VA-11 HALL-A: Visual Novel dengan Gimmick Menarik

9 months ago
Sumber: Destructoid

Bayangkan sebuah visual novel tanpa pilihan dialog. Perbedaan antara good ending dan bad ending hanya ditentukan lewat setetes alkohol dan puluhan kombinasi resep minuman. Selamat datang di VA-11 HALL-A, sebuah bar cyberpunk dimana hacker, tukang pukul, dan robot, minum di satu meja yang sama.

Glitch City terlihat dan terasa seperti kota cyberpunk kebanyakan. Korporasi menguasai hidup masyarakat. Semua orang terinfeksi nanomachine, dan pasukan White Knight menegakkan hukum dengan tangan besi dan korupsi. Namun di satu sudut kota, sebuah bar hadir sebagai tempat melepas penat dan melupakan masalah.

Jill Stingray adalah salah satu pegawai di bar tersebut, VA-11 HALL-A, atau biasa disebut Vallhalla. Bersama sesama bartender Gillian dan bos mereka Dana Zane, VA-11 HALL-A menjadi bar tempat berkumpulnya orang-orang unik. Adalah tugas Jill untuk memenuhi kebutuhan minum para pelanggan serta mendengarkan cerita sehari-hari mereka yang menarik.

Ngobrol dengan ibu bos sebelum bar dibuka. (Sumber: Sukeban Games)

Ngobrol dengan ibu bos sebelum bar dibuka. (Sumber: Sukeban Games)

Begitulah premis singkat dari game VA-11 HALL-A: Cyberpunk Bartender Action produksi Sukeban Games untuk PC, Mac, Linux, dan PS Vita. VA-11 HALL-A adalah game simulasi bartender dengan elemen visual novel yang sangat kuat. Kamu bermain sebagai Jill, dan harus melayani pelanggan dengan pesanan minuman mereka demi mengumpulkan uang untuk membayar sewa apartemen.

Pelanggan yang kamu layani memiliki bermacam-macam pekerjaan, sifat, dan tentunya jenis minuman yang mereka sukai. Misalnya ada robot PSK yang menyukai minuman manis berbusa, tukang pukul bayaran yang mampu menenggak minuman pahit, hacker maniak minuman beralkohol, dan masih banyak lagi.

Kelihatannya Mas Adam Jensen tak bakal mabuk meski dicekoki alkohol yang banyak. (Sumber: Sukeban Games)

Kelihatannya Mas Adam Jensen tak bakal mabuk meski dicekoki alkohol yang banyak. (Sumber: Sukeban Games)

Untuk memenuhi pesanan mereka, Jill dibekali dengan beberapa bahan dasar serta buku resep. Untuk mulai membuat minuman, kamu bisa mulai dengan mengecek buku resep dan mencocokkan isinya dengan pesanan. Setelah tahu resep yang benar, kamu bisa mulai mencampur bahan untuk membuat minuman.

Ada 5 bahan dasar yang bisa kamu gunakan. Bahan-bahan ini memiliki properti rasa tersendiri. Adelhyde misalnya punya rasa manis, Bronson Extract rasanya pahit, Powdered Delta dulunya racun tikus (serius!), Flanergide punya rasa pedas, dan Karmotrine mengandung alkohol. Kamu mencampurkan semua bahan tersebut sesuai dengan resep. Tinggal drag dan drop semua bahan yang dibutuhkan ke dalam tumbler, kemudian klik tombol Mix untuk mencampur semua bahan. Tunggu sesaat, kemudian klik lagi tombol itu untuk menyajikan minuman.

Selain 5 bahan dasar tersebut, biasanya ada lagi instruksi tambahan untuk menyelesaikan resep. Satu jenis minuman mungkin butuh tambahan es batu, mungkin perlu didiamkan beberapa waktu, atau mungkin perlu dikocok lebih lama. Kadang pelanggan juga minta porsi besar, yang artinya kamu harus menggandakan jumlah bahan pada resep.

Satu lagi pelanggan yang puas. (Sumber: Sukeban Games)

Satu lagi pelanggan yang puas. (Sumber: Sukeban Games)

Sukses atau tidaknya minuman yang kamu buat, pelanggan akan membayar sesuai dengan kepuasan mereka dan cerita akan terus berlanjut. Nah di sinilah menariknya VA-11 HALL-A, karena tergantung dari minuman yang kamu buat, arah pembicaraan dapat berubah tanpa kamu sadari. Ini artinya dengan puluhan kombinasi dalam buku resep, ada banyak sekali kemungkinan dialog dan ending yang bisa kamu temukan.

Untuk mengakses jalur cerita yang baru dan berbeda, ada kalanya kamu dianjurkan untuk berpikir out of the box. Apa yang pelanggan minta tidak selamanya tepat untuk mereka. Kamu sangat dianjurkan untuk bereksperimen dengan resep yang diminta pelanggan. Kamu dapat memberikan kadar alkohol yang lebih dari biasanya, atau tidak memberi alkohol sama sekali. Jika pelanggan minta satu jenis minuman, kamu bisa memberinya minuman yang berbeda.

Menurutmu, apakah Stella butuh minuman beralkohol agar dia tenang sedikit? (Sumber: Sukeban Games)

Menurutmu, apakah Stella butuh minuman beralkohol agar dia tenang sedikit? (Sumber: Sukeban Games)

Kuncinya adalah dengan memperhatikan sidat dan suasana hati pelanggan. Misalnya jika ada seorang pelanggan yang nampak sedih dan ia meminta minuman manis, kamu bisa memberinya minuman manis DENGAN alkohol agar ia bisa sedikit tenang dan melupakan masalahnya. Jika dosis alkoholnya besar, ia bisa benar-benar mabuk dan menceritakan masalah tersebut. Skenario lain, ada seorang pelanggan di bawah umur yang meminta minuman beralkohol. Ini tentu salah secara moral dan hukum, jadi kamu bisa memilih untuk memberinya minuman manis biasa, dan non alkohol tentunya.

Dengan kemungkinan yang tak terbatas ini, ada banyak sekali kombinasi ending yang bisa kamu dapatkan. Beberapa ending diantaranya cukup sulit didapatkan karena melibatkan resep minuman yang tak tercatat dalam buku resep. Beberapa ending juga hanya bisa didapatkan dengan melayani pelanggan tertentu dengan minuman tertentu di hari yang sangat sepesifik.

Jika sedang tidak bekerja, Jill senang berbicara sendiri dengan kucingnya. (Sumber: Escapist)

Jika sedang tidak bekerja, Jill senang berbicara sendiri dengan kucingnya. (Sumber: Escapist)

Di akhir tiap shift, kamu akan dibayar sesuai dengan performa kerja. Jika pelayananmu sempurna, ada bonus yang didapat, namun jika kamu membuat kesalahan bakal ada potongan. Uang tersebut bisa kamu gunakan untuk membeli barang atau dekor apartemen. Barang-barang ini dapat membantu Jill untuk fokus kerja di hari selanjutnya. Sebenarnya membeli barang-barang ini sifatnya opsional karena kamu bisa memilih untuk menyimpan uangnya demi membayar sewa apartemen. Jika demikian, kamu tak akan mendapatkan petunjuk resep ataupun variasinya.

Sebagai penghubung antara tiap shift, kamu bakal istirahat sejenak di apartemen Jill. Kamu dapat mengakses beberapa fungsi di sini seperti save dan load game, mengakses situs berita, forum, blog, serta belanja.

Skenario spesial memberikan sedikit petunjuk tentang kehidupan Jill. (Sumber: Killscreen)

Skenario spesial memberikan sedikit petunjuk tentang kehidupan Jill. (Sumber: Killscreen)

Dalam beberapa kasus, kamu bakal mendapatkan event khusus di luar kegiatan bartending di VA-11 HALL-A. Event ini biasanya melibatkan langsung kisah dari Jill dan latar belakangnya di masa lalu. Seperti apa Jill sebelum bekerja di VA-11 HALL-A? Apa yang memotivasinya untuk menjadi seorang bartender? Dan seperti apa kehidupannya di masa lalu hingga sampai ke hari ini?

Kisah-kisah yang dituturkan oleh Jill dan para pelanggan bar membuat VA-11 HALL-A menjadi sebuah game bertema cyberpunk yang unik. Apa yang terpikir olehmu saat mendengar kata cyberpunk? Tema seperti robot, hacker, organ prostetik, hive mind, AI, korporasi, dan lain-lain pasti terlintas di kepala. VA-11 HALL-A, selain menyajikan tema-tema serupa, juga mengangkat satu tema yang tidak selalu muncul dalam berbagai karya cyberpunk.

Slice of life.

Bayangkan karakter seperti Sei, seorang anggota White Knight yang masih memiliki integritas. Sei senantiasa bercerita tentang aktivitasnya menegakkan hukum dan menjaga masyarakat dari bahaya penjahat. Lalu Dorothy, robot PSK yang khusus melayani pria hidung belang pedofil. Walaupun Dorothy mengkontemplasi tentang eksistensi dan tujuan hidupnya, Dorothy tidak merasa terkekang dengan programnya. Berkali-kali ia menyatakan bangga dan sepenuh hati menerima identitasnya sebagai robot seks. Atau bagaimana dengan Alma, seorang hacker 30 tahunan yang sering kali menjadikan Jill tempat curhat soal keluarga besarnya yang rumit.

Setiap punya masalah dan konflik mereka sendiri, yang bakal mempengaruhi sudut pandang Jill. (Sumber: Sukeban Games)

Setiap punya masalah dan konflik mereka sendiri, yang bakal mempengaruhi sudut pandang Jill. (Sumber: Sukeban Games)

VA-11 HALL-A mengangkat sifat mundane dari drama kehidupan sehari-hari dan meletakkannya dalam segala kegilaan dunia cyberpunk. Lewat VA-11 HALL-A, kita bisa melihat bahwa orang-orang unik yang hanya ada di dalam dunia cyberpunk juga punya kehidupan normal seperti kita semua di dunia nyata. Drama kehidupan terbelit dengan dinamisnya batas tipis antara manusia dan mesin. Kamu akan bersimpati dengan karakter-karakter di sini, bukan karena penampilan mereka, namun karena kisah hidup yang mereka ceritakan.

Cerita VA-11 HALL-A didukung pula oleh presentasi audio-visual yang unik. Grafis game ini terinspirasi dari game-game untuk komputer jadul jenis PC-98. Mulai dari sprite karakter bertema anime, background, hingga tampilan antar mukanya dibuat pixelated dengan warna-warna 16 bit. Musik gubahan musisi Garoad semakin memperkuat elemen musik 16-bit ini dengan permainan synth yang mengalun santai.

Oase di tengah rumitnya dunia siber yang sudah gila. (Sumber: Sukeban Games)

Oase di tengah rumitnya dunia siber yang sudah gila. (Sumber: Sukeban Games)

Dengan segala keunikan dan gimmick yang ditawarkan, tak heran apabila VA-11 HALL-A menjadi sebuah primadona dalam dunia gaming. Gameplay unik dan inovatif, serta kisah dan atmosfir yang menggugah minat, menjadikan VA-11 HALL-A tak hanya sebuah game indie ngehits, namun juga merupakan surat cinta dari Sukeban Games kepada kultur cyberpunk dan game retro.

Jika kamu menyukai VA-11 HALL-A, kenapa tidak membeli gamenya langsung di Steam? VA-11 HALL-A diproduksi oleh Sukeban Games yang berbasis di negara Venezuela. Seperti yang sedang ramai diberitakan setahun belakangan ini, Venezuela tengah dilanda krisis politik dan finansial yang cukup mengkhawatirkan. Dengan membeli VA-11 HALL-A berarti telah membantu Sukeban Games mengembangkan VA-11 HALL-A dan juga menolong orang-orang yang telah memproduksi gamenya.

Sebagai trivia, Sukeban Games menulis cerita VA-11 HALL-A dengan inspirasi bar-bar di Venezuela yang biasa dikunjungi masyarakat kelas bawah, serta pengalaman para stafnya berkunjung dan minum di bar-bar tersebut. Sekarang kamu tahu rahasia mengapa kisah hidup para karakternya sangat relatable dengan para pemain. Apa kamu siap untuk mulai mencampur minuman dan mengubah hidup orang?

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

The Meg - review

Review The Meg dan Pandangan yang Salah Terhadap Hiu

Lagi, film tentang hiu dibuat dengan penuh ketegangan. Kali ini mengupas kelamnya HIu prasejarah. Kira - kira seperti ap.. more

(Sumber: pixabay.com)

7 Gaya Paling Enak Buat Baca Komik

Ini nih 7 gaya paling enak buat baca komik!.. more

Joged Bumbung, Warisan Budaya yang Dicap Negatif. Mengapa Bisa Demikian?

Pernah dengar Joged Bumbung? Mengapa orang tua yang seharusnya mengawasi anak-anaknya, malah membiarkan anaknya ikut men.. more

00-d-ponimu-indonesia

Kami Mencoba Menonton Anime Secara Legal di Ponimu Indonesia

Hadirnya Ponimu Indonesia memberikan alternatif tontonan anime yang resmi, praktis, dan terjangkau bagi fans anime di In.. more

CIAYO Blog

PENGUMUMAN: Pemenang CIAYO Short Story Challenge!

Gak kerasa sudah 4 bulan berlalu semenjak pengumuman CIAYO Short Story Challenge diadakan. Sampai batas waktu yang ada, .. more