Vandaria Saga Comeback di Tahun 2017

2 years ago
(Sumber: Visual Hunt)

Para pemerhati karya fantasi Indonesia pasti tidak asing lagi dengan nama yang satu ini. Yup, Vandaria Saga! Vandaria adalah salah satu dunia fantasi yang telah mewarnai lanskap literatur Indonesia dengan berbagai karya. Sekarang, berkat kolaborasi dengan CIAYO Comics, Vandaria Saga akan meluncurkan komik terbaru di platform komik Indonesia berupa komik digital Indonesia ini lho. Keren!

Nah, supaya kalian makin akrab dengan dunianya, kita bakal bahas dan kupas tuntas nih tentang Vandaria. Pertama-tama, apa sih Vandaria itu?

Ternyata, menjelaskan Vandaria tidak semudah membalik telapak tangan. Ada banyak latar belakang dan sejarah sebelum Vandaria berkembang menjadi seperti sekarang. Contohnya aja, Vandaria rupanya berawal dari permainan kartu! Ya, dulunya Vandaria berasal dari permainan kartu Vandaria Wars.

Vandaria Wars. (Sumber: Duniaku.net)

Vandaria Wars. (Sumber: Duniaku.net)

Vandaria Wars, atau biasa disebut VW, adalah sebuah permainan kartu yang pertama kali muncul dalam majalah ZIGMA sebagai bonus pada ZIGMA Birthday Edition tahun 2006. Sejak saat itu, permainan kartu ini sudah tumbuh lebih lanjut dan berkembang hingga beberapa ekspansi. Vandaria Wars memiliki komunitas pemain yang cukup besar di Indonesia, terutama di Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Dari sini, muncul konsep Vandaria sebagai semesta (universe) yang digunakan untuk melandasi Vandaria Wars. Oleh konseptor utama Vandaria, Ami Raditya, Vandaria Saga didesain untuk menjadi pendukung utama cerita dan plot yang terjadi di dunia Vandaria.

Saga ini awalnya berkisar pada persaingan antara manusia dengan frameless, kaum yang memiliki kekuatan sihir. Seiring waktu, konseptor lain juga turut berdatangan dan ikut menyumbang idenya untuk membangun dunia ini. Maka Vandaria adalah dunia yang menyerupai bumi, namun memiliki perbedaan dari segi penghuni, peradaban, gaya hidup, dan teknologi. Bahkan Vandaria juga punya sistem penanggalannya sendiri.

Hingga sekarang, Vandaria Saga sudah merambah ke bidang-bidang industri kreatif lain. Idenya adalah mempersatukan konseptor dan berbagai praktisi di bidang industri kreatif, misalnya berupa buku dan komik.

Buku-buku novel Vandaria. (Sumber: klikgame.com)

Buku-buku novel Vandaria. (Sumber: klikgame.com)

Sejarah Vandaria bisa dibagi menjadi enam zaman, yaitu Era Tiga Negeri Awal, Era Kaum Naga, Era Negeri-Negeri Kuno Manusia, Era Kekuasaan Frameless, Era Persamaan Derajat Manusia-Frameless, dan Era Kekuasaan Manusia.

Vandaria Saga juga melimpah dengan unsur budaya, negeri, tokoh, organisasi, religi alam, bahkan sampai metafisika. Lengkapnya unsur-unsur Vandaria Saga yang telah disusun dengan rapi ini membuat kita bisa dengan mudah membayangkan dunia yang utuh. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa mengecek wiki Vandaria di sini.

Nah, sudah kebayang kan luasnya dunia Vandaria? Semua ini berkat pemikiran para konseptor dan penulis-penulis handal dari tim Vandaria. Apresiasi untuk mereka semua! Menurut kalian, aspek apa yang paling menarik dari dunia Vandaria? Share di komentar yuk sambil menunggu untuk baca komik terbaru Vandaria di CIAYO Comics nanti!

CIAYO Corp x Vandaria Saga. (Sumber: CIAYO Corp)

CIAYO Corp x Vandaria Saga. (Sumber: CIAYO Corp)

About Author

Inri

Inri

Writer, musician, and a certified procrastinator, Inri is an elusive creature who writes once in a blue moon. The only known way to summon this mystical being is to call its name three times in front of a pizza. No one would come, but at least you have a pizza.

Comments

Most
Popular

(Sumber: tumblr)

Kenali Dulu Concert Hall Ini Sebelum Kamu Nonton Konser Di Jepang

Jika kamu ada rencana untuk nonton konser di Jepang, informasi ini penting banget untuk diketahui. Terutama kalau kamu a.. more

First Look Board Game CHIPS: Heroes Uprising

Board game CHIPS: Heroes Uprising bisa dimainkan para pengunjung CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta. Seperti apa permainanny.. more

(duniaku.net)

Hikayat Vandaria: Frameless, Sosok Menakutkan Yang Mirip Manusia

Frameless? Apa tuh? Kenapa tanpa bingkai? Emangnya jendela? Berbeda dari mereka yang sering mendalami hikayat Vandaria, .. more

solo-a-star-wars-story-desktop

Review Solo: A Star Wars Story – Kisah Han Solo Baru Dimulai

Kisah Han Solo berakhir di The Force Awakens. Namun perjalanan hidupnya tetap abadi lewat film prekuel Solo: A Star Wars.. more