The Mandalorian: TV Series Star Wars yang Akan Ditangani Sutradara-Sutradara Kelas Hollywood

4 weeks ago
TheMandalorian-Thumb

Sejak Lucasfilm resmi dibeli oleh Disney, sejumlah besar fans Star Wars memprediksi kalau Star Wars akan menjadi ‘sapi perah’ baru untuk Disney. Hal ini wajar mengingat reputasi Disney sebagai gurita raksasa entertainment dunia. Dan sialnya kekhawatiran tersebut terbukti jadi nyata dengan berbagai aksi Disney me-monetasi brand Star Wars yang kini sudah jadi milik mereka.

Seperti halnya Marvel Comics, yang juga sudah dikuasai Disney, Lucasfilm memiliki beragam IP yang punya barisan fans loyal. Fans-fans yang rela keluar uang secara rutin demi menikmati hiburan dari Lucasfilm. Dan Star Wars adalah salah satu yang paling bersinar di bagian pencapaian keuntungan. Sebagai sebuah fenomena kultural, Star Wars adalah sebuah brand yang menghasilkan uang tanpa henti. Sampai awal 2018 saja, Star Wars secara keseluruhan (film dan merchandise) sudah meraup duit fans lebih dari US$ 65 Milyar! Silakan hitung sendiri dalam Rupiah berapa nominal itu di mata uang Republik Indonesia. Yang jelas banyak banget banget!

Film teatrikal. Animasi. Komik. Video game. Merchandise. Dan kini serial TV Star Wars dengan tema utama Mandalorian siap untuk diproduksi oleh Disney.

Baca juga: Star Wars Resistance: Serial Animasi Baru Star Wars

Namun ada sedikit rasa aneh saat Disney mengumumkan akan membuat serial TV Star Wars dengan tema Mandalorian. Karena sebelumnya mereka juga mengumumkan akan membuat spin-off film bioskop Star Wars dengan tema yang sama dan menceritakan petualangan bounty hunter Mandalorian terkenal dari lore Star Wars: Boba Fett.

TheMandalorian-BobaFett

Boba Fett. (Sumber: Wikia)

Baca juga: Boba Fett Jadi Karakter Star Wars Selanjutnya Yang Dapat Film Sendiri

Rumor yang ada menyatakan kalau film tersebut akan dibatalkan, atau ditunda pembuatannya, karena film spin-off Star Wars terkini “Solo” mengalami underperformed di pasaran. “Solo: A Star Wars Story” (2018) hanya menghasilkan US$ 393 Juta dari modal US$ 275 Juta. Tidak rugi-rugi amat memang… tapi itu jelas jauh dari ekspektasi awal berhubung ini adalah Star Wars. Ditambah lagi spin-off sebelumnya, “Rogue One: A Star Wars Story” (2016) menghasilkan duit jauh lebih baik ketimbang Solo: US$ 1 Milyar dari modal US$ 265 Juta.

TheMandalorian-Solo

Adegan film “Solo: A Star Wars Story”. (Sumber: IndieWire)

Jadi jika benar film spin-off Boba Fett dibatalkan oleh Disney, mungkin TV series The Mandalorian ini diproyeksikan sebagai penggantinya?

“Mandalorian” adalah sebutan untuk mereka yang berasal dari planet Mandalore di kisah Star Wars. Walaupun Mandalorian terdiri dari beberapa jenis ras dan spesies namun mereka punya persamaan di antara sesama; yaitu berprofesi sebagai tentara bayaran maupun pemburu buronan berhadiah serta menggunakan armor suit yang jadi ikonik di antara para penggemar Star Wars. Armor Mandalorian ini pertama terlihat dipakai oleh Boba Fett di film “Star Wars Episode IV: Empire Strikes Back” (1980).

The Mandalorian Belum Diperkenalkan

TheMandalorian-Armor

Berbagai jenis armor Mandalorians. (Sumber: YouTube)

Namun saat itu istilah “Mandalorian” belum diperkenalkan.

Mandalorian baru ‘go public’ di kalangan fans sejak diperkenalkan lewat komik Marvel “Star Wars #68 The Search Begins” dengan tokoh sentral Boba Fett dan Fenn Shaysa. Mandalorian lain yang diciptakan untuk Star Wars adalah Jango Fett, yang muncul di “Star Wars Episode II: Attack of the Clones” (2002). Jango adalah Mandalorian ‘asli’ yang kemudian dijadikan sumber cloning untuk militer Clone Army dari Galactic Empire. Boba Fett adalah hasil cloning Jango Fett.

TheMandalorian-komik

Komik Star Wars #68 “The Search Begins”. (Sumber: Wikia)

George Lucas, sebagai pencipta Star Wars, memasukkan Mandalorian sebagai faktor penting dalam saga Star Wars. Bahkan sedikit banyak lobby-lobby yang dia lakukan adalah penentu disetujuinya pembuatan serial TV The Mandalorian; karena Lucas tidak lagi punya kekuasaan untuk menentukan arah produksi Star Wars sejak dia menjual Lucasfilm ke Disney. Kekuasaan itu kini ada di tangan Kathleen Kennedy sebagai Presiden Lucasfilm saat ini dan Bob Iger sebagai Boss Besar Disney.

Serial The Mandalorian nanti akan diputar di saluran berbayar streaming milik Disney, atau “Netflix” nya Disney mulai tahun depan. Yang artinya The Mandalorian akan berada dalam satu channel bersama produk-produk Disney lain; termasuk film-film dan serial TV Marvel Comics.

Naskah cerita The Mandalorian akan digarap oleh Jon Favreau. Familiar dengan nama ini? Tentu saja. Dia adalah sosok dibalik keberhasilan film “Marvel’s Iron Man” (2008). Baik sebagai sutradara maupun aktor pemeran Happy Hogan sang tangan kanan Tony Stark. Favreau juga dikenal sukses menyutradari film komedi keluarga “Elf” (2003) dan “The Jungle Book” (2016) yang juga sukses besar.

TheMandalorian-Jon

Jon Favreau. (Sumber: The Future of the Force)

Jon Favreau tidak akan bekerja sendirian karena sederet nama beken Hollywood lainnya juga akan terlibat di produksi The Mandalorian. Serial TV yang akan mengambil timeline tiga tahun selepas “Star Wars Episode VI: Return of the Jedi” (1983) ini konon akan ditangani oleh sutradara-sutradara yang berbeda-beda di setiap episode.

Beberapa nama yang disebut-sebut akan menyutradarai episode di The Mandalorian antara lain Dave Filoni (sutradara film animasi Star Wars: The Clone Wars tahun 2008), Deborah Chow (sutradara film The High Cost of Living tahun 2010), Rick Famuyiwa (sutradara film Dope tahun 2015) , hingga Taika Waititi (sutradara gokil film Marvel’s Thor: Ragnarok tahun 2017) dan bahkan aktris/sutradara Bryce Dallas Howard yang sebelumnya dikenal membintangi film-film seperti “Spider-Man 3” (2007), “Jurassic World” (2015) dan sekuelnya ”Jurassic World: Fallen Kingdom” (2018). Lebih dikenal sebagai aktris, pengalaman menyutradarai  Howard ada di video klip grup musik M83 tahun 2013 berjudul “Claudia Lewis” dan film pendek berjudul “When You Find Me” (2012) yang bekerja sama dengan produsen lensa dan kamera Canon.

TheMandalorian-Sutradara

Ki-ka: Howard, Waititi dan Favreau. (Sumber: TVWeb)

Karena berada di timeline yang cukup jauh dari Star Wars Episode VII maka jelas karakter utama di serial TV ini bukan Boba Fett, yang digambarkan mati (atau tidak?) di Sarlacc Pit. Ini juga bisa dikonfirmasi lewat foto dari lokasi syuting The Mandalorian, dimana terlihat seorang Mandalorian dengan armor khas mereka dengan desain berbeda dari Boba Fett.

TheMandalorian-Aktor

Sumber: SlashFilm

Foto lain, yang juga berasal dari akun Instagram Jon Favreau, memperlihatkan prop film yang digunakan.

Belum diketahui kapan serial TV The Mandalorian ini akan ditayangkan. Ditambah lagi layanan streaming Disney juga belum secara resmi diperkenalkan ke publik. Jadi untuk fans Star Wars yang penasaran masih harus bersabar. Setidaknya hingga tahun 2019.

Kamu fans Star Wars? Bersemangat akan serial TV The Mandalorian ini? Suarakan pendapatmu!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Michael Jackson

Michael Jackson Masih Hidup?

Michael Jackson meninggal sebelum sempat merampungkan tur akbarnya. Tapi kenapa banyak orang yang masih melihatnya hidup.. more

sumber: www.cetusnews.com

Akhirnya, Game Terbaru One Piece Resmi Diumumkan!

Bandai Namco mengumumkan kembalinya Luffy dan kru Topi Jerami di Twitter, menyusul konfimasi bahwa game terbaru mereka a.. more

00-d-disorder

Disorder: Menelisik Sisi Gelap Sebuah Obsesi

Disorder menyajikan kumpulan kisah gelap dari mereka yang tidak dapat mengenali diri sendiri dan menginginkan pelampiasa.. more

source 1: pinterest.com

5 Drama Series Netflix Underrated! Yuk Ditonton!

Ada banyak acara Netflix yang populer, dan ada juga yang luput dari sorotan. Inilah 5 drama series Netflix underrated ya.. more

Sumber: mojokstore.com

Review Novel: Seorang Laki-Laki yang Keluar dari Rumah

“Seorang Laki-Laki yang Keluar dari Rumah” adalah novel paling terbaru karya Puthut E. A. Nama Puthut E. A. sudah se.. more