Tips Membuat Komik Sederhana ala Komikus Wonder Sweet

2 weeks ago
00-wonder-sweet-komik-sederhana

Industri kreatif mulai menapaki popularitasnya dalam satu dekade ini. Kemudahan akses internet membuat banyak produk industri kreatif semakin mudah diakses, salah satunya adalah komik. Masuk dalam kategori produk yang paling mudah untuk disebar, mulai dari media sosial hingga berbagai aplikasi komik online, komik merupakan sarana hiburan yang populer bagi para kaum muda saat ini.

Para komikus Indonesia pun mulai menunjukkan taji. Mulai dari gambar yang detail hingga aspek cerita yang berkarakter kuat menjadi modal bagi para komikus Indonesia dalam menancapkan kukunya di kancah industry kreatif. Hal itu pun menimbulkan ketertarikan bagi para pemula untuk memulai terjun di kancah perkomikan. Namun, tidak semudah yang dibayangkan. Masih ada pula yang bingung harus memulai dari mana.

Di sela-sela kesibukannya, Johanes menyempatkan diri membuat Wonder Sweet (Sumber: CIAYO Pictures)

Di sela-sela kesibukannya, Johanes menyempatkan diri membuat Wonder Sweet (Sumber: CIAYO Pictures)

Johanes Park—komikus Wonder Sweet—berbagi cara membuat komik sederhana yang bisa dijadikan acuan bagi para pemula. Komikus yang juga sibuk mengajar di sebuah kampus swasta di bilangan Jakarta Barat ini menggunakan acuan komik 4 koma Wonder Sweet yang pernah dipublikasikan di laman media sosialnya. “Kalau baru memulai, langkah pertama dalam membuat komik baiknya dengan format 4koma, supaya nanti bisa lebih mudah dalam mengembangkan dan menyelesaikannya.” Ujarnya.

Tips Membuat Komik Sederhana ala Author Wonder Sweet

Langkah Pertama: Ide Cerita

Tentukan cerita apa yang mau ditulis dan disampaikan kepada pembaca. Johanes berpendapat, jika ingin ide cerita lebih membekas di hati pembaca, komikus harus menghindari untuk menggunakan tema yang sedang tren di kalangan masyarakat. “Jika kita menggunakan yang sedang tren saat ini saja, setahun atau dua tahun lagi, cerita ini tidak akan laku lagi di kalangan masyarakat.”

Wonder Sweet punya konsep anti mainstream karena mengangkat bertema magical girl (Sumber: CIAYO Pictures)

Wonder Sweet punya konsep anti mainstream karena mengangkat bertema magical girl (Sumber: CIAYO Pictures)

Mulai dari genre, komikus bisa menentukan terlebih dahulu. Bisa dengan satu genre ataupun penggabungan dari beberapa genre yang ada, seperti Horror Comedy, Psychological Thriller, ataupun Romance Fantasy. Ingat, komikus harus menyukai genre yang akan dibawakannya supaya tidak berhenti di tengah jalan lantaran tidak mood dan semacamnya. Dalam membuat komik Wonder Sweet, Johanes tidak sendirian. Dia dibantu oleh Jessica dalam pembuatan ceritanya. Sehingga keduanya bisa saling bertukar pikiran dan pendapat mengenai ide dan alur ceritanya.

Cerita juga harus disesuaikan dengan kultur yang sudah ada. Misal, komikus ingin membuat cerita vulgar di Indonesia. Mungkin bisa, tetapi sulit karena bertentangan dengan norma yang ada. Jadi, harus sesuai dengan lokasi penayangan komiknya. Jika ingin membuat yang vulgar seperti genre mature, boys love, atau girls love. “Ide lebih baik jika diambil dari pengalaman pribadi supaya lebih menjiwai.” Ungkap Johanes.

Langkah kedua: Penggambaran Karakter

Dari segi karakter, komikus tidak perlu terpaku untuk membuat karakter yang mainstream. Karakter yang memiliki ciri khas tersendiri akan lebih mudah dikenali oleh pembaca. “Contoh dari komik Wonder Sweet, Gula itu memiliki rambut berwarna pink dengan ada rambut ahoge (rambut yang mencuat) sementara Sally memiliki kepangan berbentuk spiral. Kalau menggunakan karakter dengan ciri-ciri biasa seperti rambut poni, belah samping, dan semacamnya, sosok karakter kurang membekas di hati pembaca.”

Wonder Sweet (Sumber: CIAYO Comics)

Wonder Sweet (Sumber: CIAYO Comics)

Ciri khas itu bukan gambar yang bagus, tapi gambar yang berkarakter. “Terkadang kita melihat di media sosial, ada gambar yang sebenarnya biasa saja tapi kok terkenal? Nggak ada yang kebetulan terkenal, semua orang memiliki formulanya masing-masing. Walaupun karakternya jelek, tapi kalau memiliki ciri khas, orang akan ingat. Di sini, penggabungan antara genre cerita yang akan dibuat dengan cara menggambar karakter bisa ditentukan. Misal, ingin membawakan dark joke berarti gambar nggak boleh terlalu serius dengan adegan gore dan semacamnya. Gambar harus simpel supaya jokes bisa tersampaikan. Jadi, cerita dan gambar harus sesuai. Komikus harus memiliki formula tersendiri supaya komik lebih dikenal orang.”

Baca Juga: Gula Comic – Sajikan Pesan Berwarna Dalam Komik Wonder Sweet

Langkah Ketiga: Sketsa

Sketsa kasar dari 4koma Wonder Sweet (Sumber: Gula Comic)

Sketsa kasar dari 4koma Wonder Sweet (Sumber: Gula Comic)

Sketsa atau yang biasa disebut dengan name merupakan langkah awal dalam menuangkan ide ke bentuk gambar. Dalam 4koma, panel biasanya berbentuk bujursangkar sejumlah 4 buah dengan besar yang sama, tetapi komikus bisa memodifikasi sesuai kebutuhan cerita. “Penggambaran adegan dalam sketsa harus jelas. Dalam contoh sketsa di atas, panel pertama menggambarkan adegan Gula sedang digendong. Kemudian letak balon dialog harus ditentukan agar pembaca bisa membaca dengan urutan yang tepat, misalkan membaca dari kiri ke kanan.”

Langkah Keempat: Memperhalus

Memperhalus gambar sehingga karakter lebih jelas (Sumber: Gula Comic)

Memperhalus gambar sehingga karakter lebih jelas (Sumber: Gula Comic)

Jika sketsa masih berbentuk kasar dan belum terlalu jelas bentuknya, maka butuh diperhalus agar terlihat bentuk karakternya. “Sketsa yang awalnya masih coretan-coretan butuh proses refine, atau bisa juga disebut dengan clean sketch. Gambar karakter dan adegan sudah benar-benar terlihat jelas.”

Langkah Kelima: Lineart

Lineart harus rapi dan tidak boleh ada garis yang tidak menyatu (Sumber: Gula Comic)

Lineart harus rapi dan tidak boleh ada garis yang tidak menyatu (Sumber: Gula Comic)

Setelah proses clean sketch, komikus bisa merapikan lineart. “Dalam proses lineart, perhatikan semua garis yang tergambar, jangan sampai ada garis putus seperti yang ada di sketsa. Kerapian lineart menentukan hasil akhir gambar. Tebal dan tipisnya garis juga harus diperhatikan. Ada yang harus ditebalkan, ada pula garis yang tidak terlalu tebal.”

Langkah terakhir: Pewarnaan

Pewarnaan dan efek shading (Sumber: Gula Comic)

Pewarnaan dan efek shading (Sumber: Gula Comic)

Lineart yang sudah rapi menentukan keindahan pada saat diwarnai. Jika komikus menggunakan metode manual dengan format komik cetak, bagian ini bernama inking. Perhatikan lineart pada saat inking, jangan sampai ada yang keluar dari lineart. Sedangkan komik berformat online biasanya menggunakan warna supaya lebih indah dan menarik. Bagian ini dinamakan coloring. “Kalau lineart rapi, memudahkan untuk masuk ke tahap coloring.”

Pewarnaan terbagi menjadi base color, shading, dan effect. Kalau komik sederhana biasanya hanya menggunakan base color atau sampai ke shading. Namun, komikus bisa juga menambahkan effect agar komik lebih indah dilihat.

Langkah Opsional: Gambar Latar

Komik sederhana ada yang hanya menggunakan latar dengan satu warna, tidak menggambarkan kondisi dan lokasi para karakternya. Tapi jika komikus ingin menggunakan background, bisa membuatnya dengan sederhana. “Background terbagi dua, yaitu background lingkungan dan background atmosfer.” Pendapatnya. Yang harus diingat, jangan sampai latar belakang justru lebih mencolok daripada karakter ataupun pesan yang akan disampaikan dalam komik.

Konsisten dalam berkarya, jadilah Wonder Sweet (Sumber: CIAYO Pictures)

Konsisten dalam berkarya, jadilah Wonder Sweet (Sumber: CIAYO Pictures)

Johanes sendiri mengungkapkan kalau dirinya membuat komik 4koma bisa sampai tiga hari. Masukan dari timnya, baik dari segi cerita, posisi karakter, ataupun penggambaran yang bisa mengubah hasil akhir menjadi lebih baik lagi. “Saya pernah mendengar ada yang mengatakan kalau sedikit lebih berbeda itu lebih baik daripada sedikit lebih bagus. Itu artinya, karya kita harus terlihat berbeda dengan yang lain agar memiliki keunikan tersendiri.” Tutup Johanes, yang kini juga sedang menggarap Wonder Sweet Season 2, yang katanya bakal lebih seru lagi.

Nah, dari beberapa tahap di atas, kalian sudah sampai mana nih? Atau masih bingung dalam menentukan apa yang mau kalian buat? Jika kalian membutuhkan inspirasi, kalian bisa membaca Wonder Sweet dan berbagai komik berkualitas lainnya yang ada di CIAYO Comics. Siapa tahu, kalian bisa mendapat ide segar dan berbeda dari yang lain. Jangan lupa submit komik kalian ke CIAYO Comics ya. Kesempatan menjadi komikus official CIAYO melalui jalur submisi hanya sampai 31 Desember 2018 lho.

Banner Komik Slice of Life

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

COPi Bandung Hadirkan Parade One Piece di Setiap Event Jejepangan

Bro sis yang demen sama cosplay, pernah denger COPi Bandung belum? CIAYO Blog sempet ketemu sama salah satu komunitas co.. more

00-d-indienesia-bundle

Sambut Hari Game Indonesia, Developer Lokal Rilis Indienesia Bundle

Asosiasi Game Indonesia merilis Indienesia Bundle untuk rayakan Hari Game Indonesia 2018. 5 game lokal bisa didapat deng.. more

00 pong mobile

Punya Style Berkarya Sendiri? Jangan Minder!

Kurang pede dengan karya bro sis sendiri? Pesimis bisa bersaing dengan karya lain di industri kreatif yang udah mainstre.. more

alien-desktop

7 Ras Alien Paling Mengerikan di Komik dan Manga

Di komik amerika mau pun manga buatan jepang yang bergenre fiksi ilmiah sering kali kita temui mahkluk yang berasal dari.. more

sumber: cinepop.com.br

8 Film Pilihan Di Bulan April, Dari Kawanan Super Hero Sampai Adaptasi Video Game

Kira-kira ada film apa saja di bulan April ini, ya?.. more