Ternyata Inilah Alasan Mengapa Orang Jepang Sangat Menjaga Kebersihan!

3 months ago
Jalanan yang bersih dan tertata. (Sumber: fecielo)

Kalau jalan-jalan ke Jepang, kita bisa dengan mudah menemukan tempat pemandian air panas untuk umum maupun private. Tempat pemandian air panas ini sudah menjadi salah satu kearifan lokal disana. Di Jepang, menjaga kebersihan diri dan  sekitar termasuk sebuah kesopanan yang wajib dilakukan lho! Bahkan kalau kamu ketahuan mengotori ruang publik, orang Jepang bisa langsung menegur kamu dan dikenakan denda. Makanya penting untuk menjaga etika kebersihan di negera Jepang. Hal ini juga bertujuan supaya gak merusak lingkungan dan demi kenyamanan. Seperti supir bus yang bisa kita lihat ketika di Jepang, mereka sampai mengenakan sarung tangan ketika menyetir, serta taksi yang dilengkapi dengan sarung pada dudukannya.

source 2: jpninfo.com

source 2: jpninfo.com

Dulu, Jepang punya sejarah wabah penyakit dan masalah kesehatan yang melanda setelah masa perang dunia. Ada masalah kesehatan mengenai infeksi, keracunan, dan sebagainya. Ditambah lagi dengan radiasi nuklir dan cuacanya yang lembab saat musim panas. Sekian banyak faktor tersebut, tak heran saat itu membuat rakyat Jepang mudah terpapar penyakit.

source 2: jpninfo.com

source 2: jpninfo.com

Karena itulah, mereka mulai menyadari pentingnya kebiasaan untuk bersih dan menghindari hal-hal kotor. Hal ini juga ada hubungannya dengan kepercayaan masyarakat Jepang, yang katanya, dewa Shinto membenci hal-hal kotor dan mewajibkan orang yang beribadah ke kuil untuk membasuh diri mereka dengan air. Dikatakan juga kalau Dewa akan hadir kalau orang yang berdoa menjaga kebersihan (baik jiwa dan raga). Oleh karena itu, menjaga kebersihan sudah dilatih sejak kecil supaya menjadi kebiasaan dalam keseharian orang Jepang.

Kita bisa selalu berusaha untuk menjaga bersih diri, tapi kalau terus-terusan merasa kurang bersih setiap saat….perasaan kayak gitu wajar gak ya?

source 3: tvtime.com

source 3: tvtime.com

source 4: animetosho.org

source 4: animetosho.org

Faktanya ada jutaan orang yang menderita penyakit OCD atau Obsessive Compulsive Disorder. Penyakit ini membuat kamu terus-terusan khawatir kalau kamu gak berada dalam ruang lingkup yang bisa dikontrol, baik kontrol dalam melakukan kesalahan atau kebersihan. Kamu terus berusaha untuk menjaga diri dari paparan hal-hal yang gak kamu inginkan; kuman misalnya. Padahal belum tentu semua yang kamu khawatirkan itu nyata. Kalau udah terlalu khawatir parah dengan kebersihan begini, bisa dipanggil ‘clean freak’ seperti Aoyama-kun deh.

source 5: wikipedia.com

source 5: wikipedia.com

Aoyama adalah siswa SMA di Fujimi High School yang termasuk dalam tim sepak bola Jepang. Karena Aoyama-kun adalah germaphobia yang sangat membenci kuman, dia jadi punya cara sendiri untuk main bola. Dia bahkan gak membiarkan kontak fisik dengan bola secara langsung dan bersentuhan dengan teman se-team. Hal ini membuat orang-orang berusaha untuk mengerti sisi lain dari Aoyama-kun, si pemain sepak bola populer dan punya banyak penggemar ini. Anime series ‘Clean Freak! Aoyama-kun’ diadaptasi dari manga series karya Taku Sakamoto dan sudah bisa ditonton dari awal bulan Juli. Penasaran gimana cara Aoyama untuk melawan phobia-nya dan menjalin persahabatan dengan teman yang lain? Jangan lupa ditonton dan share review kamu!

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Sumber: The Japan Times

Funkot: Musik Dance Rasa Dangdut Yang Mengudara Hingga Jepang

Indonesia boleh berbangga karena memiliki ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke, batik yang mendunia, kuliner yang bik.. more

(Sumber: www.ciayo.com)

Animasi Pendek Asal Indonesia Ini Sukses Bikin Mewek

Kali ini komik viral ini dibalut dengan versi berbeda dan lebih menyentuh. Sudah siap nangis bareng animasi ini? Yuk, la.. more

(Sumber: pixabay.com)

7 Gaya Paling Enak Buat Baca Komik

Ini nih 7 gaya paling enak buat baca komik!.. more

Destinasi Liburan Ala Jepang di Indonesia, Memangnya Ada?

Nah, buat kamu yang suka dengan negara Jepang, kamu juga bisa banyak menemukan pernak pernik event Jejepangan di Indones.. more

(from : wccftech.com)

Visceral Games Ditutup, Proyek Game Star Wars Tetap Jalan

Electronic Arts (EA) telah menutup studio Visceral Games-nya dan membuat perubahan besar pada proyek Star Wars, khususny.. more