Trilogi Berikutnya Dari Star Wars Tidak Lagi Soal Skywalker?

1 month ago
Franchise science fiction terpopuler. Sumber gambar: en.wikipedia.org

Film fiksi ilmiah Star Wars terbaru sedang beredar di bioskop-bioskop dunia. “Star Wars – Episode VIII: The Last Jedi” adalah bagian kedua dari “Sequel Trilogy” film Star Wars. Bagian pertama berjudul “Star Wars – Episode VII: The Force Awakens”. Bagian ketiga belum lagi diumumkan, jadi masih belum diketahui sub title dari film itu.

A tribute to late Carrie Fisher. Sumber gambar: engadget.com

A tribute to late Carrie Fisher. Sumber gambar: engadget.com

Dari delapan (sembilan, jika menghitung film lanjutan The Last Jedi nanti) film utama / canonical Star Wars yang ada, dapat dilihat kalau seluruh film tersebut berkaitan atau ada hubungan dengan keluarga Skywalker.

Dimulai dari “Prequel Trilogy Star Wars” yang menceritakan masa kecil Anakin Skywalker dan terus berlanjut hingga transformasi dia menjadi Lord Sith yang ditakuti: Darth Vader. Kemudian “Original Trilogy Star Wars” bercerita tentang keturunan Anakin Skywalker melawan Emperor Palpatine dan Galactic Empire. Dan sekarang “Sequel Trilogy Star Wars”, walaupun bukan tokoh sentral, namun tetap memiliki Skywalker di dalamnya.

‘Space Opera’ Star Wars bisa juga dikatakan sebagai ‘Soap Opera’ Keluarga Skywalker (dan Solo) karena fokus tokoh di tiap film itu berkisar di antara mereka.

Ilustrasi Skywalker Family. Sumber gambar: starwars.wikia.com

Ilustrasi Skywalker Family. Sumber gambar: starwars.wikia.com

Karena itulah pengumuman yang menyatakan kalau trilogy Star Wars berikutnya nanti tidak akan memiliki hubungan dengan keluarga Skywalker jadi terasa mengejutkan. Dengan kata lain, Episode 10 (atau mungkin diberi nama/nomer baru) tidak akan berupa lanjutan dari Episode 9.

Kalau pengumuman itu berasal dari outlet portal berita gossip mungkin orang akan setengah percaya. Namun info tersebut datang dari Rian Johnson, sutradara Star Wars Episode 8 “The Last Jedi” yang film-nya sedang beredar di bioskop di seluruh dunia saat ini. Johnson juga sudah secara resmi ditunjuk oleh The Walt Disney Company (sebagai pemilik franchise Star Wars) untuk menggarap trilogy Star Wars terbaru selepas Episode 9 nanti selesai. Jadi secara validitas, informasi soal Star Wars yang berasal dari Rian Johnson jelas valid. Resmi.

Rian Johnson yang potensial jadi fenomenal. Sumber gambar: yahoo.com/entertainment

Rian Johnson yang potensial jadi fenomenal. Sumber gambar: yahoo.com/entertainment

Tapi… Star Wars tanpa Skywalker? Will it work?

Karena sejak dimulai tahun 1977, kisah Star Wars selalu merupakan soal Skywalker yang melakukan perlawanan pada penguasa jahat.

Mulai dari Galactic Empire hingga First Order pimpinan Supreme Leader Snoke (fun fact: karakter ini diperankan secara motion capture oleh Andy Serkis, yang populer sebagai aktor mo-cap di film “Lord of the Rings” sebagai Gollum atau Caesar di film “Planet of the Apes”).

Mo-cap itu melelahkan pastinya. Sumber gambar: digitalspy.com

Mo-cap itu melelahkan pastinya. Sumber gambar: digitalspy.com

Walau di Sequel Trilogy Star Wars tokoh utamanya bukan Skywalker  tapi seperti yang terlihat di trailer Episode 8, ada Luke Skywalker disana. Menua dan mengasingkan diri ke planet terpencil. Mungkin meniru mendiang Master Yoda? Bisa jadi.

Mengapa dia mengasingkan diri? Sumber gambar: theverge.comMengapa dia mengasingkan diri? Sumber gambar: theverge.com

Mengapa dia mengasingkan diri? Sumber gambar: theverge.com

Star Wars adalah drama keluarga Skywalker. Sejak 1977.

Karena sudah dipastikan tidak berhubungan dengan Skywalker maupun kelanjutan Episode 9, saat ini para fans sudah mulai merancang teori-teori mereka sendiri tentang bagaimana/apa tema trilogy Star Wars-nya Rian Johnson.

Misalnya pendapat yang mengatakan kalau Star Wars berikutnya mungkin akan mengambil tema Knights of the Old Republic / KotOR. KotOR ini sangat populer di kalangan fans hardcore Star Wars.

Tapi berhubung semua kisah Star Wars yang beredar sebelum dimulainya Episode 7 (diluar Original & Prequel Trilogy) kini di-kategorikan sebagai “Legends” alias tidak lagi canonical ke Star Wars yang sekarang, maka kemungkinan itu kini dianggap mustahil. Apalagi Rian Johnson dalam sebuah wawancara pernah pula menyatakan kalau trilogy Star Wars buatan dia nanti tidak akan berbasis KotOR seperti harapan beberapa fans.

Game Star Wars KotOR tersedia untuk PC. Sumber gambar: starwars.wikia.com

Game Star Wars KotOR tersedia untuk PC. Sumber gambar: starwars.wikia.com

Ada pula usulan agar trilogy itu dimulai dari “Unknown Region”, yang merupakan lokasi mulainya First Order membentuk kekuatan mereka. Cukup masuk akal, tapi itu berarti secara tidak langsung akan tetap berhubungan dengan Sequel Trilogy Star Wars (Eps. 7 s/d 9). Dengan kata lain: masih ada hubungan dengan keluarga Skywalker.

Walau sekilas akan terasa aneh tidak melibatkan Skywalker di cerita Star Wars, sejatinya langkah itu sudah pernah dilakukan Disney dengan merilis “Rogue One – A Star Wars Story”. Film yang merupakan spin-off pertama dalam sejarah film bioskop Star Wars itu termasuk sukses di pasaran tanpa menggunakan hubungan dengan tokoh-tokoh klasik Star Wars seperti Skywalker. Jadi ide “meninggalkan Skywalker” di film Star Wars berikutnya sepertinya bukan hal aneh untuk dilakukan.

Film spin-off yang keren. Sumber gambar: starwars.com

Film spin-off yang keren. Sumber gambar: starwars.com

Pertanyaannya adalah: apa fans Star Wars bisa/mau move on ke film Star Wars yang tidak memiliki karakter dari keluarga Skywalker atau Solo? Gimana menurut bro sis?

Awal mula sebuah legenda masa lalu dari galaksi yang nun jauh disana. Sumber gambar: fanpop.com

Awal mula sebuah legenda masa lalu dari galaksi yang nun jauh disana. Sumber gambar: fanpop.com

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: gameranx.com

Pokemon GO Adalah Sebuah Penistaan

Yang saya maksud penistaan disini adalah.. more

Mary and The Witch's Flower (Sumber: youtube.com)

Anime Bergaya Ghibli: Mary and The Witch’s Flower

Anime Mary and The Witch’s Flower merupakan anime pertama produksi Studio Ponoc. Namun, yang menjadi perbincangan dari.. more

Banner AFA 2017 Jakarta. Sumber: animefestival.asia

C3 AFA 2017 Jakarta: Perhelatan Akbar Para Penggemar Anime

Bulan Agustus telah tiba, yang artinya sebentar lagi akan digelar acara tahunan keren untuk para penggemar anime di Asia.. more

Sumber: telegraph

Gawat! Pahlawan Wannacry ini Terancam 40 Tahun Penjara

Masih ingat dengan Marcus Hutchins? Pahlawan Wannacry yang waktu lalu disanjung-sanjung akibat berhasil 'membunuh' virus.. more

The Other Side - CIAYO Comics

Percaya Nggak Percaya, Makhluk Lain Itu Ada

Bro sis percaya nggak sama keberadaan "makhluk lain"? The Other Side punya penggalan kisah-kisah yang bikin merinding... more