Ternyata Microsoft Punya Banyak Maskot Dan Mereka Semua Sangat Kawaii!

6 months ago

Percaya atau tidak, Microsoft adalah perusahaan IT raksasa paling wibu.

Masih belum percaya? Di Jepang, Microsoft punya strategi tersendiri untuk memasarkan produk-produk mereka. Di setiap produk OS Windows terbaru mereka, Microsoft selalu menampilkan karakter maskot imut untuk menggenjot promosi. Karakter-karakter maskot ini dapat kamu temui dalam setiap produk Windows edisi khusus yang dijual di Jepang, dalam bentuk tema hingga set wallpaper. Praktik yang dimulai sejak Windows 7 ini masih berlanjut hingga Windows 10 dirilis.

Nah, siapa saja karakter maskot yang dipercayakan Microsoft untuk menyertai setiap versi Windows?

Madobe Nanami

Kalau Nanami mengajakmu merakit komputer bersama, apa kamu mau ikut? (Sumber: Zerochan)

Kalau Nanami mengajakmu merakit komputer bersama, apa kamu mau ikut? (Sumber: Zerochan)

Microsoft merilis Windows 7 di Jepang dalam berbagai paket bundle. Salah satunya adalah Windows 7 Ultimate DSP Edition yang hanya dijual sebanyak 7777 kopi. Di dalam Windows edisi ini, ada paket tema, wallpaper, dan system sound dari Madobe Nanami. Untuk pertama kalinya, Microsoft menampilkan karakter maskot untuk produk mereka!

Nama Madobe berarti jendela (Windows), sementara Nanami merupakan pelesetan dari angka tujuh dalam bahasa Jepang. Nanami tampil dalam animenya sendiri, yang merupakan sebuah iklan infomersial. Dalam iklan itu, Nanami akan memandu penonton dalam merakit komputer dan menginstall Windows 7. Pengisi suara Nanami dalam anime ini adalah Nana Mizuki. Ngomong-ngomong, nama Nanami juga plesetan dari nama Nana Mizuki loh.

Walaupun berusaha membantu, Nanami tak luput melakukan tingkah yang ceroboh. Misalnya saja ia lupa menyekrup tutup casing setelah selesai merakit komputer. Nanami mengaku punya 16 saudara sepupu. Ingin tahu siapa saja sepupu Nanami?

Madobe Yuu & Ai

Yuu dan Ai digabung jadi UI (yuu-ai). (Sumber: Zerochan)

Yuu dan Ai digabung jadi UI (yuu-ai). (Sumber: Zerochan)

Selepas Windows 7, Microsoft masih berminat untuk menciptakan karakter maskot untuk produk terbaru mereka. Tak ayal mereka menciptakan maskot baru untuk Windows 8, tak hanya satu melainkan dua! Microsoft memperkenalkan maskot Madobe Yuu dan Ai lewat musik Vocaloid dan video klip yang dibuat di program MMD. Set tema Yuu dan Ai disertakan dalam Windows 8 Akihabara Edition dengan bonus mouse Microsoft Wedge.

Ada alasan kenapa Microsoft menciptakan Yuu dan Ai. Windows 8 adalah OS Windows pertama yang dapat digunakan untuk komputer biasa maupun perangkat tablet. Karena memiliki sifat berbeda, Yuu dan Ai pun diciptakan. Yuu dan Ai, selain merupakan nama umum di Jepang, adalah serapan dari bahasa Inggris You dan I (kamu dan aku). Jika digabung, nama Yuu dan Ai merupakan ejaan dari istilah UI, singkatan dari user interface atau antar muka. UI merupakan elemen penting yang dikembangkan di Windows 8.

Mencoba tablet Windows 8 sambil makan kue dan teh hangat. (Sumber: Zerochan)

Mencoba tablet Windows 8 sambil makan kue dan teh hangat. (Sumber: Zerochan)

Yuu memiliki rambut pendek, dan merupakan maskot dari Windows 8 Basic, Pro, dan Enterprise yang disematkan dalam komputer desktop biasa. Sementara itu, Ai dengan rambut panjang menjadi maskot Windows 8 RT yang khusus dipasarkan untuk laptop dan tablet dengan prosesor ARM. Yuu diisi suarakan Nishi Asuka, sementara Ai oleh Tamura Nao.

Menurutmu, apakah start menu di Windows 8 sulit dioperasikan? (Sumber: Zerochan)

Menurutmu, apakah start menu di Windows 8 sulit dioperasikan? (Sumber: Zerochan)

Sebagai saudara kembar, Yuu dan Ai adalah pasangan yang akur. Mereka berdua senang bermain komputer dan merakitnya juga. Walau demikian, sifat mereka cukup berbeda. Yuu lebih periang, sementara Ai lebih tsundere alias malu-malu kucing. Mereka juga nampak memiliki ponsel yang sama, yaitu Nokia Lumia yang dipasangi OS Windows Mobile.

Madobe Touko

Pekerja sambilan dari masa depan. (Sumber: Zerochan)

Pekerja sambilan dari masa depan. (Sumber: Zerochan)

Kalau Windows 7 dan Windows 8 punya maskot, Windows 10 pastinya punya juga dong? Apakah dia Cortana dari game Halo namun dalam versi kawaii? Bukan, karena maskot Windows 10 adalah Madobe Touko.

Nama Madobe Touko dipilih melalui voting oleh fans. Nama Touko sendiri diserap dari angka 10 dalam bahasa Jepang. Touko juga masih satu keluarga dengan Nanami, Yuu dan Ai, namun Touko berasal jauh dari masa depan! 100 tahun ke depan lebih tepatnya. Dia adalah siswi SMA yang penuh rasa ingin tahu. Seperti Nanami, Touko bekerja sambilan di toko komputer Akibano Custom Computer. Manajernya sering kali khawatir karena Touko ini orangnya spontan dan latah.

Madobe Claudia

Kak Claudia siap membereskan masalah komputer dan jaringan di kantor. (Sumber: Zerochan)

Kak Claudia siap membereskan masalah komputer dan jaringan di kantor. (Sumber: Zerochan)

Claudia sebenarnya bukanlah maskot untuk Windows. Dia adalah maskot untuk Windows Azure, layanan cloud computing untuk kalangan korporasi dan jaringan. Meski demikian, rasanya tidak lengkap jika belum membahas seluruh anggota keluarga Madobe. Di Jepang, program Microsoft Visual Studio 2010 dijual dengan bonus action figure Claudia. Harganya tentu saja mahal sekali jika dibandingkan dengan harga program aslinya.

Nama Claudia diambil dari kata cloud (awan). Claudia yang diisi suarakan oleh Kitamura Eri ini memiliki serial manga sendiri yang berjudul Cloud Girl. Di dalam manga itu, diceritakan Claudia adalah seorang teknisi dan kakaknya adalah pakar. Dalam satu kesempatan, Claudia mengunjungi tempat kerja Nanami untuk memperbaiki server yang rusak.

Cantik dan hidup tanpa beban. (Sumber: Zerochan)

Cantik dan hidup tanpa beban. (Sumber: Zerochan)

Sebagai seorang teknisi, Claudia mampu menganalisis situasi untuk kemudian menentukan kesimpulan dan penanganan yang tepat. Karena berusia lebih tua, Claudia tentu saja bersikap lebih dewasa dari saudara sepupunya yang lain. Di waktu senggangnya, Claudia tetaplah seorang wanita muda biasa yang mencari kehidupan yang bebas, seperti awan di langit.

Aizawa Inori

Sudah selesai? Belum! Karena masih belum lengkap kalau kita belum mengulas maskot Microsoft lainnya. Yang satu ini sebenarnya bukan anggota keluarga Madobe, namun ia memiliki kepribadian yang mampu menarik perhatianmu. Yuk berkenalan dengan Aizawa Inori, maskot Internet Explorer!

 

Aizawa Inori adalah wujud dari perubahan Internet Explorer menjadi lebih baik. (Sumber: Zerochan)

Aizawa Inori adalah wujud dari perubahan Internet Explorer menjadi lebih baik. (Sumber: Zerochan)

Seumur hidup kamu pasti pernah menggunakan Internet Explorer setidaknya sekali. Entah untuk browsing internet biasa, atau bahkan hanya untuk mendownload program browser lain. Internet Explorer memang punya reputasi buruk di mata pengguna komputer karena boros daya, lambat, dan rentan serangan malware. Microsoft hendak mengubah stigma tersebut lewat karakter maskot Aizawa Inori.

Aizawa Inori diperkenalkan oleh Microsoft di Anime Festival Asia 2013 di Singapura. Proses kreasi Inori dilakukan di Collateral Damage Studios, bekerja sama dengan CACANi Animation dari Nanyang Technological University. Inori adalah saudara dari Aizawa Hikaru, maskot untuk program Microsoft Silverlight. Meski bukan anggota keluarga Madobe, Hikaru adalah teman dekat Yuu dan Ai.

Dulu lamban dan ceroboh, kini Inori pandai melakukan berbagai hal menarik. (Sumber: Zerochan)

Dulu lamban dan ceroboh, kini Inori pandai melakukan berbagai hal menarik. (Sumber: Zerochan)

Inori memiliki sifat yang sangat positif dan periang, namun juga menunjukkan kedewasaan yang bisa diteladani. Di masa mudanya, Inori adalah gadis yang lamban dan ceroboh – seperti Internet Explorer jadul. Inori pun berusaha mengubah dirinya sendiri menjadi lebih baik – seperti Internet Explorer versi terkini.

Dari seluruh karakter maskot Microsoft, Aizawa Inori adalah yang paling aktif di sosial media. Ia senang memposting berbagai meme atau ilustrasi tentang dirinya sendiri, hingga yang dibuat oleh fans. Tak lupa Inori juga mempromosikan berbagai update terbaru Internet Explorer. Inori bahkan masih aktif bersosialisasi setelah kemunculan Windows 10 dan Microsoft Edge, software browser pengganti Internet Explorer. Pelan-pelan, Inori pun “dipensiunkan” oleh Microsoft.

Sebenarnya Microsoft masih memiliki banyak karakter maskot untuk produk mereka, namun sayang sebagian besar hanya karakter tidak bernama. Hanya 6 maskot di atas yang memiliki latar belakang dan kepribadian yang lebih jelas dan menarik. Di antara karakter maskot tersebut, siapa yang menjadi favoritmu?

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

                                                          Sumber: Threevenue.com                        

Gara-Gara Belanja di Changi Airport, Pria Asal Purwakarta Ini Memenangkan 10 Milliar Rupiah!

tanggal 21 kemarin, pria asal Purwakarta, Jawa Barat ini berhasil memenangkan undian sebesar 10 miliar rupiah lho!.. more

SEO: Green Lantern, Anggota Lantern Corps

Selain Green Lantern, Ternyata Ada 9 Pasukan Lantern Lainnya, Lho!

Di dalam dunia DC Universe, ada sebuah pasukan yang bernama Green Lantern yang tugasnya menjaga perdamaian seluruh galak.. more

sumber: www.cetusnews.com

Akhirnya, Game Terbaru One Piece Resmi Diumumkan!

Bandai Namco mengumumkan kembalinya Luffy dan kru Topi Jerami di Twitter, menyusul konfimasi bahwa game terbaru mereka a.. more

5 Langkah Bikin Komik Ala Komikus Profesional

Ada banyak aspek dan poin penting untuk bikin komik, kali ini CIAYO Comics berusaha memberikan tips mudah kepada pembaca.. more

H20 Reborn Rupaka: Membangkitkan Komik di Atas Panggung

Sebagai karya pertama Teater Pesawat Kertas yang memang bertujuan mengadaptasi komik-komik lokal Indonesia, H20 Reborn a.. more