Ucapkan Selamat Datang Pada Anggota Baru The Powerpuff Girls!

8 months ago
Powedpuff Girls are back! Sumber: VS Battles Wiki

Bro sis penggemar American cartoon pastinya tahu channel Cartoon Network. Nama ini populer dengan karya-karya animasi kartun televisi mereka yang ikonik. Seperti misalnya Dexter dan Ben 10. Atau Adventure Time. Serta tentu saja kartun imut, lucu namun juga seru seperti The Powerpuff Girls.

Channel kartun populer dari Amerika Serikat. Sumber gambar: elmos-world-fanon.wikia.com

Channel kartun populer dari Amerika Serikat. Sumber gambar: elmos-world-fanon.wikia.com

Kartun animasi The Powerpuff Girls sejatinya sudah lama beredar di televisi. Premiere debut ofisial The Powerpuff Girls terjadi pada tanggal 18 November 1998 di saluran televisi Cartoon Network. Episode terakhir diputar pada 25 Maret 2005 dengan jumlah total sebanyak 78 episode plus beberapa spin-off dan film bioskop. Serial ini juga meraih dua Emmy Awards, dua Annie Awards, serta nominasi Kids’ Choice Award bersama 15 nominasi penghargaan lainnya.

The Powerpuff Girls sendiri menceritakan tentang tiga anak perempuan usia TK/kindergarten yang tercipta secara tidak sengaja oleh Professor Utonium. Seperti yang selalu diceritakan di awal-awal kartun ini diputar:

“Professor Utonium sedang berusaha menciptakan ‘anak perempuan yang sempurna’ dari ramuan gula, rempah-rempah, dan semua hal-hal baik lainnya saat dia tanpa sengaja menjatuhkan Chemical X ke dalam ramuan sehingga terciptalah tiga anak perempuan dengan kemampuan extraordinary seperti terbang, kekuatan super, kecepatan tinggi, kemampuan pandangan x-ray, heat vision, dan juga beberapa kemampuan superhero lainnya.

Blossom the everything nice memiliki peran sebagai sang pemimpin dengan tampilan kostum warna pink. Bubbles the sugar, merupakan anak gadis ceria berpenampilan seragam biru. Dan Buttercup the spice yang merupakan karakter tomboy petarung dengan display kostum hijau. Ketiganya menjadi superheroes dan menjaga kota Townsville dari berbagai kejahatan sambil menjalani hidup sebagai anak perempuan biasa”.

Bubbles, Blossom & Buttercup. Sumber gambar: thewarclan.com

Bubbles, Blossom & Buttercup. Sumber gambar: thewarclan.com

Kartun ini tergolong sukses, dengan enam season yang dibuat dalam kurun waktu 1998 hingga 2005. Berbagai merchandise seperti boneka ataupun video game Powerpuff Girls juga laris manis di pasaran. Powerpuff Girls juga menjadi sebuah simbol ‘girl power’ yang menginspirasi anak-anak perempuan di banyak tempat di seluruh dunia.

Tak heran saat kreatornya, Craig McCracken, memutuskan untuk menghentikan pembuatan Powerpuff Girls di tahun 2005, banyak fans yang merasa kehilangan. Namun saat itu McCracken berpendapat kalau Powerpuff Girls sudah sampai di titik jenuh sehingga sudah saatnya untuk diakhiri.

Craig McCracken. Professor Utonium yang sebenarnya? Sumber gambar: youtube.com

Craig McCracken. Professor Utonium yang sebenarnya? Sumber gambar: youtube.com

Di ulang tahun ke sepuluh dari kartun ini pada Agustus 2008, McCracken mengumumkan kalau akan ada episode khusus untuk merayakan 10 tahun Powerpuff Girls. Episode tersebut kemudian ditayangkan di channel Pan-Euro Cartoon Network pada November 2008 serta di Amerika Serikat sendiri pada Januari 2009.

Mungkin karena desakan fans dan melihat peluang bagus untuk mengorbitkan kembali serial populer ini, Cartoon Network akhirnya melakukan reboot The Powerpuff Girls.

Di bulan Juni tahun 2014, pihak cartoon network pun sudah mengumumkan bahwa serial perdana dari reboot Powerpuff Girls ini akan tayang pada 4 April 2016 di Cartoon Network Amerika Serikat. Dan terdapat perubahan dubber pada tokoh utama, yaitu Blossom, Bubbles dan Buttercup. Namun, pengisi suara Walikota Townsville dan Professor Utonium masih menggunakan  suara dubber sebelumnya yaitu Tom Kenny dan Tom Kane.

The Powerpuff Girls versi reboot tahun 2016. Tidak ada perubahan drastis di desain karakter Bubbles, Blossom & Buttercup. Sumber gambar: polygon.com

The Powerpuff Girls versi reboot tahun 2016. Tidak ada perubahan drastis di desain karakter Bubbles, Blossom & Buttercup. Sumber gambar: polygon.com

Karena merupakan reboot, maka di serial The Powerpuff Girls terbaru ini akan menampilkan nuansa yang sedikit berbeda dibandingkan serial aslinya. Yang paling mencolok adalah penambahan karakter baru sebagai bagian dari Powerpuff Girls.

Ucapkan Halo untuk Bliss! Atau lengkapnya Blisstina Francesca Francia Mariam Alicia Utonium.

Bliss. Onee-san dari Blossom, Bubbles & Buttercup. Sumber gambar: mymbuzz.com

Bliss. Onee-san dari Blossom, Bubbles & Buttercup. Sumber gambar: mymbuzz.com

Sepuluh tahun yang lalu, sebelum dia tidak sengaja menciptakan Blossom, Bubbles dan Buttercup, Professor Utonium sudah melakukan eksperimen menciptakan ‘perfect little girl’ dengan sugar, spice, everything nice, dan Chemical A-V.

Bliss adalah putri pertama Professor Utonium, dan tercipta dari Chemical W yang memberikan dia kekuatan telekinetik, teleportasi, yang tidak dimiliki oleh ‘adik-adiknya’ di Powerpuff Girls.

Kakak tertua yang lama menghilang. Sumber gambar: Cartoon Newtork

Kakak tertua yang lama menghilang. Sumber gambar: Cartoon Newtork

Karena berusia lebih tua dari ketiga Powerpuff Girls, Bliss digambarkan dengan sosok yang dewasa menyerupai anak gadis yang beranjak remaja dibandingkan Blossom, Bubbles dan Buttercup yang mirip anak TK.

Bliss digambarkan dengan rambut panjang  bewarna biru, berkulit gelap, dan memakai kostum berwarna ungu/jingga. Bliss juga lebih sulit mengontrol emosinya sehingga sering menyulitkan karena powernya jadi tidak terkendali dan merusak. Karena merasa akan jadi masalah, Bliss dahulu terbang pergi meninggalkan rumah Professor Utonium dan ‘bertapa’ di sebuah pulau bernama Bird Poop Island.

Dia berteman dengan Me (yang ternyata adalah *SPOILER ALERT* HIM, musuh besar The Powerpuff Girls) dan hidup di pulau itu untuk mengendalikan diri. Bliss kemudian kembali ke Townsville dan menemukan kalau dia punya tiga adik perempuan. Mereka kemudian melakukan rekonsiliasi setelah sebelumnya terjadi kesalahpahaman. Bliss kini hidup bersama para Powerpuff Girls sambil terus berusaha mengendalikan diri dan kekuatannya sebagai gadis remaja.

Kakak beradik superheroes dari Cartoon Network. Sumber gambar: rappler.com

Kakak beradik superheroes dari Cartoon Network. Sumber gambar: rappler.com

Reboot The Powerpuff Girls ini cukup menarik dan atraktif, namun perlu waktu untuk reboot ini agar mampu mencapai level seperti serial aslinya. Karena beberapa pendapat negatif menaungi reboot ini; bahkan Craig McCracken sebagai pencipta aslinya sempat menyatakan lewat Twitter kalau dia tidak memberikan persetujuan atas dibuatnya reboot ini. Begitu juga tiga pengisi suara lama Blossom, Bubbles & Buttercup (Cathy Cavadini, Tara Strong & E.G. Daily) yang secara terbuka menyayangkan pergantian mereka sebagai pengisi suara di reboot ini.

Perlu waktu untuk reboot ini agar menyamai pencapaian sebelumnya. Sumber gambar: io9.gizmodo.com

Perlu waktu untuk reboot ini agar menyamai pencapaian sebelumnya. Sumber gambar: io9.gizmodo.com

Tapi karena baru berlangsung dua season, reboot The Powerpuff Girls ini masih punya banyak kesempatan untuk membuktikan diri kalau mereka bisa sebagus (atau bahkan lebih baik dari) serial aslinya. Bro sis yang menyenangi animasi kartun Amerika dapat menyimak serial superhero dari Cartoon Network ini dan menilai sendiri, apakah reboot ini sebuah ide buruk atau sebuah langkah maju dari serial The Powerpuff Girls di era 90an?

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Jessica Kholinne : Melanglang Buana dari DC Comics Hingga Marvel

Dalam interview kali ini, Jessica Kholinne banyak berbagi tentang pengalaman dan tantangannya sebagai colorist profesion.. more

Menanti Deretan Video Games Terbaik Yang Rilis 2017-2018

Bisnis video game selalu ramai dan bergairah. Game-game baru dan sekuel silih berganti datang menyapa gamers di seluruh .. more

Sumber: youtube.com

Mahoutsukai no Yome: Kehidupan Sehari-hari Seorang Magus dan Murid yang Dicintainya

Para penikmat anime musiman, terutama yang mengikuti anime musim gugur 2017 dan musim dingin 2018 ini, pasti pernah mend.. more

(source 1: m.korea.net)

Seberapa Penting Olympic Winter Games untuk Korea Selatan?

Korea Selatan lagi giat-giatnya mempromosikan Olympic Winter Games yang ke-23. Kompetisi olahraga ini nantinya bakal dia.. more

Duta Pi, Pemenang CIAYO Comics One Shot Challenge dengan ‘As Long As I Lived’

Setelah diumumkan sebagai pemenang One Shot Challenge Vol. 1, kini saatnya Duta Pi, author dari As Long As I Lived menda.. more