Trailer Shenmue III Dirilis Dan Reaksi Fans Terbelah

3 months ago
Shenmue III (Sumber: kickstarter)

Akhirnya trailer untuk game Shenmue III sudah dirilis oleh Yu Suzuki di internet beberapa saat yang lalu. Mungkin masih banyak bro sis gamers yang tidak tahu apa itu game “Shenmue”. Ini hal wajar; karena game ini sudah berumur cukup lumayan.

Sedikit sejarah soal “Shenmue”.

Shenmue adalah serial game fenomenal. Game petualangan dan aksi open-world ini diluncurkan tahun 1999 di Jepang untuk console Sega Dreamcast. Shenmue diciptakan, diproduseri dan disutradarai oleh veteran video game, Yu Suzuki.

Shenmue I dan Shenmue II awalnya diproduksi hanya untuk console Sega yang terakhir itu; Sega Dreamcast. Saat Sega mundur dari bisnis hardware video game, banyak game mereka yang pindah ke console lain. Termasuk Shenmue II; yang di-port ke Xbox Microsoft di tahun 2002.

Cover game Shenmue original. Sumber gambar: emuparadise.me

Cover game Shenmue original. Sumber gambar: emuparadise.me

Setelah Shenmue II, serial game ini mengalami hiatus panjang.

Banyak fans yang tidak puas dengan situasi tersebut karena kisah Ryo Hazuki, tokoh utama di Shenmue, sama sekali belum selesai. Masih banyak pertanyaan yang belum terjawab di game Shenmue II yang perlu dijelaskan. Namun Sega sebagai pemilik merk Shenmue tidak menggubris hal tersebut dan membiarkan Shenmue ‘mati suri’ selama bertahun-tahun.

Walau dicuekin oleh publisher, namun Shenmue tetap ‘hidup’ di hati fans. Game ini menjadi ‘cult game’ dan memiliki barisan hardcore fans yang tetap setia menanti kelanjutannya. Bahkan Yu Suzuki sendiri, sebagai kreator asli Shenmue, di berbagai kesempatan selalu menyatakan kalau dia juga ingin dan bersedia melanjutkan game Shenmue yang lama terputus di tengah jalan seperti itu.

Dan keajaiban akhirnya datang dalam bentuk ide “Kickstarter” serta Sony sebagai pemilik merk PlayStation 4. “Kickstarter” adalah sebuah metode ‘arisan dana’ dimana fans dapat membantu proses developing sebuah game yang menggunakan sistem pembiayaan ‘crowd-funding’ ini dengan imbalan mendapatkan versi final/retail dari game yang mereka ‘ikut biayai’ pembuatannya lebih dahulu dibandingkan pembeli biasa. Yu Suzuki memilih menggunakan cara ini untuk membiayai pembuatan game Shenmue III yang sangat ditunggu-tunggu oleh para fans.

Sementara Sony memberikan “panggung” pada Yu Suzuki untuk mengumumkan project terbarunya itu kepada publik.

Hal itu terjadi di event E3 bulan Juni 2015. Saat itu fans di seluruh dunia bersorak gembira saat melihat kemunculan Yu Suzuki di panggung Sony, untuk selanjutnya mengumumkan membuka akun “Kickstarter” untuk pembiayaan pembuatan game Shenmue III. Target dana awal $2 juta langsung terpenuhi kurang dari 8 jam sejak diumumkan. Kickstarter tersebut berakhir Juli 2015 dan menghasilkan total dana $ 6 juta.

Kemunculan Yu Suzuki di panggung Sony. Sumber gambar: egmnow.com

Kemunculan Yu Suzuki di panggung Sony. Sumber gambar: egmnow.com

Setelah seluruh keriuhan tersebut mereda, situasi kembali kalem. Para fans Shenmue kini berharap banyak kalau game kesayangan mereka akan mendapatkan sekuel yang proporsional untuk melanjutkan petualangan Ryo Hazuki memburu pembunuh ayahnya mulai dari Jepang hingga ke Hong Kong dan pegunungan Guilin di daratan China.

Karena lama tidak ada terdengar kabar kelanjutan development dari Shenmue III, para fans dan backers Kickstarter mulai rewel. Dan sepertinya suara keluhan mereka sampai ke telinga Yu Suzuki (yang pastinya sedang sibuk mengerjakan Shenmue III).

Mungkin untuk meredam ‘amuk massa’ fans, maka Yu Suzuki akhirnya mengeluarkan teaser trailer pertama dari game yang sedang mereka kerjakan.

Tanggal 22 Agustus 2017, trailer tersebut muncul di YouTube. Dan reaksi fans akan trailer tersebut terbelah dua di internet.

Shenmue III teaser trailer. Sumber gambar: https://www.youtube.com/watch?v=FnmTwbHC5-k

Shenmue III teaser trailer. Sumber gambar: https://www.youtube.com/watch?v=FnmTwbHC5-k

Kelompok pertama mempertanyakan kualitas ‘facial expression’ yang terlihat kaku seperti boneka kayu, tidak seperti game-game modern masa kini (misalnya game Sega yang sedikit banyak terinspirasi dari Shenmue, yaitu Yakuza). Tampilan Ryo dan Shenhua di trailer tersebut dinilai tidak mencerminkan kualitas game modern, bahkan mirip seperti game lama Shenmue II (yang walaupun tidak jelek tapi untuk standar sekarang terlihat tidak keren).

Model karakter Ryo dan Shenhua di trailer Shenmue III. Sumber gambar: mymbuzz.com

Model karakter Ryo dan Shenhua di trailer Shenmue III. Sumber gambar: mymbuzz.com

Sementara kelompok kedua berargumen, kalau hal itu mungkin disengaja untuk aspek nostalgia. Kelompok ini mengatakan kalau background effects yang ditampilkan di trailer tersebut sangat indah (sesuatu yang juga disetujui kelompok pertama). Jadi rasanya jika developer mau, mereka bisa saja membuat character model di game ini lebih bagus dari yang sekarang ditampilkan dalam trailer.

Ryo dan Shenhua di Shenmue II. Sumber gambar: shenmuemaster.fr

Ryo dan Shenhua di Shenmue II. Sumber gambar: shenmuemaster.fr

Menanggapi ‘keributan’ ini, Yu Suzuki pun segera angkat bicara.

Melalui wawancara dengan portal berita game Jepang, Game Watch Impress, Yu Suzuki menjelaskan kalau hal tersebut (ekspresi yang kaku dari karakter dalam trailer) bukanlah hal permanen karena game-nya sendiri masih dalam proses pembuatan.

Game Watch Impress: “Apakah trailer ini berasal dari in-game? Atau dalam bentuk pre-render?”

Yu Suzuki: “Seluruh bagian trailer adalah berasal dari in-game “

Game Watch Impress: “Dalam besaran persentase, sudah berapa persen game ini selesai?”

Yu Suzuki: “Karena dalam trailer itu adalah beberapa adegan yang digabungkan menjadi satu, sulit untuk mengatakan game ini sudah selesai berapa banyak, dan untuk karakter-karakter yang terlihat semuanya masih berupa data template/belum final.”

Game Watch Impress: “Ekspresi wajah karakter-karakter yang ada terlihat, bagaimana ya mengatakannya…., Mereka terlihat kaku. Apakah nantinya akan ada perubahan di bagian ini?”

Yu Suzuki: “Benar, kami belum memasukkan ekspresi wajah di dalam trailer itu. Sampai bulan lalu, kami sudah melakukannya, tapi untuk saat ini, kami melepaskannya dulu.”

Game Watch Impress: “Efek suara di trailer itu bagus sekali, apakah itu rekaman baru?”

Yu Suzuki: “Tidak, trailer kemarin itu masih menggunakan musik/audio dari game Shenmue II”

Wawancara lengkap dengan Yu Suzuki soal teaser trailer Shenmue III dapat disimak di URL ini

Jadi intinya bro sis, game Shenmue III masih tetap dalam proses pembuatan. Teaser trailer yang kemarin ditunjukkan hanya berfungsi untuk gambaran sekilas kalau pembuatan Shenmue III masih berjalan dan fans serta backer Kickstarter diharapkan untuk tetap sabar menunggu hingga game-nya kelar.

Semoga saja Shenmue III bisa memenuhi semua harapan dari fans yang sudah menunggu lebih dari 16 tahun untuk mengetahui kelanjutan petualangan Ryo Hazuki yang menuntut keadilan untuk kematian ayahnya di tangan Lan Di. Kita tunggu saja ya, bro sis!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: Saint-ism (http://www.saint-ism.com/2012/12/what-exactly-can-you-expect-in-initial-d-5th-stage/)

NGEENG, HATI-HATI! 10 ANIME OTOMOTIF INI BISA MEMACU ADRENALINMU!

Di dalam dunia anime, balapan bukanlah sesuatu yang asing. Baik sekedar balap sepeda di Yowamushi Pedal atau balap Tamiy.. more

Menanti Deretan Video Games Terbaik Yang Rilis 2017-2018

Bisnis video game selalu ramai dan bergairah. Game-game baru dan sekuel silih berganti datang menyapa gamers di seluruh .. more

CIAYO Comics Meluncurkan Volt X Setan Jalanan di Popcon Asia 2017

Popcon Asia 2017 kali ini diselenggarakan untuk ke-enam kalinya. Mengambil momentum yang tepat CIAYO Comics akan resmi m.. more

(CIAYO Pictures)

Volt dan Setan Jalanan Menyerbu CIAYO Comics

Bro sis udah pernah denger Volt sama Setan Jalanan belom? Kalo yang ngikutin karya-karya dari Skylar Comics atau Frank K.. more

BEKRAF Game Prime 2017 Bakal Seru!

Bro sis ada yang tahu sama acara Game Prime? Itu loh acara konferensi, seminar, dan pameran game terbesar di Indonesia.. more