Tidak Selalu Berdampak Negatif, Video Game Nyatanya Memiliki Manfaat yang Menyehatkan, Loh!

3 weeks ago
(sumber: beobachter.ch)

Terlepas merupakan media hiburan layaknya TV atau radio, ironisnya, video game kerap dicap negatif atau lebih spesifiknya disini, kerap dianggap sebagai biang pemicu sifat atau sikap negatif yang ada di dalam diri.

Padahal, selain tidak seluruh gamer di dunia ini memiliki sifat pemalas atau bahkan keinginan untuk membunuh setelah memainkan games yang bersifat brutal nan sadistik, faktanya, menjadi seorang gamer itu menyehatkan!

Yap, kalian gak salah baca. Video game, menurut hampir sebagian besar ilmuwan yang telah menelitinya, memiliki lumayan banyak keuntungan (benefit) terhadap kesehatan tubuh kita.

Dan berikut adalah 8 keuntungan menyehatkan yang dimaksud tersebut.

1. Mampu Menolong Mereka yang Disleksia

Dyselexi No More! (sumber: murdockcruz)

Dyselexi No More! (sumber: murdockcruz)

Dyseleksia pada dasarnya adalah sebuah kelainan yang membuat penderitanya sangat kesulitan untuk membaca terlepas, dirinya memiliki kecerdasan (intelejensia) yang normal.

Nah, menurut sebagaian besar peneliti, salah satu faktor utama yang menjadi penyebab kelainan ini adalah sulit untuk berkonsentrasi (fokus) terhadap sasaran kata atau kalimat yang dituju.

Pasca mengetahui hal ini, suatu ketika salah satu peneliti, melakukan percobaan kecil-kecilan dengan  membiarkan si penderita memainkan video game ber-genre action.

Dasar utama mengapa si peneliti melakukan hal ini, karena menurutnya, game action kerap menampilkan situasi, lingkungan (environment) serta misi (objective) yang berubah-ubah yang tentunya, untuk dapat menyelesaikannya, si penderita mau tidak mau harus benar-benar fokus dan membaca setiap perintah (command) yang ada.

Dan terbukti, pasca memainkan game tersebut, terdapat peningkatan yang lumayan signifikan terhadap daya baca (reading comprehension) yang dimiliki si penderita.

2. Dapat Memperbaiki Indera Penglihatan

Video Game Memperbaiki Indera Penglihatan (sumber: Indiatimes)

Video Game Memperbaiki Indera Penglihatan (sumber: Indiatimes)

“Loh gak salah nih? Bukannya malah bikin mata cepat rabun atau rusak ya? Well, faktanya menurut ilmuwan, asalkan masih dalam jarak yang wajar, justru malah membuat indera penglihatan pemain makin tajam.

Satu hal lagi, apabila si gamer memiliki kelemahan di salah satu matanya (lazy eye), maka tutup saja bagian mata yang aktif (kerap digunakan) sehingga, hanya mata “malas” yang digunakan.

Riset sudah membuktikan bahwa apabila hal tersebut dilakukan, mata yang jarang digunakan tersebut, akan menampilkan perubahan atau peningkatan yang signifikan atau bisa sama normalnya dengan mata yang aktif.

3. Memicu Keinginan Untuk Melakukan Aktivitas Fisik AKA Olahraga

Wii Sports Bowling (sumber: Wii Sports Wiki)

Wii Sports Bowling (sumber: Wii Sports Wiki)

Mungkin bagian ini spesial untuk kamu yang masih suka malas berolahraga.

Ya memang, seperti hal-nya rasa malas belajar melanda ketika sekolah dulu, keinginan berolahraga, juga menjadi rasa malas yang kerap menghampiri. Padahal olahraga merupakan kegiatan yang sangat vital bagi kesehatan tubuh.

Sebuah riset telah membuktikan bahwa gamer yang hobi memainkan game olahraga, akan lebih cepat terdorong untuk melakukan aktivitas olahraga fisik real-life. Selain itu, tidak jarang juga bahwa game olahraga yang dimainkan secara tidak langsung, akan membuat si pemain langsung bisa menerapkan trik atau gerakan olahraga yang ada.

Katakan saja kalian hobi memainkan game Wii Sports Bowling. Percaya atau tidak, kalau kalian rajin memainkan game ini setiap harinya, ketika suatu hari, kita diajak untuk main bowling sungguhan, maka dengan sendirinya kita sudah bisa melakukan gerakan atau trik melempar bola bowling tersebut walaupun belum pernah sama sekali main bowling.

4. Menghambat Proses Penuaan atau Pikun

Video Game menghambat Pikun (sumber: Pikabu.ru)

Video Game menghambat Pikun (sumber: Pikabu.ru)

Apabila orang tua kita hingga detik ini masih hobi main video game, jangan kalian protes apalagi dihentikan ya. Pasalnya menurut penelitian, apabila seseorang yang telah berusia 50 tahun atau lebih, masih suka main video game, hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan fungsi kognitif mereka.

Ddengan kata lain, hal ini akan membuat mereka tidak cepat pikun. Tapi ingat, game yang dimainkan tentunya ada syaratnya. Game-nya haruslah yang membuat mereka mampu memecahkan puzzle atau melatih memori.

5. Mengurangi Tingkat Adrenalin Hingga 50%

Video Game mengurangi Adrenalin yang Menggebu (sumber: amarujala)

Video Game mengurangi Adrenalin yang Menggebu (sumber: amarujala)

Adrenalin adalah salah satu hormon di dalam tubuh yang aktif ketika kita sedang merasa senang atau stress. Akan tetapi, tidak bagus juga apabila tingkat adrenalin yang dikeluarkan terlalu tinggi. Hal ini akan membuat detak jantung semakin cepat berdebar, yang tak jarang berujung pada penyakit jantung.

Gak heran kalau kita sering dengar ungkapan, “jangan stress-stress nanti cepet meninggal”? Nah, salah satu cara melepaskan stress adalah dengan bermain game.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama lebih dari 6 bulan terhadap salah satu gamer, terbukti bahwa selama rentang waktu tersebut, tingkat adrenalin dapat berkurang lebih dari 50%.

6. Menghilangkan Rasa Sakit Yang Sedang Diderita

Sakit perut ? Main Game aja ! (sumber: liberal)

Sakit perut ? Main Game aja ! (sumber: liberal)

Percaya atau tidak, kalau kalian sedang sakit perut atau mungkin merasakan sakit fisik yang super mengganggu (terkecuali tentunya sakit kepala), maka main game bisa menjadi obat super mujarab.

Ketika kita sedang main game, secara tidak langsung tubuh kita menghasilkan analgesik (zat penghilang rasa sakit) alami. Dan kalau boleh saya jujur disini, pernyataan ini memang benar.

Pernah suatu ketika lagi sakit perut yang lumayan menyiksa. Daripada saya terus-terusan memikirkan penyakit yang saya derita tersebut, saya pun berinisiatif untuk main game. Ajaibnya, selama bermain, sakit perut tersebut tidak saya rasakan sama sekali. Masih tidak percaya ? Silahkan buktikan saja sendiri.

7. Mampu Membantu Mereka yang Memiliki Autis

Penderita Autis dapat dibantu dengan main game (sumber: GoodTherapy)

Penderita Autis dapat dibantu dengan main game (sumber: GoodTherapy)

Autis adalah kelainan yang membuat penderitanya kesulitan untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan sekitarnya. Berdasarkan riset yang telah dilakukan, video game nyatanya mampu menolong penderita kelainan ini.

Spesifiknya, apabila si penderita kerap memainkan game yang bersifat multiplayer atau online party, hal ini akan memicu keinginan bagi mereka untuk berinteraksi atau bersosialisasi dengan orang-orang di luar sana.

8. Alternatif untuk Menjalankan Diet

Pengen kurusan? Main Game dong (sumber: Shutterstock)

Pengen kurusan? Main Game dong (sumber: Shutterstock)

Bagi kamu yang selalu ingin menurunkan berat badan namun masih kesulitan walaupun sudah melakukan model diet A, B, C, maka langsung saja kalian beranjak ke kamar dan mainkan jari-jemari indah itu di atas console joystick kalian.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh salah satu universitas ternama, dengan fokus sekaligus asyik bermain, hal ini akan mengurangi hampir 24% dari hawa nafsu untuk terus makan.

Bahka bukan hanya sebatas menekan hawa nafsu makan saja, video game juga mampu menekan keinginan untuk merokok atau minum-minum.

Tapi pernyataan ini tentunya sama saja bohong kalau ketika sedang bermian, kalian justru malah sembari makan coklat atau snack favorit kalian. He..he.

Gimana? Fakta menyehatkan mana yang sukses mengejutkan kalian? Silahkan sampaikan komentarnya, ya!

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

Sumber: youtube

[Review Dragon Ball Super Episode 124] Pengorbanan Gohan, Satu Lagi Justice Trooper yang Tersingkir

Pada episode 124 Dragon Ball Super kali ini berfokus pada pertarungan Song Gohan X Frieza untuk mengalahan Dyspo... more

Ngobrol-Ngobrol Bareng Creator Bunbu, Si Kelinci Imut yang ‘Ngeselin’

Bro sis, udah kenal belum sama Bunbu, Si Kelinci Imut? Selain karakternya eksis seliweran di Instagram, Bunbu juga ada g.. more

Sumber: fr.ign.com

Lagi Cari Tema Komik yang Asik? Cobain Deh Tema Komik Anti-Mainstream ini!

Kalau kamu merasa bingung dan mumet pikirannya saat menentukan tema yang akan di pakai, cobain deh bikin komik dengan me.. more

Sumber: twitter.com

Lelah dengan Pekerjaan? Mungkin Kamu Bisa Ikut Festival Ala Jepang ini!

Setiap hari kita selalu dihadapkan dengan rutinitas kehidupan yang sewaktu-waktu dapat membuat jenuh. Pastinya ada banya.. more

Powedpuff Girls are back! Sumber: VS Battles Wiki

Ucapkan Selamat Datang Pada Anggota Baru The Powerpuff Girls!

Karena merupakan reboot, maka di serial The Powerpuff Girls terbaru ini akan menampilkan nuansa yang sedikit berbeda dib.. more