Ultra Space Battle Brawl Jadi Salah Satu Game Indonesia Pertama Yang Hadir di Switch

2 weeks ago
00-ultra-space-battle-brawl

Menerbitkan game di konsol game populer sedunia jadi mimpi setiap developer game di Indonesia. Dan melalui perjuangan yang sangat berat, akhirnya mimpi itu berhasil terwujud. Mojiken Studio bersama publisher Toge Productions akhirnya berhasil merilis game mereka Ultra Space Battle Brawl di konsol Nintendo Switch!

ultra space battle brawl

Sumber: Nintendo

Prestasi ini sangat membanggakan karena Ultra Space Battle Brawl menjadi game Indonesia kedua yang hadir di platform milik Nintendo. Yang pertama adalah Fallen Legion dari Mintsphere. There’s always a first for everything, namun Mojiken dan Toge menyajikan game yang nampak sangat sempurna bila dimainkan dalam Switch.

Ultra Space Battle Brawl merupakan game party yang mengkombinasikan game fighting dengan mekanika game klasik Pong dan grafik 16-bit yang sangat retro. Gamer diwajibkan untuk menghancurkan kristal lawan dengan memukul sebuah bola. Gamer pun bisa melindungi kristal mereka sendiri dengan menangkis bola yang datang.

Sumber: Nintendo

Sumber: Nintendo

Meski kelihatan sederhana, tapi proses pembuatan Ultra Space Battle Brawl tidak segampang memukul bola. CEO Toge Productions Kris Antoni mengungkapkan bahwa proses pembuatan game untuk konsol cukup berbeda dengan membuat game untuk PC, dan hal itu menjadi tantangan tersendiri.

“Kami beruntung punya teman yang aktif dalam industri game dan sering mengikuti event game,” tutur Kris. “Saat kami menceritakan target kami (merilis USBB di konsol), dia memahami bagaimana sulitnya developer game Indonesia dilirik oleh pemilik platform game konsol. Karena itu saat dia bertemu dengan perwakilan Nintendo di satu event, dia memberikan email Toge Productions dan mengatakan kami butuh development kit Nintendo Switch.”

Sumber: Nintendo

Sumber: Nintendo

Kris kemudian menceritakan bagaimana Toge Productions bisa mendapatkan dev kit Nintendo Switch untuk membuat game Ultra Space Battle Brawl. “Tak lama setelahnya, mereka mengontak kami dan memberikan jalan untuk membeli dev kit tersebut. Kami juga bertemu dengan perwakilan Nintendo saat memamerkan USBB di Busan Indie Connect dan Tokyo Game Show 2017. Saat ini Nintendo memang lebih suportif dan terbuka terhadap para developer indie,” ungkap Kris.

Masalah tak selesai sampai di situ saja karena dev kit Nintendo Switch tersebut sempat tertahan di bea cukai. Petugas menganggap dev kit tersebut sebagai mainan dan bukan alat produksi, sehingga menimbulkan polemik perizinan SNI yang saat itu sedang jadi topik hangat. Beruntung dengan bantuan BEKRAF dan Asosiasi Game Indonesia, tiga dev kit yang dibawa oleh Toge Productions bisa masuk ke Indonesia.

Sumber: Nintendo

Sumber: Nintendo

Dengan dev kit Switch di tangan, maka Ultra Space Battle Brawl resmi hadir di Nintendo Switch. Game ini bisa kamu dapatkan secara digital di toko official Nintendo. Setelah USBB, game Indonesia lainnya akan segera hadir di Switch, yaitu Ghost Parade dan Valthirian Arc: Hero School Story. Dengan bantuan publisher internasional, sangat memungkinkan kedua game tersebut akan diedarkan secara fisik dan digital ke seluruh dunia.

Makin maraknya developer game Indonesia yang harum namanya di kancah internasional, artinya masa depan dunia video game di Indonesia semakin cerah. Hal ini semakin membuktikan bahwa gamer di Indonesia juga nggak cuma sekedar bisa main game, tapi bisa bikin game pula.

Kamu bisa saksikan sendiri seberapa maju komunitas developer game Indonesia di event BEKRAF Game Prime 2018, tanggal 14-15 Juli 2018 di Balai Kartini Jakarta. Segera book tiket gratis kamu di bit.ly/bgp2018.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-fakta-deadpool

Fakta Menarik Deadpool Yang Harus Kamu Tahu

Mumpung filmnya masih ada di bioskop ini dia berbagai fakta Deadpool yang harus kamu tahu sebelum masuk ke bioskop!.. more

Grup band J-Rock paling kondang sejagat. Sumber gambar: larc-en-ciel.com

L’Arc~en~Ciel: Grup Band J-Rock Gaek Yang Tetap Bertahan

Seharusnya grup J-Rock legendaris seperti L’Arc~en~Ciel, alias “Laruku”, tidak memerlukan introduksi lagi... more

Teriakan Berdarah – File 003 Dia Kembali

Apakah ingatan masa lalu akan membuatmu lega? Setelah sekian lama sibuk dengan keseharianku, dia kembali... more

(Sumber: jurnalotaku)

Eiichiro Oda: Mangaka dengan Dedikasi yang Extraordinary

Bekerja sesuai passion tentu merupakan hal yang sangat menyenangkan bukan? Namun bukan berarti segalanya mulus-mulus saj.. more

Sumber: youtube.com

Mahoutsukai no Yome: Kehidupan Sehari-hari Seorang Magus dan Murid yang Dicintainya

Para penikmat anime musiman, terutama yang mengikuti anime musim gugur 2017 dan musim dingin 2018 ini, pasti pernah mend.. more