Trailer Venom Rilis, Fans Menanyakan Keberadaan Spider-Man!

6 months ago
00-d-venom

Kamu sudah lihat trailer film Venom dari Sony Pictures dong?

Film yang dibintangi oleh Tom Hardy ini menarik perhatian karena beberapa faktor.

Seperti misalnya faktor Tom Hardy sendiri. Venom bukan film pertama Hardy di genre ‘comicbook superheroes movie’. Sebelumnya dia memerankan karakter antagonis populer dari DC Universe ‘Bane’ di film “The Dark Knight Rises” (2012). Hardy juga berperan di film remake Mad Max (yang dulu dipopulerkan Mel Gibson) “Mad Max: Fury Road” (2015). Mad Max memang bukan karakter dari komik asli, tapi dia menginspirasi karakter komik Jepang “Hokuto no Ken” yang fenomenal.

01 venom

Tom Hardy sebagai Bane di film “The Dark Knight Rises”. Sumber: Nerdist

Mungkin hal-hal itu yang mendasari pemilihan Tom Hardy sebagai Venom di film buatan Sony Pictures ini?

02-venom

Sumber: GameSpot

Sony Pictures memiliki hak untuk membuat film-film dengan karakter dari komik Marvel “Spider-Man”. Marvel Studios tidak punya hak tersebut. Mengapa?

Karena dulu Sony Pictures membeli hak pembuatan film Spider-Man (dan karakter-karakter yang berhubungan dengan Spider-Man) dari Marvel Comics sebelum kemudian Marvel dibeli oleh Disney. Jadi jika Disney/Marvel Studios mau memakai karakter dari lore/universe  Spider-Man mereka harus permisi (dan bayar) kepada Sony. Itu terlihat di film “Spider-Man: Homecoming” dan “The Avengers: Infinity War” buatan Marvel Studios; dimana karakter Spider-Man ada disana karena adanya ijin khusus dari Sony Pictures.

03-venom

Film-film Spider-Man merupakan milik Sony Pictures. Sumber: ThePolitic.Org

Dengan pembuatan film “Venom”, Sony seakan sedang berusaha membuat “Marvel Cinematic Universe” versi mereka sendiri. Terpisah dari MCU Marvel Studios . Dengan karakter Marvel yang mereka miliki hak nya.

Mungkin tidak akan semudah yang mereka bayangkan. Apalagi saat melihat trailer terkini Venom yang sudah beredar di YouTube itu.

Ada yang belum familiar dengan Venom?

04-venom

Sumber: AnEnglishmanInSanDiego

Di film, penampilan perdana dia ada di film Sony Pictures “Spider-Man 3” (2007) dan diperankan oleh aktor Topher Grace. Sementara di komik, Venom muncul pertama kali di komik “The Amazing Spider-Man” #252 (bulan Mei tahun 1984). Jadi versi komik lahir lebih awal dan secara default menjadi sumber utama kisah origins dari karakter villain ini.

05-venom

Topher Grace di “Spider-Man 3”. Sumber: Polygon

Di komik, Venom adalah “Symbiote”; alien berbentuk cairan bersifat parasit yang memerlukan host/inang untuk bertahan hidup. Saat bersatu dengan host, Symbiote ini selain memiliki kekuatan super (yang disalurkan ke host) juga memiliki kesadarannya sendiri sehingga terjadi dualisme jiwa di satu raga. Symbiote menamai dirinya sebagai Venom.

06-venom

Cikal bakal kelahiran Venom. Sumber: Wikia

Inang dari Symbiote pertama di Bumi adalah Peter Parker/Spider-Man; seperti yang terlihat di komik “The Amazing Spider-Man” #252.

07-venom

Konflik internal. Sumber: 4thletter

Namun itu tidak berlangsung lama karena Parker menyadari kalau Symbiote ini memiliki sifat kejahatan yang berlawanan dengan prinsip yang dia jalankan. Spider-Man menyingkirkan Symbiote tersebut, namun sang Symbiote segera mencari pengganti Parker dan menemukannya pada sosok Eddie Brock; wartawan investigasi saingan Peter Parker. Brock sendiri sebelum menjadi Venom memang menyimpan kebencian pada Spider-Man (dan Peter Parker) sehingga Symbiote dengan mudah mempengaruhi dirinya. Venom lahir dan menyebabkan kehidupan Spider-Man/Peter Parker bagaikan neraka.

08-venom

Musuh bebuyutan. Sumber: 4thletter

Dengan origins seperti itu, jelas Venom (dan Eddie Brock) punya hubungan erat satu sama lain. Di film Spider-Man 3 origins ini diceritakan ulang dengan cukup akurat sehingga walaupun Topher Grace tidak terlalu mengesankan saat berakting sebagai Eddie Brock / Venom tapi masih dapat diterima oleh fans Spider-Man dan Venom.

Situasi ini tidak terjadi di film-nya Tom Hardy.

Walau masih dalam format trailer (film-nya sendiri baru akan dirilis 5 Oktober 2018) namun suara-suara ketidakpuasan sudah terdengar di internet. Dan itu jadi terasa wajar karena di trailer yang ada, Spider-Man sama sekali tidak terlihat sedetik pun.

Symbiote jelas ada di trailer; dimana itupun salah diucapkan menurut fans-fans garis keras Marvel (karena penyebutannya seharusnya ‘simbiot’ dan bukannya ‘simbayot’ seperti yang terdengar di trailer). Tom Hardy sebagai Eddie Brock terlihat lumayan meyakinkan karena tongkrongannya yang memang intimidating ketimbang Topher Grace di Spider-Man 3. Tapi faktor penting eksistensi Venom sejak awal kelahirannya malah tidak terlihat; yaitu keberadaan Spider-Man.

Untuk saat ini, film “Venom” dari Sony Pictures lebih mirip film monster/alien yang menginvasi seseorang (yang tidak memiliki sifat heroik) hingga orang ini mendapatkan kekuatan super. Venom memang seorang antihero (atau lebih cocok disebut supervillain?) dan karena itulah sosok penyeimbang alias superhero dibutuhkan. Sesuatu yang tidak terlihat di trailer film. Dan mungkin di film teatrikalnya Oktober nanti.

Apakah memang Spider-Man tidak akan muncul? Kalau melihat ending “The Avengers: Infinity War” sih….. gimana ya….

 

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: Beyond The Cartoon

17 Fakta Unik Tentang Film Spirited Away yang Harus Kamu Tau!

Mau tahu lebih banyak tentang Film Spirited Away? Ini 17 Fakta Uniknya!.. more

Sumber: myanimelist.net dan screencapture game

Kinoko Nasu, Sosok di Balik Kemisteriusan Dunia dalam Visual Novel Fate/Stay Night dan Light Novel Kara no Kyoukai

Kalian ada yang sudah nonton anime Fate series atau "Kara no Kyoukai"? Bagi kalian yang mengagumi cerita-cerita dari Fat.. more

Canti Clarinta. Sumber: Canti Clarinta

Canti Clarita, Illustrator Fan art Kpop Dengan Kearifan Budaya Lokal

Pernah melihat fan art buatan fans kpop? Mungkin kamu sudah biasa. Nah, gimana kalau melihat fan art kpop dengan kearifa.. more

Rekomendasi Komik Webtoon dengan Genre Romantis yang Harus Kamu Baca!

Berikut deretan rekomentasi komik webtoon yang romantis!.. more

Café? Shooting Gallery? Dua-duanya benar! (sumber gambar: popularairsoft.com)

Kultur Themed Cafe Jepang Yang Unik – Gun Cafe

Gun Café adalah sebuah café yang memakai tema senjata api sebagai selling point-nya. Tapi tentu saja bukan senjata api.. more