tentang adaptasi film Gundala mulai terungkap. Untuk pertama kalinya, teaser Gundala serta visual perdananya diungkap pertama kali di acara Indonesia Comic Con 2018.

Sebelumnya di bulan April 2018 lalu, BumiLangit bersama Screenplay Films dan Legacy Pictures mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi film Gundala, sosok superhero Indonesia ciptaan legenda komik Hasmi. Tak tanggung-tanggung, sutradara visioner Joko Anwar sendiri yang menukangi proyek film ini.

Baca Juga: Joko Anwar Akan Menyutradarai Film Gundala!

First look kostum Gundala. Sumber: CIAYO Pictures

First look kostum Gundala. Sumber: CIAYO Pictures

Pada tanggal 28 Oktober lalu di Jakarta Convention Center, teaser Gundala untuk pertama kalinya ditayangkan ke hadapan publik. Teaser sepanjang hampir 30 detik ini tidak mengungkap hal krusial seperti plot, kecuali beberapa tokoh sentral dan suasana filmnya.

Bersamaan dengan itu pula, para pemain film Gundala diperkenalkan. Abimana Aryasatya terpilih memerankan Sancaka, seorang petugas keamanan yang kelak akan berubah menjadi superhero Gundala. Artis cilik Muzaki terpilih memerankan Sancaka muda.

Abimana Aryasatya, Muzaki, Tara Basro, dan Bront Palarae. Sumber: CIAYO Pictures

Abimana Aryasatya, Muzaki, Tara Basro, dan Bront Palarae. Sumber: CIAYO Pictures

Kemudian, dua lakon utama Pengabdi Setan, Tara Basro dan Bront Palarae memerankan dua karakter sentral; Tara sebagai jurnalis Wulan (identitas asli superhero Merpati, juga ciptaan Hasmi), dan Bront sebagai musuh utama Gundala: Pengkor. Lewat teaser Gundala juga dipastikan Rio Dewanto terlibat dalam film ini sebagai sosok yang diduga kuat merupakan ayah Sancaka. Sebelumnya di bulan Juni, bintang film The Raid 2 Cecep Arif Rahman akan berkontribusi sebagai koreografer aksi film ini.

Gundala Sosok Superhero Manusiawi

Teaser Gundala tampilkan origin story Sancaka. Sumber: BumiLangit

Teaser Gundala tampilkan origin story Sancaka. Sumber: BumiLangit

Joko Anwar mengaku sudah membidik Abimana untuk memerankan Gundala sejak lama. Bagi Joko, Abimana memiliki kualitas yang tepat untuk memerankan sosok Sancaka yang tangguh namun juga rapuh. Meski demikian, awalnya Abimana enggan untuk terlibat dalam produksi film Gundala. “Sempat diminta (produser) cari aktor pengganti, gue bilang enggak, gue tunggu Abimana. Gue dekati Abimana, bukan cuma ngomong sendiri, tapi lewat banyak orang, temannya dan istrinya,” ungkap Joko menjelaskan proses perekrutan Abimana.

Abimana akan tampilkan dualitas sosok superhero Gundala. Sumber: CIAYO Pictures

Abimana akan tampilkan dualitas sosok superhero Gundala. Sumber: CIAYO Pictures

Setelah didekati dengan berbagai cara, akhirnya Abimana pun menyepakati tawaran Joko. “Enggak tahu kebetulan apa enggak, hari terakhir saya seleksi kerja, Joko kirim draf skenario untuk dibaca. Saya balas ‘Enggak usah baca gue ikut, tapi satu hal kita harus saling percaya,'” tuturnya menyambung cerita Joko.

Terkait alasan Joko memilihnya untuk memerankan Sancaka/Gundala, Abimana menjelaskan bahwa sosok karakter yang ia perankan merupakan seorang superhero yang sangat manusiawi. “Gundala punya rasa sakit dan bukan jagoan yang tidak terkalahkan. Ia bisa menangis, sakit, jatuh cinta, sakit hati, bingung, itu semua ada. Bukan jagoan yang kalau bosen pergi ke Bulan,” jelas Abimana.

Teaser Gundala Sajikan Kisah Superhero Grounded

Joko Anwar mengaku sebagai fans berat Gundala. Sumber: CIAYO Pictures

Joko Anwar mengaku sebagai fans berat Gundala. Sumber: CIAYO Pictures

Tantangan yang dirasakan oleh Joko Anwar saat menulis cerita Gundala adalah bagaimana caranya mengangkat kisah superhero era akhir 60-an itu menjadi lebih modern tanpa meninggalkan ciri khasnya. “Sensibilitasnya harus cocok dengan society zaman sekarang. Karena kalau kita plek ketiplek dari zaman dulu enggak bisa, harus di-upgrade,” terang Joko.

Menurut Joko yang juga adalah fans Gundala, proses upgrade inilah yang ia lakukan pada film Pengabdi Setan agar penonton merasa relate dengan ceritanya. Untuk mencapai hal tersebut, Joko mengaku cukup kesulitan untuk mendapaytkan mood menulis yang bagus. “Sangat susah sampai nulis harus dalam kondisi sangat tenang. Kalau enggak di museum saya nulis di kuburan. Setelah empat bulan akhirnya jadi skenario Gundala,” candanya.

Gundala versi 1981. Sumber: Liputan6

Gundala versi 1981. Sumber: Liputan6

Alasan Joko tersebut kurang lebih masuk akal, karena bisa jadi ia ingin membuat sosok Gundala versinya sendiri yang berbeda dengan Gundala yang pernah ada. Apalagi sebelumnya sudah pernah dibuat film Gundala tahun 1981. Film yang disutradarai Lilik Sudjio ini menampilkan Teddy Purba sebagai Sancaka/Gundala. Jika Gundala versi 1981 menyajikan experience yang dekat dengan komik, bisa diperkirakan Gundala versi Joko Anwar akan menawarkan pengalaman yang lebih realistis, grounded, serta edgy.

Film Gundala tengah menjalani proses shooting hari ke-48 dari 55 hari yang direncanakan, dan dijadwalkan bakal segera tayang pada pertengahan tahun 2019. Penasaran seperti apa teaser Gundala? Kamu bisa menontonnya di bawah ini.

Banner Komik Action

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-jiyuu-matsuri-ciayo-comics

Ikuti Seminar Komik Jiyuu Matsuri 2018 Bersama CIAYO Comics!

Seminar komik Jiyuu Matsuri 2018 bekerja sama dengan CIAYO Comics membahas bagaimana kita dapat berekspresi kreatif mela.. more

Sumber: youtube.com

Ready Player One, Film dengan Nuansa Pop Culture yang Kental

Sudah nonton film pop culture yang satu ini? Kalau belum, intip dulu aja reviewnya!.. more

Sony Playstation (sumber: Upload VR)

Sony Playstation: Masih Berjaya Di Puncak Industri Gaming Console, Akankah Kejayaan Console Sejuta Umat Ini Tumbang Juga Nantinya?

Tidaklah dipungkiri bahwa semenjak console Playstation dirilis pada tanggal 3 Desember 1994, Sony Playstation, langsung .. more

(Sumber gambar: youtube.com)

Anime Violet Evergarden: Ketika Manusia Belajar Memahami Perasaan Sesamanya

Violet Evergarden, kisah seorang anak remaja yang menjadi prajurit wanita di medan perang. .. more

(from : creativedisc.com)

Menyambut Hadirnya Event Pop Culture Terbesar “Indonesia Comic Con 2017”

Guys, jika kalian penggemar budaya populer seperti komik, game dan berbagai film serta serial ala western, udah pasti ka.. more