Ternyata Banyak Unsur Indonesia di Manga Dragon Ball lho!

1 year ago

Dragon Ball, siapa yang gak tau dengan komik legendaris ciptaan Akira Toriyama ini? Sejak pertama kali diterbitkan di Weekly Shonen Jump di tahun 1984, komik ini udah menghibur banyak pembaca dengan aksi-aksi pertarungannya yang fantastis. Nah… dari sekian banyak pertarungan fantastis yang ada di komik manga  ini, beberapa dari kamu mungkin ada yang ngerasa familiar dengan salah satu lokasi pertarungan Songoku dan kawan-kawan.

Tenkaichi Budokai (thedaoofdragonball.com)

Tenkaichi Budokai (thedaoofdragonball.com)

Buat kamu-kamu yang baca Dragon Ball, pasti tau dong sama yang namanya ‘Tenkaichi Budokai’ atau ‘Kejuaraan Beladiri Sejagat’?

Yap! Beberapa dari kamu mungkin ada yang udah sadar, kalo kejuaraan bela diri paling bergengsi di dunia Dragon Ball itu berlokasi di Indonesia. Atau lebih tepatnya, pulau Bali.

Selain dari desain bangunan bernuansa bali di sana, ada bukti-bukti lain yang mendukung fakta kalo Tenkaichi Budokai berlokasi, atau setidaknya terinspirasi dari Bali:

Munculnya Tulisan-tulisan Berbahasa Indonesia di Sekitar Lokasi Kejuaraan

Tulisan Cukup (selipan.com)

Tulisan Cukup (selipan.com)

Tulisan Kopi dan Tidak (selipan.com)

Tulisan Kopi dan Tidak (selipan.com)

Tulisan Garam Pedas (pulsk.com)

Tulisan Garam Pedas (pulsk.com)

Kalau kita lihat pada gambar-gambar diatas, terlihat bahwa banyak sekali tulisan-tulisan berbahasa Indonesia di sekitar lokasi kejuaraan.

Kemunculan Seseorang dengan Tulisan Budhiyasa di Lengan Bajunya

Tulisan Budhiyasa di Lengan Karakter (malesbanget.com)

Tulisan Budhiyasa di Lengan Karakter (malesbanget.com)

Daaan… usut punya usut, ternyata Budhiyasa adalah

Budhiyasa yang Asli (dragonball.wikia.com)

Budhiyasa yang Asli (dragonball.wikia.com)

Dari sini aja kita bisa tau ya. Kalo sang penulis memang pernah liburan ke Bali dan dapet banyak inspirasi dari situ. Eits… tunggu dulu, masi ada satu bukti lagi nih.

Munculnya Nama-nama Tempat di Pulau Bali

Tulisan Bali (duniaku.net)

Tulisan Bali (duniaku.net)

Tulisan Singaraja (duniaku.net)

Tulisan Singaraja (duniaku.net)

Gimana? Udah Fix banget nihh kalo Akira Toriyama memang terinspirasi sama keindahan pulau dewata kita yag tercinta. Tapi serem juga sih kalo Songoku dan kawan-kawan beneran ada dan bertarung di Bali. Karena di komiknya (Dragon Ball volume 16) ada adegan dimana Pikkoro ngancurin pulau! Coba bayangin tuhh, gimana jadinya kalo itu kejadian beneran!

Bangga nggak sih? Sampe penulis komik legendaris selevel Akira Toriyama aja ngambil inspirasi dari Indonesia. Nah… Buat kamu-kamu yang juga lagi butuh inspirasi, gak usah jauh-jauh pergi keluar negri buat dapetin ide. Coba aja kamu liburan keliling-keliling Indonesia, dijamin bakalan banyak inspirasi yang bisa kamu dapetin dari situ.

Selain Dragon Ball, pecinta komik manga ada yang tau nggak manga lainnya yang terinspirasi sama Indonesia? Share ke kita ya kalo ada! dan buat kalian yang suka baca komik, yuk kepoin Ciayo Comics yang punya segudang komik keren lainnya!

About Author

Danar Imanuel

Danar Imanuel

A fulltime daydreamer in his way to become the King of Pirate. Likes to do random things and say random words. Writing? Meh... he did it just for fun!

Comments

Most
Popular

(Sumber: ultimumvitae.com)

Yuk! Intip Fakta dan Sejarah Penggunaan Emoticon

Kalau kamu pengguna aplikasi messenger di smartphone, pasti kamu udah gak asing lagi dengan yang namanya emoticon dan st.. more

Monster Hunter. Game berburu monster buatan Capcom sejak 2004. Sumber gambar: monsterhunter.wikia.com

Monster Hunter: Sebuah Game Monster vs Sekelompok Hunter

Inilah game yang popularitasnya termasuk tinggi di kalangan gamers yang doyan melakukan sesuatu secara bersama-sama. Mon.. more

Surface Book 2 dari Microsoft. Sumber gambar: which.co.uk

Microsoft vs Apple: Usaha Microsoft Mengalahkan Dominasi MacBook Pro Apple Di Kelas Premium Notebook

Di tahun-tahun awal berdirinya Apple Computer, Microsoft belum seperti sekarang. Bahkan boleh dibilang kalau dulu Bill G.. more

Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (Sumber: Variety)

Film Indonesia dari Sumba sampai Praha

Ada dua film di tahun 2017 yang mengangkat Sumba, yaitu "Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak" karya Mouly Surya dan "S.. more

sumber: Wikimedia Commons

Franchise Star Wars Masih Terus Berlanjut di Layar Lebar: Apakah Karya Agung Milik George Lucas Ini Memang Perlu Untuk Dilanjutkan ?

Seperti kita tahu, sejak franchise Star Wars dibeli Disney hingga saat ini, franchise tersebut masih merilis film-film n.. more