UBL Manga Fest: Seminar Internasional Manga Pertama di Indonesia

3 years ago

Dunia kreatif memang tak akan pernah bisa redup dan tak akan pernah selesai dibicarakan. Kali ini Universitas Budi Luhur bekerjasama dengan Meiji University, Jepang dan IkuZo! menyelenggarakan Budi Luhur Mangafest 2017. Acara ini diisi dengan seminar, workshop hingga berbagai lomba. Sesuai dengan temanya, yaitu Mangafest, otomatis hampir seluruh acara ini membahas mengenai manga dan peluangnya di dunia kreatif.

Sebagai produk yang dengan penjualan cukup tinggi, manga memang memiliki tempat sendiri di masyarakat Indonesia pecinta manga. Tentunya jika membicarakan soal manga, tak afdol apabila tidak mengundang pembicara negara asalnya, Jepang. Oleh karena itu, Universitas Budi Luhur mengundang pembicara langsung dari Jepang dan komikus asal Indonesia, yakni Seika Tadahiro dari Kyoto Seika University dan Mukhlis Nur.

Penampilan spesial dari salah satu mahasiswi asal Jepang.

Penampilan spesial dari salah satu mahasiswi asal Jepang.

Manga sudah banyak menginspirasi para komikus di dunia salah satunya Indonesia. Namun, profesi menjadi mangaka kurang begitu populer dikarenakan kurangnya wadah dan hubungan kerjasama antara mangaka dan penerbit. Oleh karena itu, event ini kemudian digelar untuk menambah serta meningkatkan potensi mangaka di Indonesia, “Objektif dari program ini adalah untuk mendorong peningkatan potensi manga/komik sebagai salah satu bentuk ekonomi kreatif,” ujar Arief Ruslan, S. Kom., M.Sn., Kepala Lab Animasi Budi Luhur dan juga Ketua Panitia Budi Luhur Mangfest 2017.

Lalu, sebagai bentuk nyata kerja sama antara Universitas Budi Luhur dengan Meiji University dan Kyoto Seika University. FIKOM Budi Luhur melalui event ini juga akan mengembangkan program studi (prodi) baru bersama Kyoto University dan Meiji University. Hal ini terkait dengan komitmen Universitas Budi Luhur untuk mendorong industri kreatif. Apalagi saat ini sudah banyak sekali kesempatan kerja bagi para pelaku industri kreatif, salah satunya menjadi komikus.

CIAYO Comics turut membuka booth di UBL Manga Fest.

CIAYO Comics turut membuka booth di UBL Manga Fest.

Dilansir dari jpnn.com, Rektor Universitas Budi Luhur, Didik Sulistyanto mengatakan, seminar ini merupakan seminar internasional perdana yang terkait dengan manga. “Kenapa kami angkat manga sebagai seminar internasional? Kaitannya dengan inovasi yang berbasis pada ekonomi kreatif yang saat ini menjadi penting. Banyak film kartun yang tiap hari kita nikmati. Sebagian besar film kartun tersebut adalah karya anak bangsa,” kata Didik.

Dia menambahkan, untuk meningkatkan perekonomian kreatif, hal itu merupakan terobosan dalam pencapaian daya saing bangsa. “Daya saing tidak hanya dicapai dari science dan teknologi, tapi juga dari hal-hal yang terkait dengan industri kreatif. Semoga kegiatan ini bisa memacu pertumbuhan ekonomi kreatif di masa mendatang,” kata Didik.

Cosplay, sebagai salah satu kompetisi dalam event ini.

Cosplay, sebagai salah satu kompetisi dalam event ini.

CIAYO Comics, salah satu platform komik Indonesia yang berisi komik digital Indonesia juga berkomitmen untuk memberi wadah bagi para pelaku industri kreatif untuk bersama-sama membangun ekonomi kreatif Indonesia, dimana para pembuat komik dapat bekerja sama dengan CIAYO untuk membuat komik mereka dan dapat dinikmati oleh para pecinta komik.

Setelah sukses dengan event yang pertama, CIAYO Comics One-shot Challenge Vol.2 hadir lagi dengan tantangan baru, makin seru, dan hadiahnya makin dahsyat. Pemenang juga akan mendapatkan gadget canggih terbaru dengan total hadiah lebih dari 100 juta rupiah. Para pemenang terbaik tentunya juga bisa berkolaborasi bersama CIAYO Comics dan ikut andil dalam upaya mengembangkan komik karya anak bangsa. Untuk info lebih lengkap bisa dilihat di sini.

Poster CIAYO Comics One−shot Challenge Vol. 2 (www.instagram.com/ciayocom)

Poster CIAYO Comics One−shot Challenge Vol. 2 (www.instagram.com/ciayocom)

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

Tere Liye

Sering Digunakan Sebagai Caption, Tere Liye Larang Netizen Gunakan Quotes-nya

Penggunaan caption sebagai pelengkap konten kita di media sosial kayaknya sekarang udah menjadi hal yang penting. Sayang.. more

chika idol festival

Chika Idol Festival: Mencari Idol Bertalenta Untuk Ennichisai

Chika Idol Festival dihadiri oleh 12 grup idol cewek-cowok yang memperebutkan panggung untuk tampil di Ennichisai 2019 b.. more

sumber: CIAYO Pictures

Jonbray Komik: “Di CCC Bisa Sharing Bareng Komikus”

CIAYO Comics Club telah selesai diselenggarakan. Banyak sekali komikus yang datang meramaikan perhelatan ulang tahun CIA.. more

E3 2019

E3 2019 Belum Dimulai, Tapi Banyak Game Baru Diumumkan

Hanya tersisa dua minggu sampai E3 2019 diadakan, namun nampaknya beberapa developer sudah tidak sabar mengumumkan game .. more

(Sumber gambar: HorribleSubs)

Kesan Awal TV Anime GeGeGe no Kitaro Versi Terkini 2018

Gegege no Kitaro, anime action supranatural baru pengganti slot dragon ball. Anime ini di adaptasi dari manga klasik ber.. more