Dapat Ulasan Positif, Developer God of War Tak Kuasa Menahan Tangis

4 weeks ago

Sering kali kita lupa, bahwa di balik setiap film, game, atau musik yang kita nikmati, ada sosok manusia yang bekerja keras mencurahkan segala isi pikiran, waktu dan tenaga untuk mewujudkan hal yang kamu nikmati dan juga cintai.

01 god of war

Sumber: Gearnuke

God of War merupakan satu dari sekian banyak game AAA yang diterbitkan oleh perusahaan gaming internasional. God of War yang merupakan game flagship dan eksklusif rilian Sony ini senantiasa meraih tanggapan positif dari para gamer. Namun, dalam sekuelnya yang ke-4 ini, ada sesuatu yang berbeda.

God of War terbaru di tahun 2018 ini adalah game perdana God of War untuk konsol PS4. Kamu mungkin mengenal sosok Kratos si dewa perang dan usahanya untuk bisa mengalahkan Zeus. Namun kali ini, sosok Kratos berubah drastis. Kini ia menjadi sosok ayah yang lebih tenang dan bijaksana bagi anaknya, Atreus.

02-god-of-war

Sumber: EW

Dalam game terbarunya ini, Kratos dan keluarganya tinggal di utara, yang kental akan pengaruh mitologi Nordik. Faye, istri Kratos dan ibu dari Altreus, meninggal dunia. Ia berwasiat agar Kratos dan Altreus menebar abunya di puncak gunung tertinggi di seantero sembilan alam Nordik. Petualangan Kratos dan Altreus mencapai puncak gunung tersebut tidaklah mudah, karena ada bahaya yang mengintai dari para monster dna bahkan dewa-dewi Nordik.

Berbeda pula dengan game sebelumnya, God of War terbaru tak lagi mengadopsi sistem hack and slash. Kratos kini bertarung dengan kampak alih-alih belati gandanya. Terdapat pula elemen-elemen khas RPG seperti skill point dan crafting.

03-god-of-war

Sumber: Unilad

Meski memiliki perubahan radikal dari game-game terdahulu, God of War terbaru ini berhasil memikat hati gamer dan kritikus. Saat ini God of War menjadi salah satu game PS4 dengan rating tertinggi di tahun 2018, mengalahkan berbagai judul lain dari konsol berbeda. Media publikasi lain pun memberikan nilai sempurna, atau di atas 9.

Diklaim sebagai game “sempurna,” God of War disebut memukau dari aspek permainan, grafik, konsep artistik, nuansa sinematik, cerita, musik, mitologi, dan karakterisasi. Kritikus menganggap God of War berhasil menciptakan konsep baru tanpa melupakan esensi utama dari serial God of War.

Cory Barlog, sutradara untuk game God of War, menanggapi respon positif terebut secara emosional. Dalam sebuah video Youtube, Barlog terlihat bersiap untuk melihat ulasan-ulasan dari God of War di situs Metacritic. “Saya merasa sangat gugup,” ungkap Barlog. “Lima tahun kami habiskan untuk membuat game ini, momen ini sangat berarti.”

Apa yang terjadi sesudahnya? Barlog merasa sangat terharu.

Barlog tak kuasa menahan harunya. Sesekali ia merasa sesenggukan, mencoba untuk tidak menangis. Namun, ia akhirnya tak bisa menahan dirinya sendiri. Barlog menangis, sembari berusaha menyeka air matanya. Reaksi Barlog sangat mengharukan, apalagi kita bisa menyaksikan Barlog terkesima saat melihat nilai God of War naik dari 93 menjadi 94. (saat ini nilainya 95).

04-god-of-war

Sumber: GeekTyrant

“Saya tak peduli lagi (dengan nilai), karena saya sangat bangga,” lanjut Barlog setelah ia merasa tenang. “Banyak orang yang menyumbangkan tenaga, serta kepercayaan, dan saya sangat beruntung bisa bekerja bersama orang-orang seperti mereka.”

Barlog memiliki alasannya sendiri untuk mengunggah video tersebut. “Awalnya saya bimbang apakah perlu mengunggah video ini atau tidak, namun saya teringat akan apa yang tengah dijalani anak saya, Helo,” tulis Barlog dalam video tersebut.

“Dia hanya ingin sendirian saat merasa sedih, lari ke kamar kosong dan berteriak jika kami mencoba untuk masuk. Sangat penting bagi kami untuk meyakinkan dia bahwa tak ada salahnya merasa sedih atau menangis. Tak ada yang perlu disembunyikan,” lanjutnya.

“Saya ingin memberikan contoh baginya, bahwa papa juga bisa menangis di depan orang-orang di seluruh dunia, atau minimalnya 50 orang yang menonton video ini. Ini untuk kamu, Helo. Papa sayang kamu.”

05-god-of-war

Sumber: Too Much Gaming

Di sini kita bisa melihat bahwa Barlog benar-benar mengerjakan God of War secara sungguh-sungguh. Ia mencurahkan segala hasrat, pikiran, dan tenaga untuk mewujudkan game ini. Nampak jelas bahwa hubungan antara Barlog dan anaknya dapat terlihat jelas dalam sosok Kratos yang kini telah bertaubat dan berusaha membimbing anaknya.

Beruntung bagi Barlog, komunitas game mampu melihat hasil kerjanya, dan memberikan tanggapan positif. Bisa dikatakan, mereka juga mampu merasakan sisi humanis dan sentimentalisme yang menjadi benang merah God of War. Layaknya A Way Out, God of War pun sukses karena ada sentuhan alami dari manusia yang membuatnya. Inilah ketulusan yang gamer cari di setiap game yang mereka mainkan.

Bagaimana menurut kamu sendiri? Sudah main God of War, dan merasakan langsung kuatnya sosok Kratos yang baru? Beri tahu di kolom komentar ya!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

sumber: cinepop.com.br

8 Film Pilihan Di Bulan April, Dari Kawanan Super Hero Sampai Adaptasi Video Game

Kira-kira ada film apa saja di bulan April ini, ya?.. more

00 d CIAYO Comics Challenge Vol. 3

Siap Ikut CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Baca Dulu Aturan Mainnya!

Sebelum mulai membuat komik, author harus memahami dulu aturan main di CIAYO Comics Challenge Vol. 3 agar tidak terdisku.. more

(Sumber : Koleksi Foto Dhiqi Hasbi)

Kangen sama ASO? Ngobrol Bareng sama Author Komik ASO Dulu Yuk!

Komik ASO itu based on true story bukan ya?.. more

Sabrina – Chapter 9: Kerja di Bali Hanya Mitos

Tujuan utamaku ke Bali adalah bekerja. Tapi hawa laut dan angin pantai tak kuasa kutahan godaannya... more