Trend Perilisan Console Mini, Antara Inovasi, Nostalgia dan Finansial

1 month ago
consolemini-banner

Salah satu trend di industri video game saat ini, adalah berjibunnya perilisan ulang console game klasik yang pernah membuat masa kecil kita indah seindah-indahnya.

Siapa sih yang tidak kangen untuk memainkan kembali game-game hits klasik seperti: Mario Bros, Zelda, Sonic dan bahkan Crash Bandicoot ? Membaca judul-judul game ini saja sudah membuat kedua tangan menjadi gatal banget untuk “menarikan” kembali jemari di joystick  ABC klasik itu.

Perilisan Console Mini Klasik

Gak heran, apabila developer veteran seperti Sega, Nintendo dan Sony memulai trend yang dimaksud. Namun uniknya dalam melakukan perilisan ulangnya, mereka lebih memilih untuk merilisnya dalam bentuk mini seperti biskuit Orero yang tergenggam pas di kepalan tangan.

Langkah yang dibuat ini tentunya sangatlah unik dan inovatif. Tapi kalau dipikir lagi, mengapa harus dirilis mini, sih? Kenapa tidak sebesar seperti rilisan orisinilnya dulu saja?

consolemini-gamepad

Sumber: iMore

Baca juga: High Score Girl, Anime yang Mengulik Video Game Era 90an

Entahlah. Andaikan penulis tahu alasan spesifiknya.

Namun kalau boleh menerka, bisa dipastikan hal ini dipengaruhi dengan sikon gadget-gadget saat ini yang juga makin lama makin kedil. Ya, jangan dibandingkan dengan produk beberapa smart phone yang ukurannya gede-gede itu. Beda kelas itu.

Selain alasan tersebut, alasan lainnya dikarenakan production cost. Karena secara logika, umumnya console atau gadget ukuran mini memiliki production cost yang jauh lebih murah.

Masih dalam ranah ekonomi, penulis juga yakin alasan mereka merilis dalam bentuk mini, juga untuk menarik perhatian seluruh gamer. Dengan konsep unik ini, tentunya gamer akan merasa penasaran dan tertarik untuk membeli.

Faktanya sejauh tulisan ini diturunkan, minat gamer dengan console mini ini sangatlah tinggi. Tentunya, ini juga menjadi angin segar bagi pihak developer yang merilis. Tak heran apabila hingga detik ini, pundi-pundi keuntungan yang didapatkan dari console mini ini sangatlah selangit.

consolemini-nintendo

Sumber: Games Hedge

Rasa Kangen Terhadap Console Game Dimanfaatkan dengan Baik oleh Para Developer

Baca juga: 10 Monster Video Game Yang Bikin Merinding!

Salah satu faktor utama pembuatan console mini ini adalah karena masih banyak gamer bahkan yang hanya sekedar main game untuk fun saja, kangen berat untuk melompat mengambil jamur energi atau berlari-lari secepat kilat di tanah lapang lagi.

Lalu mengapa ya, banyak orang masih kangen banget untuk mainin lagi game-game jadulerz ini? Padahal kan seperti kita tahu console-console gaming saat ini canggih-canggih banget.

Simpel. Everlasting experience. Itulah yang jarang diberikan baik oleh console maupun game-game era 3 dimensi realistis saat ini. Memang to be fair, Sony dengan Playstation-nya bisa dikatakan adalah contoh nyata di mana baik console maupun game-game nya terus konsisten hingga detik ini.

consolemini-sony

Sumber: JOE.co.uk

Ya, secanggih-canggihnya PS 4 atau PS 5 nantinya, buktinya seluruh orang masih belum bisa melupakan experience keren binti nostalgis yang diberikan oleh Playstation pertama a.k.a PS 1 aka PSX. Oleh karenanya, Sony yang juga menyadari ini, pada tanggal 3 Desember 2018 mendatang akan mengikuti jejak SEGA dan NES dengan merilis console mini PS 1 nya.

Walau masih sekitar kurang lebih 2 bulan lagi perilisannya, melihat betapa masih tingginya minat masyarakat, penulis jamin console mini yang bertajuk “Playstation Classic” ini akan laku berat nantinya. Harga sebesar hampir $100 Amerika pun dijamin tidak akan menjadi masalah.

consolemini-psclassic

Sumber: YouTube

Yang menjadi pertanyaannya sekarang, apakah trend ini akan berlangsung lama? Walaupun masih banyak  yang lebih menyukai game atau console modern, penulis yakin trend ini akan bakalan terus menguntungkan dan berlangsung lama.

Karena seperti yang sudah dikatakan masih banyak gamer di dunia ini yang betah bernostalgia untuk memainkan game kotak-kotak 16 atau 32 bit itu.

Jadi, bagi kalian yang sekali lagi mungkin merasa risih, ya nikmati saja. Serisih-risihnya, justru kalian nanti yang mungkin diam-diam akan mulai menabung dan membeli satu per satu console penuh kenangan ini!

Baca juga: Siapa Best Selling Games & Game Consoles di Jepang Tahun 2017 ?

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

Sumber: pinterest.com

Para Atlet Pyeongchang Winter Olympic yang Mencuri Perhatian Netizen

Perlombaan Winter Olympic di Pyeongchang tahun kini gak hanya ramai dibicarakan di Korea Selatan aja. Dijamin para atl.. more

Sumber: Meka Medina

Kami Mencoba Semua Game Tabrak Tiang Listrik Di Google Play! Mana Yang Terbaik?

Dari semua game tiang listrik ini, manakah yang paling keren?.. more

Sumber gambar: 2ch.hk

Shinji Mikami: Tokoh Dibalik Kesuksesan Genre “Survival Horror” Seperti Resident Evil

Dunia harusnya berterima kasih pada Shinji Mikami 三上 真司 ... more

Your Name/Kimi No Na Wa, anime populer asal Jepang. Sumber: japantimes.co.jp

Your Name/Kimi No Na Wa Akan Dibuatkan Live Action-nya Oleh Hollywood! Bad News or Good News?

Ada kabar baru bagi penggemar dari film anime populer Jepang yang berjudul “Your Name”. Film “Kimi no Na wa” ata.. more

Sumber : CIAYO Comics

Wendigo, Perjalanan Reuni yang Berakhir Bencana

Gimana rasanya kalau perjalanan bareng teman-teman malah menjadi menyeramkan? Kayak di komik Wendigo ini. .. more