Tips Berburu Apartemen di Jepang

10 months ago
Tips berburu apartemen di Jepang (Sumber: hokkudaiaccomodation)

Kalau kamu pernah nge-kost pasti kamu tahu gimana rasanya tinggal sendirian di rumah baru, sama seperti yang dirasakan oleh Yushi Inaba, remaja yang baru aja memasuki masa SMA. Kisah aneh yang dihadapi oleh Inaba dimulai semenjak kematian orang tuanya. Akibatnya, Ia harus tinggal dengan pamannya sejak SD. Sejak Inaba sudah masuk SMA, ia merasa cukup dewasa untuk tinggal sendiri. Oleh karena itu, Inaba pun menyewa sebuah apartemen. Seseorang yang misterius pun tiba-tiba hadir dan menawarkan tempat kosong untuk ditinggali oleh Inaba. Karena murah, Ia pun setuju dengan penawaran yang diberikan. Namun siapa sangka, ternyata apartemen yang Ia tinggali ini adalah bangunan yang terhubung dengan bekas sekolah yang terbakar. Sudah terbayangkan horrornya? Inaba pun mau tidak mau tinggal di sana dan terpaksa untuk berbagi tempat dengan para hantu/yokai yang juga tinggal di apartemen itu. Kalau kamu penasaran dengan Inaba dan kehidupannya dengan para hantu, kamu bisa menonton anime terbaru berjudul ‘Elegant Yokai Apartment Life’. Episode pertamanya sudah bisa ditonton sejak 3 Juli kemarin.

Elegant Yokai Apartment Life (Sumber: animenewsnetwork)

Elegant Yokai Apartment Life (Sumber: animenewsnetwork)

Menyewa apartemen di Jepang memang gak mudah. Banyak hal yang harus dipikirkan dan disiapkan secara matang, terutama bagi first timer atau foreigner. Pertama, kalau kamu mau menyewa apartemen di Jepang dibutuhkan seseorang yang bisa menjamin kamu. Orang tersebutlah yang harus men-cover biaya sewa kalau kamu telat bayar atau jika ada permasalahan saat kamu tinggal di tempat tersebut. Dan hal yang harus dipertimbangkan selanjutnya adalah biaya. Kebanyakan apartemen di Jepang disewakan dengan kontrak minimal 2 tahun. Lokasi apartemen juga menentukan harga sewanya. Penting untuk terlebih dahulu mendiskusikan hal ini dengan pemilik apartemen agar menghindari kesalahpahaman. Makanya ada beberapa apartemen di Jepang yang gak menerima orang asing sebagai penyewa, karena dikhawatirkan terdapat kendala dalam berkomunikasi.

Ada sedikit tips yang harus diketahui sebelum kamu menyewa apartemen di Jepang untuk foreigner:

1. Hunting Apartemen

Apartemen di Jepang (Sumber: weheartit)

Apartemen di Jepang (Sumber: weheartit)

Untuk orang asing, kamu bisa cari banyak informasi tentang tempat tinggal yang disewakan lewat internet. Tapi lebih bagus lagi kalau kamu bisa dapat rekomendasi dari saudara yang sudah tinggal lama atau kenalan orang Jepang. Selain orang itu pasti tahu banyak hal tentang lokasi dan budaya tinggal di Jepang yang harus dipahami, orang tersebut juga bisa sekaligus jadi penjamin kamu nanti ketika membuat kontrak penyewaan.

2. Biaya

Biaya (Sumber: comicbook)

Biaya (Sumber: comicbook)

Ketahui semuanya dengan jelas mengenai biaya awal yang harus dikeluarkan. Di Jepang, penyewa wajib untuk membayar uang deposito setelah tanda tangan kontrak. Jangan lupa tanyakan dengan jelas biaya asuransi rumah dan yang lainnya ya. Gak semua tempat tinggal yang disewakan langsung men-total biaya tersebut. Dan ingat, cari apartemen yang sesuai dengan budget kamu.

3. Gaijin house

Gaijin (Sumber: gaijininosaka)

Gaijin (Sumber: gaijininosaka)

Gaijin atau yang biasa disebut dengan guest house bisa jadi pilihan, untuk kamu yang gak ingin menyewa tempat dengan kontrak selama setahun atau lebih. Biasanya Gaijin sudah dilengkapi dengan barang-barang dan fasilitas yang bisa langsung digunakan, seperti dapur dan perabotan. Biasanya bagi pelajar atau mahasiswa, mereka lebih memilih untuk tinggal di Gaijin, yang kurang lebih sama seperti nge-kost kalau di Indonesia.

4. Berteman dengan tetangga sekitar

Bersosialisasi dengan tetangga (Sumber: thriftynomads)

Bersosialisasi dengan tetangga (Sumber: thriftynomads)

Hal ini penting juga loh! Kamu harus tau siapa tetanggamu dan ada bangunan apa aja di sekitar apartemen itu. Kalau kamu bisa berhubungan baik dengan tetangga sekitar, siapa tau kamu bisa meminta bantuan mereka kalau terjadi apa-apa di tempat tinggal kamu nanti. Yuk, silahturami dengan tetangga.

Dan yang terakhir, jangan lupa untuk tahu tentang latar belakang atau sejarah bangunan tempat tinggal kamu ya! Jangan sampai kejadian seperti cerita Yushi Inaba yang tinggal dengan para monster dan hantu. Hii~

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Sumber: telegraph

Gawat! Pahlawan Wannacry ini Terancam 40 Tahun Penjara

Masih ingat dengan Marcus Hutchins? Pahlawan Wannacry yang waktu lalu disanjung-sanjung akibat berhasil 'membunuh' virus.. more

Kok CIAYO Comics Main Tenis Terus?

Buat bro sis yang sering mampir dan baca CIAYO Comics, mungkin ngerasa akhir-akhir ini komik digital Indonesia ini main .. more

Dragon Capital Centre Mengumumkan Logo Baru CIAYO Corp

PT Dragon Capital Centre mengumumkan logo baru yaitu "CIAYO Corp" sebagai bagian dari strategi korporat dalam mengembang.. more

meme desktop

Ketika Meme Terus Berputar di Kepala

Fenomena earworm seperti terjadi pada lebih dari 90% orang. Biasanya objek earworm adalah lagu-lagu pop yang populer dan.. more

Melinie: Cheers! (CIAYO Pictures)

Melinnie Angela Memberi Warna Pada Chammyland

Meski udah suka bikin komik dari kecil, Melinnie Angela belum pernah menggeluti dunia komik secara profesional. Chammyla.. more