Trailer Film Annihilation yang Menegangkan Ini Wajib Ditonton!

12 months ago
Film fiksi ilmiah dari novel terbaru. Sumber gambar: youtube.com

Banyak film-film science fiction alias film fiksi ilmiah yang berasal dari novel sci-fi sukses. Seperti misalnya “Jurassic Park”. Tahukah bro sis, kalau film Jurassic Park berasal dari sebuah novel fiksi ilmiah? Film yang menggambarkan percobaan menghidupkan kembali dinosaurus dari era Jurassic di era modern tersebut sukses besar dan menjadi franchise. Film tersebut merupakan adaptasi dari novel fiksi ilmiah “Jurassic Park” karangan Michael Crichton. Baik novel maupun film Jurassic Park sukses besar di pasaran dan menjadi franchise penting saat ini.

Novel best seller populer. Sumber gambar: wordsarework.com

Novel best seller populer. Sumber gambar: wordsarework.com

Film “Annihilation” termasuk dalam kategori yang sama. Film fiksi ilmiah yang berasal/terinspirasi dari novel berjudul sama karangan Jeff VanderMeer.

Novel fiksi ilmiah seru. Sumber gambar: wikipedia.org

Novel fiksi ilmiah seru. Sumber gambar: wikipedia.org

Novel Annihilation merupakan buku pertama dari trilogi buku bertajuk “Southern Reach Trilogy”. Annihilation menceritakan kisah team yang terdiri dari empat orang wanita yang masing-masing menyandang job/skill spesifik. Ke-empatnya terdiri dari ahli biologi/Biologist, ahli antropologi/Anthropologist, ahli psikologi/Psychologist dan ahli survey lapangan/Surveyor dimana mereka dikirim ke sebuah daerah yang disebut sebagai “Area X”. Area X sendiri merupakan daerah yang sudah ditinggalkan peradaban manusia dan tidak lagi berpenghuni. Ke-empatnya merupakan team ekspedisi ke-12. Team-team sebelumnya semua mengalami kondisi buruk, seperti menghilang di Area X, tendensi bunuh diri, kanker ganas, ataupun trauma berat.

Yang unik dari novel Annihilation ini adalah para tokoh utama tadi (4 orang wanita) tidak diberikan nama oleh VanderMeer, sehingga pembaca hanya mengenali mereka berdasarkan profesi/skill yang mereka miliki. Alur cerita mengikuti narasi dan catatan jurnal lapangan dari ahli biologi/Biologist. Suami dari Biologist merupakan anggota team ekspedisi ke-11 yang bisa kembali dari Area X, namun kini dalam kondisi sekarat karena penyakit kanker yang tidak diketahui penyebab maupun cara menyembuhkannya.

Novel Annihilation yang terbit tahun 2014 tersebut sukses di pasaran serta menyabet beberapa penghargaan literatur, seperti Shirley Jackson Award 2014 untuk kategori Best Novel dan Nebula Award 2015 di kategori yang sama.

Jeff VanderMeer. Pengarang novel fiksi ilmiah sukses. Sumber gambar: rawstory.com

Jeff VanderMeer. Pengarang novel fiksi ilmiah sukses. Sumber gambar: rawstory.com

Film Anihilation memiliki plot dan alur mirip dengan novel, namun mengalami beberapa modifikasi seperti pemberian nama “Lena” untuk karakter Biologist dan “Anya Thorensen” untuk karakter Anthropologist. Sutradara film science fiction lainnya (Ex Machina), Alex Garland, dipilih untuk membuat film yang akan di distribusikan oleh Paramount Pictures untuk wilayah Amerika dan Inggris serta Netflix untuk wilayah lainnya.

Sutradara Alex Garland (baju hitam). Sumber gambar: theverge.com

Sutradara Alex Garland (baju hitam). Sumber gambar: theverge.com

Dari trailer yang sudah dirilis di YouTube, terlihat kalau film Annihilation ini cukup berhasil menampilkan kesan menegangkan seperti yang dirasakan di novelnya VanderMeer. Seperti bagaimana tampilan “Area X” yang terkesan damai dan eksotis namun misterius dan menyimpan potensi bahaya yang besar berhasil ditampilan Garland sebagai sutradara.

Area X yang misterius. Sumber gambar: youtube.com

Area X yang misterius. Sumber gambar: youtube.com

Deretan makhluk dan monster juga terlihat keren dan terasa berbahaya. Akting dari aktris Natalie Portman, yang juga pernah berperan sebagai love interest-nya Anakin Skywalker di Prequel Trilogy Star Wars  , juga terlihat oke di trailer tersebut.

“Jadi kamu serius mau pasang behel?” Sumber gambar: youtube.com

“Jadi kamu serius mau pasang behel?” Sumber gambar: youtube.com

“Sikat gigi dulu tho, mas….” Sumber gambar: youtube.com

“Sikat gigi dulu tho, mas….” Sumber gambar: youtube.com

Film fiksi ilmiah yang akan menyerbu bioskop mulai February 2018. Sumber gambar: youtube.com

Film fiksi ilmiah yang akan menyerbu bioskop mulai February 2018. Sumber gambar: youtube.com

Saat ini belum lagi diketahui apa-apa saja yang berubah/berbeda antara novel dengan film Annihilation selain Biologist dan Anthropologist yang kini memiliki nama Lena dan Anya. Untuk kepastiannya tentu harus menunggu hingga film itu diputar di bioskop-bioskop dunia mulai 23 Februari 2018 nanti.

Tapi ada rumor yang mengatakan saat screening film sebelum finalisasi, salah satu produser film ini yang bernama David Ellison mengeluh karena merasa film Annihilation ini “terlalu rumit” atau “terlalu intelek” dan meminta agar dibuat beberapa perubahan termasuk ending yang diganti. Sementara produser lainnya, Scott Rudin, menolak ide Ellison. Hal ini mengingatkan akan Kevin Tsujihara, yang katannya adalah penyebab rusaknya film-film DCEU keluaran Warner Bros Studio . Semoga saja apa yang terjadi di DCEU tidak terjadi di film Annihilation ini. Karena film fiksi ilmiah memang seharusnya punya rasa “rumit dan intelek” demi memancing rasa ingin tahu seseorang.

Scott Rudin (kiri) dan David Ellison (kanan). Sumber gambar: hollywoodreporter.com

Scott Rudin (kiri) dan David Ellison (kanan). Sumber gambar: hollywoodreporter.com

Menurut bro sis sendiri gimana? Bisa komen di bawah kalau punya pendapat.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

00 ditolak penerbit desktop

Jangan Ngambek! Ini Alasan Kenapa Karyamu Ditolak Penerbit!

Bro sis pernah mengirim novel atau komik terus ditolak penerbit? Jangan keburu marah, soalnya penerbit punya alsannya se.. more

Sumber gambar: himi.wpblog.jp

[Museum Ninja Hattori] Kampung Halaman Pencipta Ninja Hattori Kini Jadi Pusat Wisata!

Jadi mangaka “Fujiko Fujio” adalah sebuah team yang terdiri dari dua orang berbeda dan menghasilkan karya-karya yang.. more

Review The Escape: Pernikahan Yang Melelahkan Dan Menjemukan

Apa yang terjadi saat pernikahan terasa menjemukan? Gemma Artenton dan Dominic Cooper mencari jawabannya di film The Esc.. more

Popcon Asia (Sumber: Popcon Asia)

Semua Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Popcon Asia 2017

Sebagai salah satu festival pop culture terbesar di Indonesia, tahun ini Popcon Asia kembali mengadakan pagelarannya yan.. more

chit-chat-FAIRY-DEMON-&-Diskopantera-desktop

Diskopantera Ajak Fans Nostalgia Disko Era 80-90an

Berawal dari mengisi gig teman, Diskopantera menjadi DJ yang menyuguhkan sensasi disko era 80-90an Indonesia dan luar ne.. more