Ternyata Lirik Lagu Havana Milik Camila Cabello Menyindir Donald Trump Loh!

9 months ago
Sumber: YouTube

Havana, ooh na-na (ay, ay)
Half of my heart is in Havana, ooh-na-na (ay, ay)
He took me back to East Atlanta, na-na-na (uh huh)

Ayo mengaku saja deh bro sis, pasti otomatis ikutan nyanyi kan pas baca bait diatas? Yups, lagu dari penyanyi Camila Cabello, mantan personil girband Fifth Harmony emang catchy banget dan lagi sering-seringnya diputar oleh stasiun radio kesayangan. Semenjak dirilis perdana pada September 2017, melodi latinnya yang adiktif sukses merajai tangga lagu Inggris selama lima pekan berturut-turut dan unexpectedly menyamai rekor Adele di tahun 2011 lewat lagu Someone Like You.

Sumber: Rolling Stone

Sumber: Rolling Stone

Ketika mendengarkan lagu ini, interpretasi bro sis pasti adalah lagu ini bercerita mengenai seorang wanita yang mau tidak mau meninggalkan kekasihnya karena hatinya masih mencintai kampung halamannya di Kuba. Ya, sekilas memang seperti itu, namun sesungguhnya lagu Havana mempunyai makna yang lebih dalam!

Lirik lagu Havana ini sebenarnya secara tidak langsung (secara halus) menyindir dan mengkritik pemerintahan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Hal ini semakin diperkuat oleh liriknya pada bagian terakhir video klip yang berisikan kalimat, “This is dedicated to the Dreamers.”

Sumber: Huffington Post

Sumber: Huffington Post

Untuk menyegarkan memori kalian, silahkan simak lagi videonya berikut ini.

Mungkin bro sis bertanya lagi. “Apa hubungannya kalimat itu dengan Trump?”

Nah, jadi begini bro sis. Kata Dreamers di sini bukanlah berarti pemimpi. Namun Dreamers di sini mengacu pada kelompok imigran AS yang memperjuangkan Undang-Undang/kebijakan Development, Relief and Education for Alien Minors (DREAM) yang pertama kali digagas oleh mantan Presiden, Barrack Obama di tahun 2012.

Sumber: The Guardian

Sumber: The Guardian

Pada dasarnya, Undang-Undang tersebut dibuat oleh pemerintahan administrasi Barack Obama untuk memberikan perlindungan sekaligus hak tinggal sementara di negara Paman Sam terhadap seluruh warga imigran. Sayangnya, ketika Trump telah resmi diangkat menjadi Presiden, suami Melania Trump ini malah mencabut kebijakan tersebut. Dengan demikian, nasib hidup warga imigran di AS kini terancam.

Nah, dikarenakan Cabello juga lah imigran, maka penyanyi berusia 20 tahun ini pun secara otomatis merasa berkewajiban untuk ikut memperjuangkan DREAM melalui lagu hitnya ini. Dan memang bro sis. Bukan rahasia lagi kalau Cabello adalah sosok yang sangat blak-blakan terhadap nasib sesama komunitas latin di AS.

Sumber: Vemine

Sumber: Vemine

Di berbagai program bincang-bincang malam seperti The Tonight Show Starring Jimmy Fallon atau di berbagai wawancara-wawancara yang dilakukannya dengan berbagai media, dirinya kerap telihat sangat bangga dengan darah serta komunitas latinnya.

Sejauh ini, terlepas lagu ini super hit (sangat mustahil rasanya apabila Trump belum pernah mendengarnya), belum ada reaksi yang dilontarkan dari Sang Presiden. Harapannya sih, Donald Trump dapat terketuk hatinya dan mempertimbangkan kembali kebijakan yang dibuatnya.

Sumber: Morning Breaking News

Sumber: Morning Breaking News

Ya memang susah juga sih bro sis untuk mengetuk hati seorang Trump. Walau demikian, kita haruslah memberikan tepuk tangan dan pujian terhadap Camila Cabello yang berani mengungkapkan pandangan politis serta sosialnya melalui lagu kerennya ini. Nah, setelah mengetahui fakta unik ini, bagaimana sekarang pendapat bro sis? Silahkan sampaikan pendapatnya di kolom komentar yang tersedia ya!

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

Ada Lomba Menulis Hadiahnya Diadaptasi Komik. Penasaran?

Kini, giliran cerita-cerita berkualitas yang akan unjuk gigi di CIAYO Blog. CIAYO Blog menantang para penulis bertalenta.. more

Sumber: allkpop.com

Along With The Gods: Two Worlds, Film Korea Terlaris Kedua Sepanjang Masa

Kalau kamu termasuk orang yang emosional, siapin tissue yang banyak saat menonton filmnya ya!.. more

Tessa: Menjadi Komikus Bukan Panggilan Semua Orang

Tidak semua orang punya ketertarikan yang besar di bidang komik. Tapi bagi Tessa, menjadi penulis cerita komik adalah pa.. more

source 1: pinterest.com

Anime Buatan Cina Disebut Menandingi Jepang

Bertahun-tahun menguasai anime, studio Jepang akan segera tersaingi dengan kehadiran studio anime Cina dengan kualitas o.. more

Consilium: Petualangan Seru Dua Detektif Tampan

Bagaimana jadinya kalo bro sis tinggal di masa depan dan ketemu dengan dua detektif polisi tampan dengan dua kepribadian.. more