Unbreakable, Split & Glass : Tanda Kembalinya Sang Mantan Legenda?

1 month ago
Glass - review

Perlu diakui, saat saya pertama kali melihat film Split yang dibintangi oleh James McAvoy saya tidak tahu bahwa film tersebut disutradarai oleh M. Night Shyamalan. Saya pun bukan penggemar yang begitu nge-fans pada beliau, hanya tahu beberapa karyanya baik yang berkualitas maupun kurang diminati.

Tapi setelah beberapa bulan film Split dirilis, muncul berita bahwa sekuel film Split berjudul ‘Glass’ akan dibuat bersambung dengan film pendahulunya yang berjudul ‘Unbreakable’. Dengan begitu, akan tercipta Shayamalan universe yang berisikan para orang-orang ‘gila’ yang pastinya punya cerita yang menarik banget untuk diikutin.

Dan pada titik inilah saya bertanya dalam hati : apakah ini saatnya saya nge-fans berat sama M. Night Shayamalan?

Glass : Berkumpulnya Para Manusia ‘Super’

Glass - David - Dennis

empireonline.com

Tidak dipungkiri bahwa Shayamalan sekarang ini sedang mencoba mendaki jurang keterpurukan yang dia masuki setelah membuat film The Last Airbender. Solusinya, dia mencoba membuat universe sendiri dengan genre pyscho-thriller yang sempat mengharumkan namanya dulu melalui film Unbreakable. Shayamalan mencoba memberikan ranah ini sensasi angin segar, dengan menghubungkan film Unbreakable dan Split secara bersamaan.

Baca juga: Film Glass, Sebuah Univers Yang Tidak Terduga Sekaligus Penuh Harapan Penggemar

Pada film Unbreakable, kita dihadirkan dua orang tokoh yang bernama David Dunn dan Elijah Price, dua karakter yang berbeda rupa namun memiliki minat intristik yang sama. David Dunn memiliki alter ego yang punya kemampuan bagaikan manusia super, dia tidak pernah sakit, tidak bisa terluka, dan mampu melihat apa yang akan dilakukan oleh seseorang dimasa depan.

Sedangkan Elijah Price adalah seorang pria yang punya IQ yang sangat tinggi, namun sayang dirinya terkena penyakit yang menyebabkan tulangnya sangat rapuh. Dia juga memiliki seorang alter ego yang bernama Mr. Glass, seorang pria yang terobsesi dengan kehadiran superhero di dunia nyata. Dialah yang akan menjadi tokoh utama di film Glass, yang kemungkinan besar akan menceritakan hubungan antara David Dunn dan Dennis alias The Horde pada film Split yang tayang 2017 silam.

Glass - alter ego

Sumber: deviantart.com/monsta87

Denis yang mempunyai 23 kepribadian dalam satu tubuh jelas sudah memberikan cerita yang menarik di film Split. Apalagi saat kepribadian ke-24 muncul dan mendapatkan spotlight, suasana film langsung bergerak cepat, mencekam, dan membuat penonton menahan nafas. Sampai akhirnya, kita mendapatkan hubungan yang jelas antara film Unbreakable dan Split di penghujung film. Akan ada film ke-3 yang menghubungkan karakter David Dunn dan Denis yang sudah ditakdirkan akan bertemu dengan Mr. Glass.

Hmm, kira-kira apa yang akan terjadi ya di film Glass?

Unstoppable Force Vs Immovable Subject

Kalau kita melihat perbandingan antara trailer film Unbreakable, Split, dan Glass akan sedikit terlihat perbedaan yang gamblang. Jika dua film pendahulunya penuh dengan suasana mistis dan misterius, trailer film Glass kali ini justru menyajikan adegan aksi yang tidak terlihat sebelumnya. Kalau kamu penasaran, kamu bisa menonton trailernya dibawah ini :

Ada beberapa hal menarik yang sedikit saya temukan setelah menonton trailer tersebut. Pertama, film Glass akan menjadi momentum bagi seluruh karakter universe Shayamalan untuk saling bertemu satu sama lainnya. Mereka dipersatukan di fasilitas psikiatris milik pemerintah yang sepertinya sedang meneliti para subjek yang merasa mereka punya kemampuan super.

Kedua, ada beberapa karakter di film sebelumnya yang akan kembali bergabung di film Glass. Salah satunya adalah Casey Cooke, seorang remaja yang pernah disekap oleh Dennis untuk menjadi makanan The Beast, kepribadian nomor 24 yang haus darah. Dari wawancara yang dilakukan oleh Screenrant dengan aktris Anya Taylor-Joy yang memerankan karakter Casey, ada kemungkinan Casey akan menjadi tokoh vital di film Glass ini.

Baca juga: 6 Film Superhero Yang Berani Tampil Unik dan Beda

Sedikit buktinya, di trailer ini kita dapat melihat Casey seakan menenangkan karakter Dennis dengan memegang lembut wajahnya, menyiratkan bahwa Casey memiliki hubungan emosi tersendiri dengan The Horde.

Glass - The Beast

Sumber: zerotrailers.com

Dan poin terakhir yang dapat saya tangkap dari trailer kali ini adalah akan ada pertarungan sengit antara unstopable force milik The Beast, melawan immovable subject alias David Dunn. Kita tahu bahwa dua karakter ini saling bertolak belakang, di mana David adalah seorang pelindung dan The Horde adalah seorang penghancur. Di awal trailer kita bisa melihat David Dunn bersentuhan langsung dengan Dennis, yang kemudian membuatnya dapat melihat apa yang akan dilakukan oleh The Horde pada sekumpulan cheerleaders yang dia disekap di semacam ruang bawah tanah.

Pertemuan antara David Dunn dan The Beast nantinya akan menjadi pertempuran klasik antara seorang hero dan villain layaknya komik superhero, di mana David akan menjadi seorang pahlawan yang ingin menyelamatkan dan melindungi orang tidak bersalah, dan The Beast akan menjadi ‘monster’ yang mengancam semua manusia.

Lalu, dimana posisi Mr. Glass? Apakah dia akan bergabung dengan David, atau malah bersekongkol dengan The Beast?

Glass - karakter

Sumber: youtube.com

Meskipun di trailer kita melihat Glass seperti ingin bergabung bersama Denis dan The Horde, saya menduga kalau Glass akan bersikap netral pada keduanya. Glass merupakan seseorang yang terobsesi dengan manusia super, dan ingin menunjukan pada dunia bahwa mereka ada, dan mereka bernama David Dunn dan The Horde. Dan untuk mencapai tujuannya, kemungkinan besar dia akan menggunakan pertarungan antara David dan The Beast agar mereka bisa diketahui oleh masyarakat luas.

Ibarat narator dalam sebuah cerita, dia akan berada di tengah-tengah David dan The Horde sebagai ‘sutradara’ yang mengawasi dan mengarahkan sebuah pertunjukan. Kita bisa melihat Mr. Glass meminta Dennis agar dia bisa bertemu dengan The Beast, begitu juga saat dia ‘memaksa’ David Dunn untuk keluar dari sel tahanan untuk mengenakan jubah alter egonya. Dia adalah seorang mastermind yang punya IQ jenius, siap memberikan dunia sebuah pertunjukan dengan David dan Dennis sebagai bidak catur yang melawan satu sama lain.

Tapi yah, ini hanya prediksi saya saja lho ya. Bisa saja plot cerita mengambil arah yang berbeda, karena kita tahu bahwa M. Night Shayamalan selalu punya plot twist menarik dan tidak terduga di setiap karya film yang dibuatnya.

Yang jelas, universe ‘gila’ yang dibuat oleh Shayamalan pasti akan menjadi titik balik bagi dirinya untuk dapat eksis didunia film Hollywood. Sejauh dari yang saya lihat sih, film Glass akan memiliki kualitas yang ciamik dan tidak kalah dengan film Split dan Unbreakable. Mungkin saja akan lebih baik, tapi bisa saja malah flop dan membuat namanya kembali jatuh ke jurang yang sama.

Nah kalau menurutmu, apakah dengan film Glass kali ini dia dapat kembali menjadi seorang legenda?

Baca komik online di CIAYO Comics

About Author

Ben

Ben

"Seorang penulis lepas amatiran yang tampan, muda, pemberani, dan mencoba menjadi idaman mertua. Kalau ketemu di jalan tolong teriak 'BENJO' yang kenceng ya!"

Comments

Most
Popular

Sumber: outerhaven.com

Warriors All-Stars: Game Crossover Terbaru Koei Tecmo

Bro sis gamers tentu pernah melihat, bermain, atau malah ngefans dengan serial game “Musou” atau di versi Inggris di.. more

[Dragon Ball Super 128] Tersingkirnya Vegeta dan Harga Diri Bangsa Saiyan

Ada kejutan menarik buat para penggemar transformasi Super Saiyan loh!.. more

00-d-ikkubaru-showcase-debut

Pop Indonesia dan Jepang Bersatu Di ikkubaru Showcase Debut

Band city pop asal Bandung, ikkubaru, mengadakan showcase perdana mereka di Indonesia. Dalam ikkubaru Showcase Debut, me.. more

Sumber: kingdom.wikia.com

Rekomendasi Manga Kolosal Untuk Mengisi Waktu Liburan

5 manga kolosal ini tak hanya menyajikan pertempuran epik dan besar, namun juga potongan sejarah yang penuh dengan wawas.. more

Undangan Terbuka Untuk Komikus dan Penerbit Komik di Seluruh Indonesia

Kami dengan surat ini ingin mengajak para komikus lepas (freelance) tanah air untuk berkolaborasi dengan CIAYO Comics m.. more