Ternyata Banyak Unsur Indonesia di Manga Dragon Ball lho!

9 months ago

Dragon Ball, siapa yang gak tau dengan komik legendaris ciptaan Akira Toriyama ini? Sejak pertama kali diterbitkan di Weekly Shonen Jump di tahun 1984, komik ini udah menghibur banyak pembaca dengan aksi-aksi pertarungannya yang fantastis. Nah… dari sekian banyak pertarungan fantastis yang ada di komik manga  ini, beberapa dari kamu mungkin ada yang ngerasa familiar dengan salah satu lokasi pertarungan Songoku dan kawan-kawan.

Tenkaichi Budokai (thedaoofdragonball.com)

Tenkaichi Budokai (thedaoofdragonball.com)

Buat kamu-kamu yang baca Dragon Ball, pasti tau dong sama yang namanya ‘Tenkaichi Budokai’ atau ‘Kejuaraan Beladiri Sejagat’?

Yap! Beberapa dari kamu mungkin ada yang udah sadar, kalo kejuaraan bela diri paling bergengsi di dunia Dragon Ball itu berlokasi di Indonesia. Atau lebih tepatnya, pulau Bali.

Selain dari desain bangunan bernuansa bali di sana, ada bukti-bukti lain yang mendukung fakta kalo Tenkaichi Budokai berlokasi, atau setidaknya terinspirasi dari Bali:

Munculnya Tulisan-tulisan Berbahasa Indonesia di Sekitar Lokasi Kejuaraan

Tulisan Cukup (selipan.com)

Tulisan Cukup (selipan.com)

Tulisan Kopi dan Tidak (selipan.com)

Tulisan Kopi dan Tidak (selipan.com)

Tulisan Garam Pedas (pulsk.com)

Tulisan Garam Pedas (pulsk.com)

Kalau kita lihat pada gambar-gambar diatas, terlihat bahwa banyak sekali tulisan-tulisan berbahasa Indonesia di sekitar lokasi kejuaraan.

Kemunculan Seseorang dengan Tulisan Budhiyasa di Lengan Bajunya

Tulisan Budhiyasa di Lengan Karakter (malesbanget.com)

Tulisan Budhiyasa di Lengan Karakter (malesbanget.com)

Daaan… usut punya usut, ternyata Budhiyasa adalah

Budhiyasa yang Asli (dragonball.wikia.com)

Budhiyasa yang Asli (dragonball.wikia.com)

Dari sini aja kita bisa tau ya. Kalo sang penulis memang pernah liburan ke Bali dan dapet banyak inspirasi dari situ. Eits… tunggu dulu, masi ada satu bukti lagi nih.

Munculnya Nama-nama Tempat di Pulau Bali

Tulisan Bali (duniaku.net)

Tulisan Bali (duniaku.net)

Tulisan Singaraja (duniaku.net)

Tulisan Singaraja (duniaku.net)

Gimana? Udah Fix banget nihh kalo Akira Toriyama memang terinspirasi sama keindahan pulau dewata kita yag tercinta. Tapi serem juga sih kalo Songoku dan kawan-kawan beneran ada dan bertarung di Bali. Karena di komiknya (Dragon Ball volume 16) ada adegan dimana Pikkoro ngancurin pulau! Coba bayangin tuhh, gimana jadinya kalo itu kejadian beneran!

Bangga nggak sih? Sampe penulis komik legendaris selevel Akira Toriyama aja ngambil inspirasi dari Indonesia. Nah… Buat kamu-kamu yang juga lagi butuh inspirasi, gak usah jauh-jauh pergi keluar negri buat dapetin ide. Coba aja kamu liburan keliling-keliling Indonesia, dijamin bakalan banyak inspirasi yang bisa kamu dapetin dari situ.

Selain Dragon Ball, pecinta komik manga ada yang tau nggak manga lainnya yang terinspirasi sama Indonesia? Share ke kita ya kalo ada! dan buat kalian yang suka baca komik, yuk kepoin Ciayo Comics yang punya segudang komik keren lainnya!

About Author

Danar Imanuel

Danar Imanuel

A fulltime daydreamer in his way to become the King of Pirate. Likes to do random things and say random words. Writing? Meh... he did it just for fun!

Comments

Most
Popular

Sumber: ablwang.com

Randoseru: Tas Punggung Anak SD Jepang Yang Ikonik

Kalau bro sis sering nonton anime yang ada karakter anak SD di dalamnya, besar kemungkinan kalau bro sis pernah melihat .. more

Sabrina – Chapter 10: Kejutan dari Orang Asing

Baru beberapa hari menghabiskan waktu di Bali, Sabrina sudah mengalami banyak hal yang tidak terduga... more

Sumber: Vazurea Studio

Segera Hadir, Visual Novel Produksi Indonesia-Amerika, Our Feelings!

Dengan semakin banyaknya rilisan VN lokal di kancah internasional, membuktikan bahwa skena game indie lokal kita masih d.. more

Deretan produk di event Google San Francisco 2017. Sumber gambar: bgr.com

“Made By Google, Google Pixel Event”: Event Tandingan Dari Google Untuk Apple

Apple mengadakan event peluncuran smartphone terkini mereka, iPhone X beserta iPhone 8 dan 8 Plus, yang dikritik fans A.. more

CIAYO Comics

Top 10 Komik Fantasy di CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2

Di CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2, sudah terkumpul nominasi top 10 komik fantasy yang sudah dikurasi oleh para j.. more