Tips dan Trik Merancang Intellectual Property (IP) Yang Bagus

3 months ago
00-d-intellectual-property

Apa rahasia kesuksesan serial komik besar seperti Naruto, One Piece, dan lainnya? Ternyata para author komik tersebut nggak sekedar menggambar komik aja. Dalam prosesnya, mereka sekaligus menciptakan sebuah universe dengan potensi yang sangat besar. Pada akhirnya, para author ini nggak menjual komiknya, namun sebenarnya mereka tengah menjual IP.

Apa sih IP itu? IP adalah singkatan dari Intellectual Property, alias kekayaan intelektual. IP tidak berwujud fisik, melainkan merupakan gagasan atau ide original buatan seorang author yang dapat ditransofmasikan menjadi produk jadi.

Sumber: IGN

Sumber: IGN

Masih bingung? Mari ambil contoh One Piece misalnya. Sebenarnya yang dijual oleh One Piece bukanlah komik karangan Eichiro Oda saja. Oda menjual IP-nya, yaitu petualangan kelompok bajak laut topi jerami mengarungi dunia yang terus melebar cakupannya. Karena sifatnya yang terus melebar dan terbuka, kisah One Piece dapat dibuat ke dalam berbagai macam produk tanpa mengusik konsep awalnya. Komik, anime, game, action figure, boneka, merchandise, dan barang-barang lainnya, merupakan medium bagi Oda untuk menjual gagasannya.

Jadi, kita sudah sepakat bahwa ngomik itu nggak sekedar untuk ngomik saja, namun harus ngomik untuk membuat IP yang bagus. Pertanyaannya, bagaimana cara membuat IP yang bagus?

Baca Juga: Belum Mengerti Tentang Intellectual Property? Itu Tandanya Kamu Harus Kenalan Lebih Dekat!

Cara Mengembangkan Intellectual Property Yang Bagus

1. Riset Kebutuhan Pasar

Sumber: SuperMOM Mitali

Sumber: SuperMOM Mitali

Hal paling penting dalam merancang sebuah intellectual property adalah ketahuilah siapa target konsumen kamu. Hal ini sangat penting untuk memaksimalkan respon serta feedback dari pembaca. Pun penting pula untuk mencari penikmat yang bisa langsung tertarik dengan IP kamu dalam satu kali lirikan mata.

Dalam dunia perkomikan lokal, saat ini memang komik genre romance dan horror sangat diminati di Indonesia. Sementara itu, kebutuhan pasar akan genre-genre lain biasanya sudah diisi oleh IP-IP dari mancanegara. Namun jangan kuatir! Untuk mengatasinya, kamu harus kenal dengan fanbase-mu. Dengarkan apa yang mereka inginkan dari IP kamu. Setiap genre memiliki fanbase, demografi dan buying power yang berbeda.

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Mari kita ambil contoh komik Si Juki & Mang Awung besutan Pionicon. Walaupun bermain di genre komedi, namun Si Juki memiliki fanbase loyal dari kalangan anak sekolahan dan konsep yang cukup solid.

Lain lagi dengan Komplek Tanpa Faedah besutan Jonbrayy, yang memiliki loyal fanbase pekerja kantoran yang sudah penat dengan pekerjaan sehari-hari. Biasanya sepulang kantor mereka langsung membaca Komplek Tanpa Faedah.

Ada lagi Soul of Neko besutan Amsal Samuel yang meremix genre action, romance dan comedy dengan cara yang killer habis; sehingga berhasil meraup irisan kue dari ketiga genre tersebut.

Sumber: Vebma

Sumber: Vebma

Ketiga komik tersebut bisa kamu baca di CIAYO Comics, platform web komik gratis di Indonesia. Saat ini CIAYO Comics memang ‘masih kalah’ trafficnya secara kuantitatif dengan beberapa platform luar negeri. Namun secara kualitatif, CIAYO Comics memiliki tingkat loyalitas, tingkat konversi ekonomi, tingkat demografi, retensi dan traksi yang jauh lebih tinggi.

Situasi positif ini sudah dicium oleh author-author yang mampu memanfaatkan situasi tersebut, sehingga ketika produknya dijual dengan ‘kompetitif’ di CIAYO Comics, semua menganggap hal tersebut wajar. Bahkan comment section di platform komik merah-putih ini pun tergolong aman, tenteram dan damai karena key opinion leader (KOL) di CIAYO Comics dipegang oleh golongan fanbase yang ‘lebih matang.’

Lalu apa artinya semua itu dalam meriset kebutuhan pasar? Kuantitas memang penting, namun kualitaslah yang paling menentukan. Tak apa-apa jika komik kamu belum mampu menjaring banyak fans, tetapi jika kamu bisa memanfaatkan apa yang ada, kamu bisa membuat mereka sangat loyal dan setia. Inilah yang paling penting dalam membangun sebuah fanbase.

2. Buat Kerangka Terlebih Dahulu

Sumber: PolicyViz

Sumber: PolicyViz

Jika kamu sudah tahu siapa pembaca yang ingin kamu sasar, kamu sudah bisa menciptakan konsep yang sesuai dengan target tersebut. Cari premis, logline, plot, serta cerita yang menarik dan orisinil sebelum membuat karakter dari komik kamu.

Kebanyakan intellectual property Indonesia gagal dalam menciptakan kerangka yang solid. Ciri khas kebanyakan IP lokal adalah memiliki visual yang bagus, namun kurang matang di konsep, cerita dan artikulasi dialog. All style, no substance.

Jika author kesulitan dalam menciptakan kerangka cerita yang bagus untuk komiknya, jangan ragu untuk berkolaborasi! Kamu bisa mencoba bekerja sama dengan berbagai penulis cerita yang punya skillset oke dalam merancang konsep cerita. Dengan penulis yang baik, maka jalan cerita dan plot dalam komik akan lebih paripurna.

Kamu bisa mencari penulis di berbagai tempat. Kamu bisa temukan orangnya dengan membaca langsung karya mereka di Wattpad atau kanal lain. Kamu juga bisa masuk ke dalam grup author atau penulis, misalnya grup WA Author Indonesia.

3. Rancang Potensi Komersial

Sumber: Pazu-SS

Sumber: Pazu-SS

Kamu sudah punya target pembaca yang ingin disasar. Cerita dan visualnya pun sudah disiapkan sematang-matangnya. Tapi, apakah intellectual property kamu sudah siap buat dipasarkan?

Suka nggak suka, merancang IP yang bagus harus pula bicara tentang potensi komersialnya. Hal ini maksudnya adalah dengan memperkirakan apakah IP bisa memberikan satu keuntungan atau lebih jika dibuat produk turunannya. Untuk mencari tahu apakah IP kamu punya potensi komersial, coba jawab pertanyaan berikut ini.

  • Apakah IP komik kamu jika dijadikan komoditi (seperti merchandise & licensed products) akan dilahap oleh pasar?
  • Apakah IP komik kamu bagus untuk dijadikan serial animasi 2D/3D/live action/web series yang bisa ditayangkan di televisi atau diangkat ke layar lebar?
  • Apakah IP komik kamu cocok untuk dijadikan game mobile/konsol/Steam/board game, dan lain-lain?

Jika jawabannya adalah YA, maka IP komik kamu punya potensi komersial yang bagus. Jika sebaliknya, maka kamu mungkin harus memikirkan cara untuk mengakomodir hal tersebut. Mengapa demikian? Semua ini harus dipikirkan demi kemaslahatan kamu ke depannya, karena pendapatan utama IP kamu akan berasal dari produk-produk turunan ini!

4. Jaga Image dan Nama Baik

Sumber: Billboard

Sumber: Billboard

Beberapa kali kita mendengar kabar tidak mengenakkan tentang author yang tidak melanjutkan karyanya karena masalah pribadi, masalah sepele, hingga membuat kegaduhan di kalangan fans. Contoh yang saat ini masih ramai dibicarakan adalah kepergian James Gunn dari kursi sutradara film Guardians of the Galaxy karena postingan lamanya di Twitter yang cukup pedas.

Bagaimana caranya agar kita terhindar dari masalah serupa?

Pertama, kamu harus menjalin hubungan yang baik di dunia maya. Buat fans engage, engage dan terus engage dengan intellectual property kamu. Hindari postingan berita politik atau SARA yang tidak penting. Kurangi hate speech dan shitposting. Jadilah orang yang kreatif dalam mengemas opini dan menghibur fanbasemu.

Kemudian jalin hubungan yang baik di dunia nyata. Tegur sapa fanbase-mu. Buat meet and greet kecil-kecilan dengan mereka. Jangan buat mereka kecewa dan marah, misalnya ingkar janji dan slow response. Ini akan berakibat fatal dan bisa berakibat kamu beserta IP mu tidak akan dipercaya lagi.

Baca Juga: Hati-hati, Attitude Jelek Bisa Menghancurkan Karir Berkarya!

5. Bina Hubungan Baik Dengan Rekan Bisnis

intellectual property

Sumber: Wikihow

Jika berbicara tentang bisnis komersil, tentu nggak hanya berhubungan dengan fans serta jual-menjualnya. Hubungan dengan rekan bisnis yang mewujudkan hal tersebut juga sangat penting.

Siapa saja yang termasuk dalam rekan bisnis ini? Banyak banget! Platform distribusi komik termasuk rekan bisnis. Editor yang menaungi intellectual property komik kamu juga termasuk rekan bisnis. Agensi, studio, rumah produksi, IP management, vendor produksi, juga termasuk rekan bisnis. Pihak-pihak eksternal yang terlibat mengembangkan IP kamu adalah rekan bisnis.

Setiap pihak memiliki sifat dan goal yang berbeda-beda. Meski mereka memiliki andil dalam memajukan IP kamu, perlu diperhatikan bahwa pada akhirnya mereka juga punya tujuannya masing-masing yang ingin dicapai. Alasan kenapa mereka mau bekerja sama dengan IP kamu adalah karena mereka juga bisa mendapatkan manfaat dari kerja sama tersebut. Masalahnya, jika kamu sudah bersebrangan jalan dengan mereka, mereka tak akan segan untuk memutus hubungan atau bahkan mempersulit perkembangan IP kamu!

Inilah pentingnya menjaga hubungan baik dengan sesama rekan bisnis. Jaringan dan keahlian mereka sangat penting dalam membentuk IP-mu menjadi IP yang siap untuk dijadikan bisnis komersil yang menggiurkan dan menghasilkan. Jangan lupa untuk engage dengan partner yang satu visi dan misi denganmu, karena mereka bisa jadi teman setia kamu.

Meski demikian, kamu tidak bisa memuaskan semua orang. Sayangi lawanmu, kenali musuhmu, dan selami pikiran mereka. Sah-sah saja bersaing, tapi jangan sampai bermusuhan. Bertemanlah dengan wajar, tapi tetap bersaing dengan sehat. Pelajari kelemahan mereka untuk membuat IP kamu lebih baik lagi.


Itu dia beberapa tips untuk mengembangkan intellectual property yang bagus, dan semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk bagikan dengan teman-teman author yang lain!

About Author

Borton

Borton

He's the crazy brain behind all of these. He pushes and makes us believe that there is nothing we can’t do. He is an optimist who makes us believe that this team can create and invent great things to serve and enhance the way people live their life. His vision paving the long road we take in this journey. His experiences makes us aware of every obstacles ahead. His presence in this team is so important as our friend and leader who always eat last and makes us feel secure to take every risk. He loves to write fiction story and also the writer of Fourger Inc on CIAYO Comics.

Comments

Most
Popular

Sumber: twitter.com

Bandung Strip Art, Komunitas Komikstrip Punya Bandung

Kalau ngomongin soal Bandung pasti langsung teringat sama makanannya. Tapi ternyata Bandung gak hanya punya itu saja, ad.. more

Sumber : CIAYO Comics

Wendigo, Perjalanan Reuni yang Berakhir Bencana

Gimana rasanya kalau perjalanan bareng teman-teman malah menjadi menyeramkan? Kayak di komik Wendigo ini. .. more

00-d-menjaga-kesehatan

Jadi Komikus Bukan Alasan Untuk Tidak Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan tubuh jadi kewajiban semua orang, termasuk author komik dan pelaku industri kreatif lainnya... more

CIAYO Comics

Komikman, Komik Terabsurd 2017

Kalau ada penghargaan komik terabsurd, mungkin Komikman bisa jadi salah satu nominasinya atau malah pemenangnya. Gimana .. more