Tribute to Tour de France Event: Ini Dia Daftar Anime Bertemakan Sepeda

3 months ago
(Sumber: lostanime.com)

Kejuaraan balap sepeda Tour de France (TdF) 2017 sedang berlangsung di bulan Juli ini. Event balap sepeda paling bergengsi ini memang sangat terkenal bahkan ditelinga orang yang awam pada dunia olahraga sepeda karena Yellow Jersey nya. Rintangan yang sangat berat yang berlangsung selama sebulan atau sekitar 21 etape, dan kontroversinya terhadap doping memang wajib disaksikan. Gengsi kejuaraan Tour de France (TdF) sangat besar dan sangat sayang untuk dilewatkan. Nah, untuk merayakannya event Tour de France (TdF) yang ke 104, berikut  ini kami list daftar anime bertemakan sepeda. Enjoy!

1. Over Drive

(Sumber: kc.kodansha.co.jp)

(Sumber: kc.kodansha.co.jp)

Anime yang keluar pada tahun 2007 ini bisa dibilang menjadi pelopor anime tv series bertema balap sepeda. Anime karya Yasuda Tsuyoshi ini menceritakan sosok Mikoto Shinozaki yang bukan siapa-siapa di sekolahnya dan sering dibully oleh seniornya. Walaupun begitu, Mikoto memiliki rasa suka yang cukup dalam kepada seorang perempuan di kelasnya yang bernama Yuki Fukazawa. Pertemuannya dengan Yuki di kelas saat pulang sekolah membuat rasa sukanya tidak dapat terbendung dan ketika Yuki menyarankan Mikoto untuk bergabung dengan klub sepeda di sekolahnya, Mikoto langsung bersedia walaupun sebenarnya dia tidak pernah mengendarai sepeda sebelumnya.

Anime ini menceritakan perjalanannya untuk membuat Yuki terkesan dan menjadi seorang juara Tour de France (TdF) pertama asal jepang. Tetapi, sebenarnya, dasar dari anime ini adalah rasa suka nya seseorang kepada seseorang yang lain. Jadi kalau sudah terlanjur suka, sesuatu yang belum kita coba pasti akan kita lakukan. Iya gak? Hehe.

2. Yowamushi Pedal

(Sumber : moejam.com)

(Sumber : moejam.com)

Anime karya Wataru Watanabe ini yang pertama kali tayang pada musim dingin 2014 dan masih berjalan hingga season 3 pada tahun ini. Menceritakan seorang otaku bernama Onoda Sakamichi yang sekarang naik ke kelas 1 di sekolah SMA Sohoku. Onoda selalu menggunakan sepeda keranjang karena dengan cara ini dia dapat berhemat untuk membeli action figure anime kesukaannya. Tidak ada angan untuk bergabung dengan klub sepeda sama sekali. Dia hanya tertarik untuk bergabung dengan klub anime yang sayangnya akan dibubarkan karena kurangnya keanggotaan klub. Imaizumi Shunsuke, yang memang ingin bergabung dengan klub balap sepeda di sekolah Sohoku, merasa terhina dengan kemampuan Onoda menaiki jalur tanjakan sambil menggunakan sepeda keranjang di jalur pintu masuk bagian belakang sekolah. Maka dari itu Imaizumi menantang Onoda untuk mencari tahu siapa yang tercepat menaiki tanjakan tersebut dan sebagai taruhannya Imaizumi akan bergabung dengan klub anime jika dia kalah dan cerita selanjutnya yah tonton aja sendiri. 🙂

Nah, ternyata didalam daftar anime bertemakan sepeda ini, ada 2 anime yang diperuntukan untuk shoujo alias cewek. Kalo secara event Tour de France (TdF) sih tidak masuk karena Tour de France (TdF) diperuntukan untuk kelas pria. Tetapi tidak masalah, karena 2 anime ini bisa dijadikan penghormatan kepada event bergengsi yang lain yaitu Giro Rosa.

Baru dengar yah? Giro Rosa adalah event paling bergengsi untuk kelas wanita yang diadakan di Italia setiap tahunnya. Pemenang dari event ini layak mengenakan Pink Jersey sebagai tanda bahwa dia sedang memimpin klasemen atau memenangi kejuaraan Giro Rosa. Pada tahun 2017 ini, Giro Rosa berlangsung pada 29 Juni sampai 9 Juli kemarin. Jadi untuk tahun 2017 ini, yang berhak mengenakan Pink Jersey adalah Anna van der Breggen. Selamat buat Anna van der Breggen karena memenangi kejuaraan balap sepeda Giro Rosa!!

3. Long Riders!!

(Sumber : anoncraft.com)

(Sumber : anoncraft.com)

Sedikit berbeda dengan 2 anime di atas, Long Riders! benar-benar murni menceritakan tentang asiknya mengendarai sepeda. Ami Kurata memang tidak memiliki kemampuan apa-apa dalam hal fisik. Tetapi setelah melihat seseorang yang mengendarai sepeda lipat, Ami jadi ingin mengendarainya. Sebenarnya sih alasannya bukan karena ingin mengendarainya, tetapi karena terlihat lucu. Haha. Bersama Aoi Niigaki, Yayoi Ichinose, Saijou Hanoko, dan Saki Takamiya, mereka bersepeda mengelilingi Jepang.

Untuk penonton yang ingin menonton anime yang santai. Anime ini memang pas untuk kalian. Menonton anime ini bawaannya jadi ingin bersepeda santai menikmati jalan-jalan pemukiman yang sepi dari kendaraan bermotor. Pergi ke pantai pangandaran menggunakan kereta dan mengelilingi pantai menggunakan sepeda (pengennya penulis sih. hehe) kayaknya juga asik ya. Hati-hati! Anime bakal bikin kita ketagihan untuk mengendarai sepeda loh!

BTW, penulis juga suka Opening Theme nya lho. “♡km/h” karya Ray ini pas banget antara lagu dengan scene yang ditampilkan pada openingnya. Hihi

4. Minami Kamakura High School Bicycle Club

(Sumber : play-asia.com)

(Sumber : play-asia.com)

Nah, Kalo anime ini baru agak mirip sama Yowamushi Pedal. Apalagi di episode 4 saat Hiromi Maiharu baru saja pindah dari Nagasaki dan menjalani hidup baru di Kamakura. Karena sekolahnya agak jauh dari rumah, Hiromi memutuskan untuk menggunakan sepeda. Walau begitu Hiromi lupa bagaimana mengendarainya hingga ia hampir saja menabrak Tomoe Akizuki yang juga murid baru di sekolah yang sama. Tomoe yang baru mengenal Hiromi langsung dimintai tolong untuk menemaninya untuk belajar mengendarai sepeda. Tomoe yang tadinya menolak akhirnya menurut saja dan disitulah awal pertemanan mereka berdua. Perlahan tapi pasti bereka bertemu para pencinta sepeda dari kelas yang lainnya dan mendirikan klub sepeda di sekolahnya.

Anime karya Noriyuki Matsumoto sepertinya sengaja dibuat untuk mengajak para cewek untuk menyukai dan mengendarai sepeda. Anime ini sedikit unik karena pada setiap akhir episodenya selalu ada sekilas informasi tips dan trik dari pengisi suara dari Tomoe Akizuki dan Yuika Akizuki, yaitu Yuuki Hirose dan Yui Fukuo. Mungkin karena alasan ini juga anime ini berhak menggunakan nama merk sepeda yang tertulis pada rangka sepeda. Tidak seperti 3 anime sebelumnya yang merubah sedikit nama merk sepeda yang digunakan pada karakter di anime tersebut.

Itu dia daftar anime yang bertemakan sepeda balap. Sebenarnya masih ada anime yang lain, seperti Nasu dan Idaten Jump. Tapi karena Nasu hanya berbentuk OVA (Original Video Animation atau biasa dibilang “movie”) dan Idaten Jump itu bukan tipe sepeda balap melainkan MTB, Jadi mereka tidak masuk deh ke daftar ini. Maaf yah.

Satu lagi. untuk para fandom shippers (penggemar yang suka menjodohkan karakter. Haha), plis, semua anime ini semuanya bertemakan persahabatan yah. Jangan dirusak dengan “bumbu-bumbu” yang aneh-aneh. hehe

 

About Author

my7imagine

my7imagine

Bukan seorang illustrator, fotografer, pesepeda, dan penulis. Sumpah!

Comments

Most
Popular

Consilium: Petualangan Seru Dua Detektif Tampan

Bagaimana jadinya kalo bro sis tinggal di masa depan dan ketemu dengan dua detektif polisi tampan dengan dua kepribadian.. more

Kantor pusat Intel Corporation. Sumber gambar: theinquirer.net

Babak Terbaru Perang Abadi Intel Dan AMD – Core i7 7820X vs Ryzen 7 1700

Intel dan AMD adalah nama dua pemain utama computer processor/microprocessor di dunia ini. Sudah sejak dulu mereka terli.. more

Sumber: Glyphs.Co

Kerja Bareng Studio Ghibli Katanya Mirip Skripsi

Salah dikit langsung dicoret-coret. Kayak skripsi ya?.. more

Sabrina – Chapter 4: Kencan Dengan Expatriat

Sudah lama Sabrina menyimak event-event di aplikasi untuk komunitas traveler itu. Group trip, meet up, dan kumpul-kumpul.. more

The Kasuaris – Episode 5: Kejutan Klub Malam

Surprise, surprise! Jujur gw belum tahu si Valen ini mau ke mana, kita masih di jalan bebas hambatan menuju daerah Jakar.. more