Ingin Jadi Author Sukses? Ikuti Tips Berikut Ini!

4 weeks ago
00-d-author-sukses

Setiap author pasti pernah merasakan hal ini. “Apa yang ngebedain komik aku dengan komik yang sukses?” “Kenapa si A lebih cepat jadi author sukses dibanding aku?” “Si B ngomik lebih belakangan dari aku, tapi kenapa dia yang duluan jadi official?”

Menjadi seorang author sukses butuh proses yang panjang dan nggak mudah. Butuh proses belajar bertahun-tahun agar bisa mendapatkan pengalaman dan skill yang mumpuni. Namun selain mendalami skill, seorang author juga harus belajar meningkatkan hal-hal non teknis di luar membuat komik. Author juga harus visioner dan mampu membaca potensi dari komiknya sendiri.

Kalau begitu, apa rahasia menjadi seorang author sukses? Berikut adalah tips-tips yang bisa kamu ikuti.

Tips Menjadi Author Sukses

Jangan Ngomik Untuk Bikin Komik Saja!

author sukses

Sumber: The Jakarta Post

Menggambar komik adalah sarana media yang cukup efisien dan efektif untuk menciptakan IP (kekayaan intelektual), yaitu merek judul, konsep, narasi dan cerita, karakter, ornamen pendukung karakter dan narasi untuk dijual, yang harus didaftarkan hak ciptanya. Jadi saat kamu membuat komik, kamu juga membuat sebuah IP yang bisa dilebarkan menjadi berbagai produk turunan.

Dalam menciptakan IP, kamu bisa gunakan teknik ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). ATM dibolehkan, namun tolong perhatikan batasan-batasannya agar jangan sampai terjadi plagiarisme. Intinya, jangan takut untuk mencoba menciptakan IP sendiri, yang diisi dengan ide dan gagasan kamu sendiri. Jika kamu mau ngomik hanya untuk bikin komik saja, mungkin membuat studio/production house yang menyediakan jasa ngomik lebih cocok untuk kamu.

Baca Juga: Tips dan Trik Merancang Intellectual Property (IP) Yang Bagus

Fokus di Satu IP yang Paling Oke

Sumber: GHOSTY's Comics

Sumber: GHOSTY’s Comics

Kalau kamu belum punya IP yang oke, ada baiknya kamu mulai mengembangkannya dari sekarang. Cari ide yang menurut kamu oke, kemudian kembangkan dunia dari IP itu perlahan-lahan. Kamu bisa mulai dengan membuat satu komik dari ide sederhana itu. Kemudian setelah komik kamu berjalan lama, kamu bisa kembangkan dengan berbagai material baru jika sanggup. Entah itu prekuel, sekuel, spinoff, dan lain-lain sehingga IP kamu memiliki dunia yang besar.

Membuat sekuel, spinoff dan teman-temannya termasuk membuat produk turunan dari IP kamu. Semakin besar, IP kamu bisa menjadi sebuah franchise yang menguntungkan. Kamu bisa membuat merchandise hingga adaptasi ke bentuk lain seperti lagu, animasi, serial TV, film, webseries, dan masih banyak lagi.

Mari kita lihat contoh berbagai IP lokal dan internasional yang sukses. Si Juki tentu jangan ditanya, coba hitung ada berapa komik dan yang sudah dirilis Juki. Belum termasuk webseries, mainan, hingga film layar lebar. Dalam lingkup lebih kecil, GHOSTY’s Comics yang bermula dari webcomic kini melebar ke buku cetak hingga bisnis apparel. Di luar negeri ada Harry Potter dengan lore yang dalam dan terbuka, Star Wars yang diperlebar dengan trilogi prekuel dan sekuel, dan masih banyak lagi.

Jika kamu memiliki tenaga dan sumber daya terbatas, fokus di satu IP yang paling menjanjikan adalah keputusan yang terbaik. Selain karena menjamin kematangan IP yang kamu pilih untuk dikembangkan, kamu juga ingin memfokuskan semua perhatian kamu ke IP tersebut. Butuh komitmen untuk bisa membagi-bagi perhatian antara lebih dari satu IP. Jika salah langkah, salah satu IP kamu bisa terlantar. Karena itu, fokus saja pada kesempatan yang ada di depan mata.

Tanamkan Kualitas Pribadi yang Unggul

Sumber: Renohe

Sumber: Renohe

Terakhir, rasanya percuma saja jika kita punya karya dan IP yang keren banget, tapi tidak diimbangi dengan kualitas pribadi yang sama kerennya. Ada banyak sekali author yang terjebak dalam perangkap ini. Sifat-sifat tidak terpujinya justru jauh lebih menonjol dibandingkan karyanya sendiri. Kita tidak mau hal ini terjadi.

Karena itu seorang author sukses harus memiliki attitude yang sangat baik. Untuk mencapai attitude baik tersebut, author harus memiliki 9 sifat yang bisa diformulasikan sebagai 3I+3B+3K.

  1. 3I (inovasi, inisiatif, independensi) – Sifat ini menitikberatkan pada kemampuan author dalam mengambil kesempatan. Seorang author harus mampu menciptakan inovasi dalam karyanya. Hal ini harus didukung dengan inisiatif yang baik, berani mengambil kesempatan sedini mungkin. Author juga harus mampu menopang dirinya sendiri dalam menciptakan inovasi tersebut. Independensi sangat penting karena ketika ada masalah di beberapa hal, author mampu bangkit dengan kekuatannya sendiri.
  2. 3B (belajar, berlatih, berkarya) – Sifat ini menitikberatkan pada kemampuan author dalam mengembangkan kemampuan dirinya sendiri. Setiap author tidak boleh berhenti untuk belajar untuk mengembangkan skill dan memperluas wawasan. Hasil belajar tersebut kemudian dimantapkan dengan berlatih sampai menemukan kesempurnaan. Berkarya menjadi ajang pembuktian dari proses belajar dan berlatih. Apa artinya sebuah ilmu jika tidak diaplikasikan dan dibagikan?
  3. 3K (komitmen, konsistensi, kedisiplinan) – Sifat ini menitikberatkan pada cara pandang author dalam mengerjakan karyanya. Seorang author harus memiliki komitmen tinggi, dengan terus memperjuangkan karyanya hingga titik akhir. Konsistensi juga penting karena author harus menjaga kualitas karya apapun kondisi yang ia alami. Semua itu tidak mungkin terwujud tanpa kedisiplinan yang tinggi. Jika seorang author tidak disiplin, sifat-sifat di atas tidak akan terwujud dalam dirinya.

Baca Juga: Hati-hati, Attitude Jelek Bisa Menghancurkan Karir Berkarya!


Itu dia beberapa tips yang bisa kamu anut untuk jadi author sukses. Semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu kamu menciptakan karya yang lebih oke lagi. Kalau sudah makin pede, jangan ragu untuk submit komik kamu ke platform web komik gratis CIAYO Comics, entah itu lewat submisi reguler maupun melalui challenge!

About Author

Borton

Borton

He's the crazy brain behind all of these. He pushes and makes us believe that there is nothing we can’t do. He is an optimist who makes us believe that this team can create and invent great things to serve and enhance the way people live their life. His vision paving the long road we take in this journey. His experiences makes us aware of every obstacles ahead. His presence in this team is so important as our friend and leader who always eat last and makes us feel secure to take every risk. He loves to write fiction story and also the writer of Fourger Inc on CIAYO Comics.

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: newegg.com

AMD akan Meningkatkan Produksi Graphic Card untuk Mengatasi Kelangkaan Akibat Cryptomining Seperti Bitcoin

Situasinya mungkin tidak terasa oleh publik (jika dibandingkan misalnya dengan kelangkaan bahan makanan pokok) tapi kela.. more

Sumber: variety.com

Review Film Loveless: Pudarnya Seorang Anak Akibat Rasa Sakit yang Dicipta Orangtuanya

“Loveless” bergerak dalam tema yang tidak jauh dari film-film Andrey lainnya. Hanya saja kali ini suasana yang diban.. more

Istilah Komik Dari Berbagai Belahan Dunia

Mau tahu istilah komik yang macem-macem dan aneh-aneh dari berbagai bahasa di dunia? Baca artikel ini!.. more

00-d-darksiders-four-horsemen-of-apocalypse

Siapa Sih Four Horsemen of Apocalypse Dari Game Darksiders?

Darksiders Four Horsemen of Apocalypse menjadi tokoh sentral dalam game tersebut. Empat penunggang kuda ini menjadi pemb.. more

00-d-vandaria-mini-series-challenge

Vandaria Mini Series Challenge: Kompetisi Komik Vandaria Saga X CIAYO Comics!

Vandaria dan CIAYO Comics mengadakan Vandaria Mini Series Challenge. Bentuk tim komikmu dan ciptakan komik dari dunia Va.. more