Virtual Youtuber, Akankah Menjadi Trend di Masa Depan?

1 year ago
Sumber: 9gag.com

Sekarang semua orang udah bisa jadi vlogger atau Youtuber dengan mudah. Kamu tinggal membahas suatu topik dan mengunggahnya di akun Youtube. Termasuk juga Kizuna Ai, youtuber manis satu ini juga gak mau kalah sama yang lain untuk membuat vlog tentang sesuatu yang sedang populer. Dari awal menjadi vlogger, videonya langsung jadi viral. Dia juga sudah punya banyak penggemar.

Tapi, siapa sih Kizuna Ai ini?  Sebenarnya Ai-chan ini bukanlah orang sungguhan, melainkan sebuah karakter Artificial Intelligence yang dibuat dari software animasi dan dikendalikan oleh kreatornya. Sejak pertama kali kemunculannya, Ai sudah mendapatkan lebih dari 200.000 subscriber di Youtube. Keren abis!

Sumber: knowyourmeme.com

Sumber: knowyourmeme.com

Berdasarkan karakternya, Ai ini masih seumuran anak SMA. Yang membuat Ai jadi punya banyak “pengikut” dan penggemar ialah karena Ai punya kepribadian yang manis, lucu, imut, dan gak jaim. Kalau sedang melakukan review game, saking serunya dia bahkan bia tanpa sengaja mengeluarkan sumpah serapah mirip vlogger sungguhan.

Gak hanya merekam aksi pas main video games aja, Ai juga melakukan kegiatan seru lainnya seperti saat olahraga, berlatih bahasa inggris, main game VR dan membicarakan tokoh anime yang dia sukai. Bahkan Ai berani untuk memanggil nama kompetitornya yang juga seorang Artificial Intelligence, yaitu Luna Kaguya. Dengan suara imutnya, Ai sambil marah-marah bilang kalau Luna harus lebih hormat kepadanya yang sudah lebih dulu jadi senior dalam menjadi youtuber. Ai pun mengaku kalau dia sering menonton vlog buatan Luna. Duh, berasa liat drama-drama vlogger kekinian, ya? Haha.

Sumber: japan-blog-az.com

Sumber: japan-blog-az.com

Mengikuti jejak Kizuna Ai, sudah banyak banget vlogger virtual yang hadir di Youtube. Ada juga youtuber Yua Fujisaki, karakter vlogger virtual yang masih SMA dan ingin mencari teman lewat video-video buatannya. Seperti youtuber lainnya, Yua juga punya karakteristik khusus. Yua menyukai anime, bermain game, dan hal-hal yang kawaii.

Yua ini yang paling disebut mirip dengan Kizuna Ai. Bedanya, Yua sering membuat video general dan gak berfokus pada review game seperti Ai. Selain Yua, ada juga Mirai Akari yang juga suka membuat review game, Aoi Fuji yang suka melakukan cover lagu, dan ada juga Chiyu, virtual youtuber muda yang masih berumur 12 tahun.

Sumber: virtualyoutuber.wikia.com

Sumber: virtualyoutuber.wikia.com

Kemunculan virtual youtuber ini nampaknya masih baru populer di Jepang. Terutama karena banyaknya kehadiran otaku yang suka dengan konsep “waifu” (menyukai karakter anime dibandingkan orang sungguhan di dunia nyata). Karakter anime atau karakter virtual ini dianggap lebih menarik, gak ribet, dan terlihat lebih sempurna dibandingkan orang nyata.

Sumber: kotaku.com

Sumber: kotaku.com

Meskipun virtual youtuber ini lucu dan menarik, tapi sebenarnya kita tidak boleh lupa kalau mereka ini adalah buatan seorang kreator. Belum lama ini, muncul berita kalau salah satu virtual youtuber yaitu Nora Cat, ternyata dibuat oleh seorang pria paruh baya. Hal ini baru ketahuan karena muncul sebuah glitch pada videonya. Beda jauh banget kan sama apa yang ditampilkan oleh virtual youtuber ini?

Gimana menurut kamu? Akankah Virtual Youtuber menjadi trend di masa depan? Kalau diminta untuk memilih, mana yang paling kamu suka?

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

(duniaku.net)

BEKRAF Game Prime Tahun Ini Beda dari Tahun Lalu

Buat bro sis yang belum tahu, Game Prime adalah wadah bagi insan-insan di dunia kreatif. Berawal dari Game Developers Ga.. more

00-d-pokemon-detective-pikachu

Akankah Pokemon: Detective Pikachu Bernasib Seperti Live-Action Lainnya?

Trailer perdana Pokemon: Detective Pikachu baru saja hadir. Fans bertanya-tanya apakah adaptasi film ini akan gagal atau.. more

00-daisuki-d

Nostalgia Anime 90-an di Daisuki! Japan Festival 2018

Daisuki! Japan Festival 2018 adalah event Jejepangan yang bisa membangkitkan rasa nostalgia kamu dengan anime 90-an!.. more

00-d-comiket

Comiket Japan: Event Manga Kecil-Kecilan Yang Kini Berubah Jadi Besar-Besaran

Comic Market alias Comiket adalah tempatnya para komikus dan ilustrator amatir Jepang untuk unjuk karya kepada lebih dar.. more

Kehancuran Xandar Pasca ‘Avengers ; Infinity War’, Bisakah Kita Melihat Nova Prime di MCU?

Mungkin untuk yang belum pernah baca komik Marvel, nggak akan tahu siapa Nova Prime yang dimaksud ini. Tapi sebagian fan.. more