Ternyata Banyak Unsur Indonesia di Manga Dragon Ball lho!

2 years ago

Dragon Ball, siapa yang gak tau dengan komik legendaris ciptaan Akira Toriyama ini? Sejak pertama kali diterbitkan di Weekly Shonen Jump di tahun 1984, komik ini udah menghibur banyak pembaca dengan aksi-aksi pertarungannya yang fantastis. Nah… dari sekian banyak pertarungan fantastis yang ada di komik manga  ini, beberapa dari kamu mungkin ada yang ngerasa familiar dengan salah satu lokasi pertarungan Songoku dan kawan-kawan.

Tenkaichi Budokai (thedaoofdragonball.com)

Tenkaichi Budokai (thedaoofdragonball.com)

Buat kamu-kamu yang baca Dragon Ball, pasti tau dong sama yang namanya ‘Tenkaichi Budokai’ atau ‘Kejuaraan Beladiri Sejagat’?

Yap! Beberapa dari kamu mungkin ada yang udah sadar, kalo kejuaraan bela diri paling bergengsi di dunia Dragon Ball itu berlokasi di Indonesia. Atau lebih tepatnya, pulau Bali.

Selain dari desain bangunan bernuansa bali di sana, ada bukti-bukti lain yang mendukung fakta kalo Tenkaichi Budokai berlokasi, atau setidaknya terinspirasi dari Bali:

Munculnya Tulisan-tulisan Berbahasa Indonesia di Sekitar Lokasi Kejuaraan

Tulisan Cukup (selipan.com)

Tulisan Cukup (selipan.com)

Tulisan Kopi dan Tidak (selipan.com)

Tulisan Kopi dan Tidak (selipan.com)

Tulisan Garam Pedas (pulsk.com)

Tulisan Garam Pedas (pulsk.com)

Kalau kita lihat pada gambar-gambar diatas, terlihat bahwa banyak sekali tulisan-tulisan berbahasa Indonesia di sekitar lokasi kejuaraan.

Kemunculan Seseorang dengan Tulisan Budhiyasa di Lengan Bajunya

Tulisan Budhiyasa di Lengan Karakter (malesbanget.com)

Tulisan Budhiyasa di Lengan Karakter (malesbanget.com)

Daaan… usut punya usut, ternyata Budhiyasa adalah

Budhiyasa yang Asli (dragonball.wikia.com)

Budhiyasa yang Asli (dragonball.wikia.com)

Dari sini aja kita bisa tau ya. Kalo sang penulis memang pernah liburan ke Bali dan dapet banyak inspirasi dari situ. Eits… tunggu dulu, masi ada satu bukti lagi nih.

Munculnya Nama-nama Tempat di Pulau Bali

Tulisan Bali (duniaku.net)

Tulisan Bali (duniaku.net)

Tulisan Singaraja (duniaku.net)

Tulisan Singaraja (duniaku.net)

Gimana? Udah Fix banget nihh kalo Akira Toriyama memang terinspirasi sama keindahan pulau dewata kita yag tercinta. Tapi serem juga sih kalo Songoku dan kawan-kawan beneran ada dan bertarung di Bali. Karena di komiknya (Dragon Ball volume 16) ada adegan dimana Pikkoro ngancurin pulau! Coba bayangin tuhh, gimana jadinya kalo itu kejadian beneran!

Bangga nggak sih? Sampe penulis komik legendaris selevel Akira Toriyama aja ngambil inspirasi dari Indonesia. Nah… Buat kamu-kamu yang juga lagi butuh inspirasi, gak usah jauh-jauh pergi keluar negri buat dapetin ide. Coba aja kamu liburan keliling-keliling Indonesia, dijamin bakalan banyak inspirasi yang bisa kamu dapetin dari situ.

Selain Dragon Ball, pecinta komik manga ada yang tau nggak manga lainnya yang terinspirasi sama Indonesia? Share ke kita ya kalo ada! dan buat kalian yang suka baca komik, yuk kepoin Ciayo Comics yang punya segudang komik keren lainnya!

About Author

Danar Imanuel

Danar Imanuel

A fulltime daydreamer in his way to become the King of Pirate. Likes to do random things and say random words. Writing? Meh... he did it just for fun!

Comments

Most
Popular

(Sumber: youtube)

Gaming Dengan Home Console vs Gaming Dengan PC, Pilih yang Mana?

Video game dulu berfungsi sebagai permainan hiburan di pusat perbelanjaan / keramaian. Yang sukses besar pada masanya ad.. more

sumber: www.playcubic.com

Game DC Unchained: Pilih Mana, Menjadi Pahlawan atau Penjahat?

Game DC Unchained, game asyik buat kamu para pecinta DC Universe... more

Sazae san, anime terpanjang asal Jepang. Sumber: crunchy-rollSazae san, anime terpanjang asal Jepang. Sumber: crunchy-roll

Anime Ini Dinobatkan Sebagai Anime Nasional Jepang dan Alasannya Bikin Melongo!

Jepang sebagai negara penghasil anime memang sudah sukses menjadikan anime sebagai gaya hidup. Hampir di tiap negara pas.. more

Love Sucks, Sumber: CIAYO Comics

Love Sucks, Berawal dari pertemuan yang tidak disengaja di kota New York.

Sesampainya di New York, Elizabeth kepincut dengan laki-laki yang tak sengaja bersenggolan dengannya. Lelaki tampan berm.. more

00-d-tamatin-entertainment

Wawancara Dengan Developer Game Indonesia Tamatin Entertainment

Tamatin Entertainment adalah salah satu studio game lokal yang aktif merilis game dalam beberapa tahun terakhir ini. Yuk.. more