TERBONGKAR!! Osama bin Laden Meninggalkan Komputer Berisi Game, Anime, dan Film Bajakan!

7 months ago
Sumber: Dok. Pribadi (Meka Medina)

Enam tahun sudah selepas tentara Amerika berhasil mengakhiri sepak terjang Osama bin Laden, pemimpin dari kelompok teroris Al-Qaeda. Osama bin Laden tewas pada tanggal 2 Mei 2011 setelah pasukan Navy SEAL menyerbu persembunyiannya di Abottabad, Pakistan. Selain memburu bin Laden, tentara Amerika juga menyita ribuan barang bukti berupa komputer serta seluruh isi hard disk di dalamnya.

Sumber: CIA (https://www.cia.gov/news-information/press-releases-statements/2017-press-releases-statements/cia-releases-additional-files-recovered-in-ubl-compound-raid.html)

Sumber: CIA (https://www.cia.gov/news-information/press-releases-statements/2017-press-releases-statements/cia-releases-additional-files-recovered-in-ubl-compound-raid.html)

Minggu ini, CIA merilis ribuan barang bukti tersebut melalui website resmi mereka. Melalui sebuah press release, CIA merilis sekitar 470 ribu barang bukti yang disita dari komputer Osama bin Laden. Direktur CIA, Mike Pompeo menyetujui perilisan barang bukti ini, sebagai bentuk transparansi dalam operasi yang menewaskan bin Laden tersebut. Perilisan barang bukti ini merupakan kelanjutan dari serangkaian kegiatan serupa yang diadakan pada tanggal 20 Mei 2015, 1 Maret 2016, dan 19 Januari 2017.

Sebentar. CIAYO Blog adalah situs berita bertema pop culture, jadi apa hubungannya dengan berita bin Laden ini?

Ternyata yang tidak disangka-sangka, isi dari komputer bin Laden dipenuhi berbagai jenis file yang nampak tidak lazim. Apakah terlintas di pikiranmu bahwa Osama bin Laden adalah seorang gamer dan otaku anime? Bagaimana jika hal itu benar adanya?

Barang bukti rilisan CIA tersebut terdiri dari ratusan ribu file yang berhubungan dengan operasional Al-Qaeda. Namun yang lebih menarik adalah ditemukannya file-file lain yang digunakan untuk tujuan hiburan. File tersebut berhubungan dengan film, game, bahkan anime!

Sumber: Roger Ebert (https://www.rogerebert.com/reviews/ice-age-dawn-of-the-dinosaurs-2009)

Sumber: Roger Ebert (https://www.rogerebert.com/reviews/ice-age-dawn-of-the-dinosaurs-2009)

Film yang disita dari komputer bin Laden nampak tidak begitu aneh, karena banyak didominasi oleh film dokumenter produksi National Geographic dan BBC. Beberapa film tersebut di antaranya adalah World’s Most Wanted, Kung Fu Killers, Inside the Green Berets, The Kremlin from Inside, dan lainnya.

Ada pula film dokumenter tentang Osama bin Laden sendiri, seperti In the Footsteps of bin Laden dan Where in the World is Osama bin Laden. Dari serangkaian film tersebut, ada juga film hiburan seperti Antz, Resident Evil, Ice Age, The Three Musketeers, dan lain-lain.

Sumber: Rockstar Games (http://www.rockstargames.com/chinatownwars/)

Sumber: Rockstar Games (http://www.rockstargames.com/chinatownwars/)

Untuk game sendiri, sepertinya bin Laden lebih banyak mengoleksi ROM game Nintendo seperti GTA Chinatown Wars, Naruto Shippuuden: Saikyou Ninja Daikesshuu 5, New Super Mario Bros, hingga Animal Crossing. Software emulator untuk memainkan game tersebut juga ditemukan.

Sumber: Naruto Wikia (http://naruto.wikia.com)

Sumber: Naruto Wikia (http://naruto.wikia.com)

Siap untuk bagian yang aneh?

Yap, anime! Ternyata ada banyak anime yang disita dari komputer bin Laden, di mana sebagian besar di antaranya memiliki subtitle arab. Beberapa anime dan film anime yang ditemukan di antaranya adalah Batman: Gotham Knight, Final Fantasy VII: Advent Children, Devil May Cry, Bible Black, bahkan serial anime mainstream seperti Naruto, Bleach, Detektif Conan, dan Dragon Ball.

Rasa-rasanya aneh jika kita membayangkan Osama bin Laden adalah seorang geek di luar kehidupannya sebagai pemimpin salah satu organisasi teroris yang telah menancapkan kukunya lewat serangkaian aksi teror di seluruh dunia. Kemungkinan paling masuk akal adalah komputer yang disita tersebut merupakan komputer yang dipakai oleh anggota Al-Qaeda, untuk operasional harian maupun untuk mengisi waktu senggang.

Namun dengan penemuan berbagai jurnal pribadi bin Laden di dalamnya, kemungkinan komputer tersebut merupakan komputer pribadi bin Laden juga cukup besar.

Nah, menurutmu sendiri, apakah komputer tersebut merupakan milik organisasi Al-Qaeda atau milik Osama bin Laden pribadi? Apakah file film, game, dan anime itu milik anggota Al-Qaeda lain atau milik bin Laden juga? Kamu bisa melihat sendiri file-file tersebut di tautan CIA ini. Siapa tahu kamu bisa menemukan film, game dan anime favoritmu di situ!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: vice.com

Pemilihan Filter Pada Instagram Bisa Menggambarkan Hidupmu

Kalau kamu termasuk orang yang aktif dalam media sosial Instagram, coba cek lagi filter apa aja yang paling sering kamu .. more

Toge Productions

Toge Productions Borong Penghargaan Video Game Tingkat Asia Tenggara

Studio pengembang dan penerbit game asal Tangerang, Toge Productions, minggu ini pulang ke Indonesia dengan bangga sambi.. more

Sumber: pembspcdoctor

10 Kerusakan PC yang Sering Kita Alami dan Cara Mengatasinya

Berikut merupakan 10 contoh masalah PC yang seringkali kita alami beserta dengan tips penanganannya. Happy fixing bro si.. more

Ini Dia Cara Submit Komik Ke CIAYO Comics Challenge Vol. 3!

CIAYO Comics Challenge Vol. 3 resmi dibuka. Bingung gimana caranya submit komik kamu ke dalam challenge ini? Simak tutor.. more

Lukisan Salvator Mundi Seharga 6 Triliun Ini Awalnya Hanya Dijual Seharga 700ribu Rupiah!

Dinobatkan sebagai lukisan termahal di dunia, cucu dari pemilik awal lukisan ini awalnya hanya menjual Salvator Mundi de.. more