Virtual-san is Looking: Anime Kolaborasi Puluhan Virtual Youtuber

3 months ago
00-virtual-san2

Belakangan ini Virtual Youtuber menjadi tren di berbagai belahan dunia. Meskipun kemunculan sosok pembawa acara virtual sudah muncul sejak tahun 80an lewat sosok Max Headroom, popularitas karakter-karakter virtual ini menjadi mainstream sejak kemunculan Kizuna Ai di tahun 2016.

Dengan Virtual Youtuber lain yang bermunculan seperti Kaguya Luna, Mirai Akari, Siro, Nekomiya Hinata, dan lain sebagainya, kolaborasi antara para “makhluk virtual” ini semakin didorong. Akhirnya, Virtual-san is Looking pun hadir.

Baca Juga: Akankah Virtual Youtuber Menjadi Tren Masa Depan?

Para pengisi acara Virtual-san is Looking. Sumber: Moshi Moshi Nippon
Para pengisi acara Virtual-san is Looking. Sumber: Moshi Moshi Nippon

Virtual-san is Looking dalah serial anime/variety show yang diperankan oleh para Virtual Youtuber yang aktif dan populer di Jepang saat ini. Tercatat ada lebih dari 30 Virtual Youtuber yang dipastikan hadir, meskipun tidak semua nama-nama populer hadir.

Enam Virtual Youtuber yang menjadi headliner anime ini adalah Akari, Siro, Hinata, Tanaka Hime, Suzuki Hina, dan Tsukino Mito. Uniknya, Kizuna Ai sendiri hanya terlibat sebagai penyanyi lagu opening, dan Kaguya Luna tidak berpartisipasi sama sekali karena kesibukan lain.



Segmen fakta unik milik Siro. Sumber: Tokyo MX
Segmen fakta unik milik Siro. Sumber: Tokyo MX

Format anime Virtual-san is Looking dibagi-bagi menjadi beberapa segmen layaknya variety show khas Jepang. Beberapa segmen tersebut di antaranya adalah pojok trivia dan fakta unik yang dibawakan Siro, segmen wawancara Virtual Youtuber tamu oleh Mito, hingga segmen Akari dan Hime yang membacakan surat kiriman penonton.

Selain segmen interaktif tersebut ada juga sketsa komedi yang menurutkan cerita-cerita episodik dan self contained. Contohnya ada keseharian enam MC utama Virtual-san is Looking saat istirahat sekolah. Segmen lain pun dibawakan oleh beberapa pengisi acara populer seperti penyanyi enka legendaris Kobayashi Sachiko dan Ootori Kohaku, maskot Unity Jepang.

Baca Juga: Maya Putri, Virtual Youtuber Indonesia

Hime dan Akari membaca surat penonton. Sumber: Tokyo MX
Hime dan Akari membaca surat penonton. Sumber: Tokyo MX

Virtual-san is Looking merupakan anime yang cocok buat kamu jika kamu mengenal para Virtual Youtuber di atas atau kamu memang penyuka acara variety show khas Jepang. Dengan konten yang terpusat pada para Virtual Youtuber, kamu akan mengenal lebih dalam seperti apa kultur Virtual Youtuber di Jepang serta hubungan antara para karakternya. Di luar acara Virtual-san is Looking, beberapa Virtual Youtuber muncul sebagai bintang tamu di acara milik Virtual Youtuber lain.

Sejak episode pertamanya, Virtual-san is Looking tidak menyia-nyiakan waktu untuk langsung menyajikan konten utama mereka. Para karakter yang muncul hanya diperkenalkan selintas saja sehingga penonton awam tidak akan langsung tertarik. Meskipun disebut variety show, format yang disajikan Virtual-san is Looking terasa kaku dan rigid. Variasi antar segmen hampir minim terasa. Seminimal pengacakan urutan segmen pun tidak ada, sehingga durasi acara terasa lebih singkat.

Sumber: MyAnimeList
Enam Virtual Youtuber ini bakal sering muncul dalam berbagai segmen Virtual-san is Looking. Sumber: MyAnimeList

Jika kamu tidak masalah dengan keluhan di atas, maka Virtual-san is Looking bisa kamu coba tonton. Dengan penampilan dan kepribadian mereka yang menarik, keunikan dari para bintang Virtual Youtuber-nya sudah cukup untuk jadi nilai jual anime ini. Tentunya hal ini pula yang membuat sebagian besar orang tertarik menonton berbagai macam vaiety show Jepang: yaitu karena sosok yang mereka sukai membawakan acaranya. Bagaimana menurut kamu sendiri?

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: Business Insider

Siapa Bilang Penulis Nggak Bisa Sekeren Komikus? Pede Aja Kali!

Jangan sampai kita menganggap bahwa penulis itu kalah keren dengan komikus. Hei, semua yang berjuang di industri kreatif.. more

Warm, winter Canada. Sumber: youtube.com/カナダシアター編集部

Kanada Menggunakan Animasi Sebagai Promosi Pariwisatanya dan Hasilnya Keren Banget!

Bosan melihat iklan pariwisata yang biasa aja? Nah, Kanada punya cara baru untuk mempromosikan tempat pariwisata mereka .. more

Game seru 2018

Ini Game Seru 2018 Yang Harus Kamu Coba Sekarang!

Melewatkan banyak game seru 2018? Di sini kamu bisa cari tahu berbagai game keren yang keluar sepanjang tahun 2018 ini. .. more

00-manga-2018

Ini 10 Manga Terlaris 2018! Ada Favoritmu di Sini?

Apa sih manga terlaris 2018? Mungkin kamu sudah bisa menebaknya, tapi seperti apa sih dampaknya untuk masa depan manga t.. more

J'adore

J’adore: Kisah Tentang Cinta dan Obsesi

Risa menyukai Arya yang usianya terpaut jauh. Arya sendiri mencintai Risa. Terlalu mencintainya. Simak kisah mereka di J.. more