Nathan Fillion Perankan Nathan Drake di Film Pendek Uncharted

1 month ago
00-d-uncharted-fan-film

Game Uncharted senantiasa digadang-gadang sebagai Indiana Jones-nya generasi masa kini. Dengan aksi dan set piece keren, dipadukan dengan dialog komedik dari sosok Nathan Drake, petualangan sang sejarawan merangkap pencuri ini senantiasa menyenangkan untuk diikuti hingga game terbarunya.

Dengan formula demikian, tak heran apabila Uncharted sangat cocok untuk dijadikan film layar lebar. Sony Pictures memang punya rencana membuat film prekuel Uncharted, dengan sutradara Shawn Levy dan Tom Holland didapuk sebagai Nathan Drake muda. Namun jika kamu lebih menginginkan aksi Nate yang lebih dewasa dan lebih matang, maka fan film satu ini bisa memuaskan keinginanmu.

uncharted fan film

Sumber: IMDb

Sutradara Allan Ungar yang mengepalai film Tapped Out dan Gridlocked merilis film pendek terbarunya yang berjudul… Uncharted. Ungar membuat film ini secara independen tanpa bantuan pihak ketiga. Sesuai judulnya, film pendek Uncharted ini terinspirasi dari game buatan Naughty Dog tersebut. Ungar tidak meminta izin kepada Sony atau Naughty Dog untuk memproduksi film ini, pun ia juga tidak mencari keuntungan dari film yang rilis gratis di Youtube ini. Ia bahkan tak menaruh iklan di dalamnya.

Sumber: Game Informer

Sumber: Game Informer

Terpilih memerankan sosok Nathan Drake adalah aktor veteran yang juga bernama Nathan. Nathan Fillion yang populer sebagai sosok Hal Jordan dalam film animasi Justice League/DC Comics ini nampak nyaman memerankan sang pencuri ulung. Bak Robert Downey Jr. sebagai Tony Stark, Fillion mampu menghidupkan sosok Nate dari sisi penampilan dan juga karakter jenakanya. Aksinya sebagai polisi pemula pengidap sindrom midlife crisis di serial TV The Rookie pun turut membantu Fillion membentuk karakter Nate yang lihai bertarung.

Sumber: Techno Buffalo

Sumber: Techno Buffalo

Film pendek Uncharted menceritakan sosok Nate (Nathan Fillion) yang ditangkap oleh penjahat bernama Diego (Geno Segers). Dibantu kaki tangannya El Tigre (Ernie Reyes Jr.), Diego menyiksa Nate agar ia mengembalikan artifak yang ia curi, yakni peninggalan Alfonso de Albuquerque, penjelajah Portugis yang menemukan rempah-rempah di Indonesia. Nyatanya, Nate sengaja tertangkap agar ia bisa mencuri surat-surat Alfonso yang dijaga dalam mansion milik bos Diego. Nate dibantu oleh mentornya Sully (Stephen Lang) dan Elena (Mircea Monroe) sang love interest, untuk mendapatkan surat-surat yang bisa mengatarkan mereka menuju harta karun Alfonso yang lebih berharga.

Sumber: Ungeek

Sumber: Ungeek

Meskipun disebut sebagai fan film, kualitas produksi film Uncharted ini patut diacungi dua jempol karena cukup setara dengan film-film Holywood. Beberapa adegan yang menarik misalnya adalah set pieces saat Nate meloloskan diri dan mencoba untuk kabur dari dalam mansion. Adegan yang paling mengagumkan adalah long shot kamera yang dibuat menyerupai kamera dalam game Uncharted. Cara Ungar membangun adegan ini sangat apik, seakan-akan memberikan penonton sensasi tengah bermain gamenya, dimana gamer bersiap untuk mengontrol “Nathan Fillion” yang dihadapkan dengan beberapa musuh untuk dikalahkan.

Sumber: The Star

Sumber: The Star

“Saya ingat waktu pertama kali Raiders of the Lost Ark muncul. Karakter utamanya tidak sempurna, tapi bisa berantem dan melucu. Lalu saya ingat game Uncharted yang punya konsep serupa,” tutur Fillion menjelaskan kenapa ia mau terlibat dalam film ini. “Nathan Drake adalah sosok yang mampu memuaskan dahaga kami.”

Walau Fillion nampak nyaman memernakan Nate, ia juga mendapatkan cibiran karena sudah berusia cukup tua dan pengalamannya di layar lebar masih belum memadai. “Melihat dari sisi bisnis, tentu cukup riskan bagi saya untuk bergabung dengan para bintang film populer. Jika film ini adalah film blockbuster international, harus diakui akan sulit bagi saya untuk bisa bersaing,” aku Fillion.

Sumber: The Star

Sumber: The Star

Namun hal itu tak menghalangi sutradara Ungar yang menyukai Uncharted sejak ia masih bersekolah. Dengan memupuk pengalaman dalam film-film pendek dan beberapa film besar, Ungar kemudian memberanikan diri menawarkan peran Nate kepada Fillion. Gayung bersambut, ternyata Fillion juga punya minat yang sama. Akhirnya Ungar dan Fillion yang juga menjadi produser segera membuat film Uncharted sejak bulan Mei di California.

Baik Fillion dan Ungar, keduanya senantiasa menekankan bahwa film pendek ini merupakan fan film yang tidak mendapatkan izin dari Sony maupun Naughty Dog. Tak ada jaminan bahwa mereka akan membuat kelanjutan petualangan Nate, Sully dan Elena memburu harta karun Alfonso de Albuquerque. Bahkan, bisa saja Sony menuntut Ungar untuk menghapus filmnya dari Youtube. Namun apapun itu, Ungar dan Fillion telah berhasil menyajikan film Uncharted yang menarik dan mengasyikkan.

Sumber: TechnoBuffalo

Sumber: TechnoBuffalo

Sebelum filmnya hilang dari peredaran (entah kapan), lebih baik kamu harus segera menonton film Uncharted karya Allan Ungar di bawah ini.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: Okezone

JKT48: Seniman, Antara Karya dan Seniman itu Sendiri

“Kalau udah jadi orang terkenal, hidup lo bukan milik lo lagi. Hidup lo milik semua orang.” Begitu kata salah satu t.. more

00-d-the-incredibles-2

Jeda 14 Tahun, Apakah The Incredibles 2 Masih Tetap Badass?

14 tahun lalu, The Incredibles mampu memukau para penontonnya lewat aksi keluarga superhero ini. Kini, apakah The Incred.. more

Sebenarnya, Apa Sih Peran ‘Anti-Hero’ Dalam Sebuah Cerita Komik? [Part 2]

Kalau kita lihat sekilas, karakter anti-hero akan terlihat seperti orang jahat yang berlaku baik. Kebanyakan memang sepe.. more

(Facebook Monopolis Board Game Store)

Main Board Game Bisa Nular? Masa Sih?

Hobi main board game bisa nular, bahkan bisa ngebentuk komunitas. Emang iya?.. more

Sumber: Justice League

Menanti Versi Blu-ray Justice League yang Senasib dengan Batman v Superman: Dawn of Justice

Fans mau tidak mau dipaksa harus beli Blu-ray film DCEU untuk melihat film DCEU secara utuh tanpa potongan... more