TV Anime Jepang Pilihan untuk Musim Gugur 2018!

1 month ago
Anime Fall 2018 - thumb

Negara empat musim seperti Jepang memang punya irama yang berbeda dari negara tropis seperti negara kita Indonesia. Mulai dari mentalitas dan kebiasaan kultural sosial yang lebih rapi serta teratur (sebuah fakta yang merupakan warisan turun temurun warga disana) hingga ‘jadwal’ program hiburan yang mengadopsi musim cuaca yang ada di Jepang itu sendiri.

Baca juga: Kebiasaan-Kebiasaan Orang Jepang yang Akan Sulit Dilakukan oleh Bangsa Lain

TV Anime, sebagai sebuah produk industri hiburan visual dari Jepang, selalu dibuat dengan kondisi akan ‘selesai’ dalam satu musim cuaca Jepang. Dengan kata lain, anime di Jepang dapat dikategorikan dalam bentuk musim. Jadi ada anime musim dingin (Winter), musim panas (Summer), musim semi (Autumn) hingga musim gugur alias Fall.

Tapi jangan mengira kalau tema anime juga mengikuti musim berjalan karena tidak selalu anime di musim panas mengambil tema situasi soal kegiatan musim panas (seperti anime musim panas kemarin yang memberikan dua soal kegiatan musim panas, yaitu “Harukana Receive” / Voli Pantai dan “Grand Blue” / Menyelam).

Anime Musim Gugur 2018 - blue

Anime super gokil. Wajib nonton! (Sumber: Wikia)

Tema anime selalu bebas tanpa keterikatan dengan musim dimana dia ditayangkan.

Anime Musim Gugur 2018

Saat ini di Jepang sedang dalam suasana musim gugur atau Fall. Dan seperti biasanya, ada beragam anime musim panas yang berakhir masa penayangannya di televisi dan digantikan oleh anime-anime baru. Beberapa merupakan sekuel dari anime yang sudah pernah tayang sebelumnya, dan sisanya adalah judul-judul baru. Semuanya bersaing memperebutkan rating, review maupun pembicaraan di antara penggemar anime Jepang dan dunia; karena lewat internet orang dari negara manapun dapat ikut menikmati anime yang ditayangkan di televisi Jepang. Bisa lewat saluran resmi maupun ‘abal-abal’.

Jadi apa saja TV anime Jepang yang akan menyita perhatian penggemar anime?

Fairy Tail (Final Season). Studio: A-1 Pictures.

Anime Musim Gugur 2018 - Fairytail

Sumber: GeekTyrant

Judul ini sudah saya tunggu-tunggu. Sebagai fans berat Hiro Mashima-sensei, saya tentu saja happy saat mereka mengumumkan season terakhir dari anime Fairy Tail ditayangkan tahun 2018. Manga Fairy Tail sendiri sudah lama tamat dan saat ini manga utama dari Mashima-sensei adalah “Eden’s Zero” yang bertema fantasi futuristik. Season terakhir Fairy Tail akan menuntaskan kisah Natsu Dragneel seperti di manga.

Trailer:

Baca juga: Melirik Manga Baru Hiro Mashima “Eden’s Zero”

Souten no Ken: Regenesis 2. Studio: Polygon Pictures.

Anime Musim Guur 2018 - regenesis

Sumber: YouTube

Ini adalah season kedua dari anime spin-off Hokuto no Ken, “Souten no Ken”. Season pertama dari Regenesis buat saya tidak terlalu menarik gara-gara gaya animasi yang dipakai (celshaded) membuat situasi aksi yang ada terkesan kaku dan kurang hidup. Apakah feeling yang sama akan kembali terasa di season ini? Yang jelas, akan ada setting di “Candi Borobudur” di season kali ini. Serius! Lihat saja trailer-nya.

Baca juga: Anime Souten no Ken: Spin-off Hokuto no Ken

JoJo no Kimyouna Bouken Part 5: Ougon no Kaze. Studio: David Production

Anime Musim Gugur 2018 - Jojo

Sumber: Kotaku

Percaya deh… Judul ini sudah sangat dinanti-nantikan oleh fans JoJo di seluruh dunia. Demam dan trend JoJo’s Bizzare Adventure masih tetap kuat di kalangan penikmat manga dan anime dunia. Ougon no Kaze (atau “Golden Wind”) melanjutkan kisah manga/anime JoJo Part 4 sebelumnya (yang fokus pada Josuke, pamannya Jotaro) dengan setting negara Italia dan kehidupan para mafioso muda mereka yang berkekuatan “Stand”. Wajib nonton buat fans JoJo saga!

Renai Bakumatsu Kareshi. Studio: Studio DEEN.

Anime Musim Gugur 2018 - Bakumatsu

Sumber: AnimeNewsNetwork

Tema “Isekai”, alias dunia lain/fantasi/di luar dunia nyata, masih punya banyak fans. Jadi anime dengan tema ini masih diproduksi. Bakumatsu bercerita tentang seseorang yang berwisata ke kota Kyoto Jepang dan terlempar ke masa Bakumatsu di akhir era periode Edo sejarah Jepang. Tentu saja dia akan mengalami berbagai hal historis dalam sejarah Jepang sambil berusaha untuk kembali ke masa depan alias masa aslinya dia.

Gakuen Basara. Studio: Brain’s Base.

ANime Musim Gugur 2018 - Gakuen Basara

Sumber: YouTube

Merupakan spin-off dari video game epik Capcom “Sengoku Basara”, Gakuen Basara mengambil tema komedi sekolahan sebagai plesetan tema asli Sengoku Basara yang berupa perang Sengoku seperti dalam sejarah Jepang. Karakter sejarah seperti Date Masamune dan Sanada Yukimura kembali bertempur dan bersaing; kali ini untuk menggeser Toyotomi Hideyoshi sebagai Ketua OSIS sekolah mereka. Pastinya gokil!

Thunderbolt Fantasy – Season 2. Studio: Pili International Multimedia.

Anime Musim Gugur 2018 - Thunderbolt

Sumber: YouTube

“Anime” ini sebenarnya menarik. Bayangkan boneka puppet seperti Si Unyil atau “Sesame Street”, tapi dalam situasi kang auw alias dunia persilatan. Keren ‘kan? Tapi entah mengapa gaungnya tidak terlalu besar di kalangan penikmat anime. Apa karena formatnya yang bukan murni anime? Mungkin. Padahal kreator dari seri ini adalah Gen Urobuchi, alias “Urobutcher”, yang sudah punya nama serta fans di dunia anime. Walau reputasinya buruk karena suka ‘menjagal’ karakter favorit fans.

To Aru Majutsu no Index – Season 3. Studio: J.C. Staff

Anime Musim Gugur 2018 - To Aru

Sumber: SGCafe

Secara pribadi saya belum pernah nonton satu episode pun anime ini tapi saya tahu banyak fans anime yang menyukai judul ini. Bertema kekuatan supranatural, To Aru Majutsu no Index memiliki animasi yang bagus dengan soundtrack yang keren. Bahkan dari reaksi teman-teman sesama penggemar anime saya bisa memastikan kalau mereka sudah nggak sabar menunggu season ketiga dari To Aru Majutsu no Index ini.

Gyakuten Saiban: Sono “Shinjitsu”, Igi Ari! – Season 2. Studio: CloverWorks.

Anime Musim Gugur 2018 - Gyakuren Saiban

Sumber: Brotaku

Ini tadinya adalah game “detektif/pengacara/prosedur pengadilan” unik dari Capcom Jepang. Mirip game visual novel namun lebih kompleks dengan puzzles dan tema serius, walau penyampaiannya seringkali komedik, game yang di Amerika diberi judul “Phoenix Wright – Ace Attorney” ini di adaptasi menjadi sebuah anime yang sama serunya dengan game. Untuk fans game Gyakuten Saiban tentu saja anime ini merupakan ‘bonus’ yang menyenangkan dari Capcom. Sementara untuk mereka yang tidak pernah memainkan game Phoenix Wright, anime ini dapat jadi pemicu mereka agar memainkan game keren tersebut.

Masih ada beberapa judul anime untuk musim gugur 2018 di Jepang. Semuanya punya pangsa pasar sendiri-sendiri. Beberapa akan sukses dan mendapatkan season berikutnya kelak. Lainnya akan hilang dan terlupakan bersama ribuan judul anime-anime sebelumnya yang kurang sukses meraih atensi otaku.

TV Anime mana yang paling kamu tunggu-tunggu musim ini? Jangan sungkan untuk menulis di bagian komentar jika ada, ya!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: heyeonni.com

Patut Dicontoh! Berikut Strategi Korea Untuk Meningkatkan Minat Membaca Masyarakatnya

Sebenarnya ada strategi menarik yang bisa dicontoh lewat drama Korea... more

Sumber: youtube.com

Jika “The Expendables” Adalah Film Kelas A, Maka “Showdown in Manila” Adalah Film Kelas B

Memang terlalu jahat jika membandingkan Showdown in Manila ini dengan salah satu dari The Expendables... more

sumber: http://variety.com

“Lady Bird”, Film Terbaik Di National Society of Film Critics

Setiap tahun NSFC selalu mengadakan acara penghargaan kepada para penggiat film. Tahun ini tepatnya 6 Januari 2018 pengh.. more

cloverlines

Komik Cloverlines Akan Go International Lewat Kickstarter!

Cloverlines, komik Indonesia karangan Wednesday Ash, asteriesling dan nachocobana akan terbit secara internasional lewat.. more

[CONFIRMED] Pemeran Live Action Mulan Sudah Ditetapkan, Kenalan Yuk!

Para netizen banyak yang berprediksi, film tersebut kemungkinan besar gagal. Why?.. more