Ternyata Beginilah Peran Wanita Yakuza di Jepang!

7 months ago
Wanita Yakuza. Sumber: pinterest

Apa yang terbesit di kepala kalian saat mendengar kata Yakuza?

Pasti jawabannya adalah laki-laki bertubuh besar, mempunyai banyak tattoo, jarinya sudah tidak utuh, kriminalitas, pembunuhan, gangster, narkoba dan lain-lain.

Kelompok Yakuza di Jepang. Sumber: cnn

Kelompok Yakuza di Jepang. Sumber: cnn

Tapi tahukah kamu, kalau gak semua Yakuza itu berisikan laki-laki loh. Meski hal ini kurang populer, namun Yakuza juga mempunyai anggota ‘tidak resmi’ wanita. Namun mereka bukanlah ‘anggota’ yang benar-benar anggota. Biasanya yang dikatakan sebagai wanita Yakuza merupakan istri atau anak dari Yakuza laki-laki. Oleh karena itu, dengan status sebagai istri, pacar atau anak, secara tidak langsung, perempuan tersebut sudah terlibat dalam organisasi Yakuza.

Peran dan tugas wanita Yakuza ini diungkap oleh Shoko Tendo lewat bukunya yang berjudul Yakuza Moon: Memoirs of Gangster’s Daughter. Shoko Tendo merupakan anak perempuan dari bos besar Yakuza di Jepang. Dalam bukunya, ia pun mengungkapkan bagaimana kehidupan para wanita Yakuza.

Shoko Tendo bersama anaknya. Kini ia sudah tobat dan tidak mau terlibat lagi dalam bisnis Yakuza. Sumber: sharejunkies

Shoko Tendo bersama anaknya. Kini ia sudah tobat dan tidak mau terlibat lagi dalam bisnis Yakuza. Sumber: sharejunkies

Dahulu pada masa sebelum dan sesudah Perang Dunia II, wanita memang sempat menjadi pemimpin Yakuza di daerah Yokohama dan Tokyo. Hal semacam ini terjadi karena perempuan tersebut hanya menggantikan posisi suaminya yang kosong setelah meninggal. Namun hal seperti ini sudah tidak ada lagi. Menurut Shoko Tendo, biasanya tugas Yakuza wanita saat ini hanyalah menemani bos besar, alat untuk mencapai tujuan tertentu, wanita simpanan dan bisnis prostitusi.

Wanita Merupakan Prioritas Terakhir

Kesetaraan gender tidak ada dalam kamus Yakuza. Sumber: starrose17

Kesetaraan gender tidak ada dalam kamus Yakuza. Sumber: starrose17

Dalam kehidupan Yakuza, wanita merupakan prioritas paling akhir. Jadi tak heran jika kita mendapati wanita Yakuza yang cuma bisa pasrah ketika suaminya membawa pulang wanita simpanan atau bermain api di luar. Jangan juga mengharapkan kesetaraan gender di dunia Yakuza, karena wanita sama sekali tidak mempunyai hak untuk melakukan apa-apa. Bahkan jika wanita melakukan kesalahan, pria mempunyai kebebasan untuk menghukumnya.

Wanita Yakuza juga biasanya berperan menjadi pencari nafkah. Dalam Yakuza, gak semua bisa langsung menduduki pangkat tinggi atau menjadi bos. Biasanya Yakuza yang tidak memiliki koneksi atau sedikit pengalaman hanya bisa menjadi bawahan atau tukang disuruh-suruh seperti di film-film.

Bawahan bos Yakuza tetap harus menuruti perintah istri bos. Sumber: asian wiki

Bawahan bos Yakuza tetap harus menuruti perintah istri bos. Sumber: asian wiki

Jadi demi fokus ke dalam organisasinya dan meniti karier, untuk sementara waktu, para istri Yakuza lah yang mencari nafkah. Namun jangan salah, jika sang suami telah berhasil meniti karier, pundi-pundi uang yang melimpah dengan mudahnya mengalir ke keluarga.

Meskipun wanita ini bukan anggota organisasi resmi dan tidak punya wewenang dalam organisasi, namun para istri Yakuza punya perintah mutlak terhadap anak buah suaminya. Jadi Yakuza yang berada di bawah suaminya harus menuruti perintah istri bos.

Mengapa dan bagaimana caranya perempuan bisa terlibat ke dalam dunia Yakuza?

Salah satu film yang membahas mengenai istri yakuza. Sumber: japansociety

Salah satu film yang membahas mengenai istri yakuza. Sumber: japansociety

Biasanya terdapat empat jalan mengapa perempuan dapat jatuh ke dalam dunia Yakuza. Pertama, karena mereka merupakan anak dari anggota atau bos Yakuza. Seperti Shoko Tendo yang mengungkapkan bahwa ia merupakan anak dari bos besar Yakuza. Jadi mau tidak mau, dari kecil saja ia sudah harus terbiasa dengan lingkup dunia Yakuza.

Menurut Japan subculture yang dilansir dari sejutafakta.com, wanita-wanita yang menikah dengan Yakuza, kebanyakan berasal dari keluarga broken home. Jadi, mereka bertemu dengan laki-laki Yakuza yang juga broken home. Dari situlah, mereka biasanya menemukan kesamaan masalah dan jatuh cinta.

Selanjutnya adalah wanita yang bekerja di klub malam atau pub. Mereka biasanya terlena dengan salah satu anggota Yakuza yang royal dan mempunyai banyak uang.

Geng Motor juga menjadi tempat para wanita bertemu dengan pria anggota geng motor yang sekaligus merupakan anggota Yakuza.

Seluruh Tubuh Dipenuhi Tattoo

Tattoo wanita Yakuza biasanya lebih terdapat banyak ukiran. Sumber: sharejunkies

Tattoo wanita Yakuza biasanya lebih terdapat banyak ukiran. Sumber: sharejunkies

Anggota Yakuza memang terkenal akan tubuhnya yang dipenuhi tattoo, begitu juga dengan para wanitanya. Biasanya tattoo wanita Yakuza lebih rumit dan harus rela bagian dada dan kemaluannya terbalut dengan tattoo. Berikut merupakan foto-foto wanita Yakuza yang dibalut dengan tattoo:

Sumber: sharejunkies

Sumber: sharejunkies

Sumber: opusteno.rs

Sumber: opusteno.rs

Shoko Tendo mulai memberanikan diirnya untuk di-tattoo pada umur 21 tahun. Sumber: bigtatooplanet

Shoko Tendo mulai memberanikan diirnya untuk di-tattoo pada umur 21 tahun. Sumber: bigtatooplanet

Begitulah sedikit potret kehidupan para wanita Yakuza. Yakuza memang dikenal dengan kehidupan yang pernuh dengan kriminalitas, prostitusi, seks bebas dan narkoba. Namun jika ditelaah sisi positifnya, pada saat Jepang dilanda tsunami terdapat dua organisasi terbesar Yakuza Jepang (Sumiyoshi-kai dan Inagawa-Kai) turun tangan membantu para korban. Mereka menyediakan makanan gratis, popok dan kebutuhan lainnya. Mereka bahkan rela membuka markasnya untuk dijadikan sebagai tempat penampungan. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa yang dilakukan Yakuza pada saat bencana tersebut hanya sebagai bentuk PR (Public Relations) atau branding semata.

Yakuza memberikan bantuan kepada korban gempa tsunami di Jepang. Sumber: top10best2016

Yakuza memberikan bantuan kepada korban gempa tsunami di Jepang. Sumber: top10best2016

Gimana bro sis? Ada yang berminat menjadi anggota Yakuza atau wanita Yakuza?

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

Sumber: The Art of VFX

Film Ghost In The Shell Masuk Pertimbangan Nominasi Academy Awards

Kini, Ghost in the Shell bersiap-siap untuk nominasi terbarunya... more

Sumber: CIAYO Pictures

Kemeriahan Inari Matsuri IPB, Ajang Lomba Pecinta Jejepangan

Inari Matsuri IPB telah berlangsung di tanggal 10 Desember kemarin. Walaupun begitu, acara ini masih tetap meninggalkan .. more

(from : newweaboo.com)

Apakah Kamu Termasuk Seorang Weeaboo??

Weeaboo sering disamakan dengan Wapanese yang berarti “Want to be Japanese” atau "Japanese Wannabe" atau "orang Jepa.. more

Love Sucks

Kenalan Yuk Sama Author Love Sucks!

bro sis penasaran gak sih, siapa sosok dibalik terciptanya karakter Logan dan Eli... more

Sumber: Gamerant

Pokemon GO Genap Satu Tahun, Habis Ini Apa?

Pasti bro sis salah satunya yang pernah keranjingan muter-muter komplek buat main Pokemon GO kan? Game ini memang cukup .. more