Terdengar Fun, Tapi Kok Namanya Black Friday Ya?

12 months ago

Mendekati thanksgiving, hampir semua toko retail mengadakan Black Friday. Gak hanya retail shop aja, online shop e-commers juga ikut mengadakan diskon Black Friday.

Bahkan di Asia, yang gak populer dengan perayaan thanksgiving. Orang-orang bisa mendapat diskon 50% bahkan sampai 70-80% untuk beberapa barang yang dijual. Adanya event Black Friday ini selalu hadir di setiap tahun mendekati thanksgiving dan sesudahnya, yaitu di bulan November.

Diskon besar-besaran ini biasanya digunakan sebaik mungkin untuk belanja keperluan natal, seperti membeli kado atau pernak pernik pohon natal. Terdengar fun tapi kok namanya Black Friday ya?

Sumber: mirror.co.uk

Sumber: mirror.co.uk

Mungkin sudah banyak orang pernah mendengar alasan kenapa event diskon besar-besaran ini dinamakan Black Friday. Ada tiga alasan dibalik sebutan Black Friday.

Pertama, karena selama setahun disaat ini lah, toko perbelanjaan bisa menerima profit yang tinggi banget. Profit yang diterima biasanya ditulis menggunakan tinta hitam, sementara pengeluaran di tulis menggunakan tinta merah oleh keuangan toko. Sesuai dengan apa yang dipelajari dalam ilmu akuntansi di jaman dulu.

Kedua, karena pada tahun 1966 ada berita mengenai macet besar-besaran di Amerika. Gak hanya macet, kecelakaan kendaraan dan kekerasan juga meningkat selama Black Friday. Karena itu Kepolisian di wilayah Philadephia pun menamakan suasana di bulan November ini Black Friday, yaitu hari jumat mengikuti hari setelah thanksgiving di saat itu.

Sumber: abovetopsecret.com

Sumber: abovetopsecret.com

Sumber: dailymail.co.uk

Sumber: dailymail.co.uk

Selanjutnyam bagi petugas kepolisian yang harus merapikan kesemerautan di hari setelah thanksgiving, tentu aja menjadi hal yang  gak menyenangkan. Padahal perayaan Thanksgiving adalah hari dimana orang-orang berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Karena banyak orang yang rela mengantri dari malam hari untuk menunggu toko buka, banyak orang yang terkena hiportemia karena kedinginan di malam musim dingin.

Terlebih lagi saat toko dibuka, ratusan orang bakalan menyerbu toko secara bersamaan. Orang-orang jadi saling mendorong, bahkan terinjak dan luka-luka. Banyak korban berjatuhan demi dapat barang dengan harga murah. Pokoknya Black Friday terkesan negatif dan gak menyenangkan.

Sumber: blackerfriday.com

Sumber: blackerfriday.com

Namun, itu semua terjadi beberapa tahun lalu kok. Kalau sekarang, orang gak perlu khawatir lagi untuk ngantri dan menginap di depan toko dari malam supaya bisa masuk toko paling awal. Hampir semua retail shop juga memiliki website online yang menjual barang yang sama dengan yang ada di toko.

Sumber: theblackfriday.com

Sumber: theblackfriday.com

Diskon yang ada juga sama dengan yang di toko, bahkan bisa mendapat lebih murah. Orang juga gak perlu ngantri lama-lama buat membayar. Black Friday juga gak hanya diadakan di toko wilayah Amerika ataupun barat aja loh. Di Asia, hampir semua toko juga membuat event diskon Black Friday karena sudah pasti bakal meraih untung. Setelah Black Friday berakhir, bakalan ada event diskon juga seperti Midnight Sale. Gimana? Uda paham kan kenapa namanya Black Friday?

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

00-d-superhero-unik

6 Film Superhero Yang Berani Tampil Unik dan Beda

Howard the Duck, The Crow, Unbreakable, Birdman. Film superhero ini beda dengan film superhero kebanyakan... more

Delapan film live action sudah jadi bukti Tomie berhasil “menyihir” penggila horor seantero Jepang. (Sumber: Mubi)

Kesamaan Dunia Game Nioh Dengan Sejarah Asli Jepang

Nioh adalah sebuah game aksi petualangan seru berdasarkan naskah film Akira Kurosawa berjudul “Oni” yang, sayangnya,.. more

00-d-the-last-kickers

The Last Kickers: Momen Menegangkan Timnas Sepak Bola Indonesia!

The Last Kickers menampilkan perjuangan berat Indonesia di ajang sepak bola AFF CUP 2020. Dengan catatan harus menang, W.. more

Sumber: coproductionoffice.eu

Seni Kontemporer yang Diolok-Olok dalam Film The Square

The Square memberitahu kita, bahwa seni bisa datang dari mana saja. Khususnya seni kontemporer. .. more

SAO Alternative: No Kirito, No Problem!

SAO Alternative adalah anime spinoff dari serial Sword Art Online yang populer. Anime ini menampilkan karakter baru dan .. more