Wahai Para Komikus Dan Pembaca Komik Di Seluruh Indonesia

2 weeks ago
Sumber: CIAYO Pictures

Buat semua yang lagi baca artikel ini, saya mau bertanya. Menurut kalian, sudah sejauh mana perkembangan industri komik Indonesia? Sudah cukup baik? Masih kurang? atau bagaimana? Apapun jawaban dan pendapat kalian, tidak bisa dipungkiri bahwa kita masih kalah sangat jauh dari Jepang, Amerika, dan Korea. Gapapa kok, kita terima aja. Toh, kita gak akan diam begitu saja karena hal itu bukan?

Sumber: Youtube.com

Sumber: Youtube.com

Saya mau bahas dulu tentang industri komik yang saya paling ikuti sejauh ini, yaitu industri komik Jepang. Jepang bisa dibilang merupakan negara dengan Industri komik yang sangat maju kalau dilihat dari berbagai aspek. Benar saja, komik merupakan salah satu nilai jual tertinggi dari negara itu. Sampai saat ini, jutaan orang (termasuk saya) ingin sekali pergi ke jepang karena manga mereka yang sudah mendunia. Bahkan pernah saya dengar, untuk Jepang, Pokemon sendiri pernah membawa devisa negara yang berjumlah Jutaan Dolar dalam setahun dari penjualan merch, film, dan sebagainya. Keren!

Sumber: www.reddit.com

Sumber: www.reddit.com

Dalam hal ini, Jepang sangat menghargai para komikusnya. Mereka dianggap pahlawan bagi negara dan penduduknya. Disana, para komikus diberi gelar ‘sensei’ karena apa yang telah mereka buat. Kita lihat saat dulu Jepang hancur karena bom yang meledakkan Hiroshima dan Nagasaki. Saat itu, semua jendral dibuat terkejut oleh ucapan sang kaisar Hirohito yang berbunyi, “berapa jumlah guru yang masih hidup?”. Yakk, guru sangat dihargai atas jasa-jasanya dan dipercayai untuk mengemban kelangsungan hidup negara. Udah tau kan bahasa Jepang dari guru itu apa? Yap… ‘Sensei’. Mungkin kalian bisa bilang kalo ini sekedar cocoklogi belaka,  tapi lihat, segitunya para komikus ditinggikan disana sampai-sampai mereka digelari julukan ‘sensei’ atau guru. Gak heran saat kejadian tsunami di Jepang pada tahun 2011 kemarin, komikus juga menjadi prioritas saat evakuasi dilakukan.

Gimana dengan komikus di Indonesia? Di Jepang komikus sangat dihargai, mereka didoakan saat mereka sakit, mereka diberi semangat agar terus berkarya, dan Jepang sangat bangga atas karya-karya mereka. Mereka sangat didukung oleh masyarakatnya dan itu adalah sebuah budaya yang sangat luar biasa. Nahh… Kalau dibandingin, agak sedih memang lihat para pembaca komik lokal di negara kita sendiri. Beberapa waktu lalu saya melihat seorang teman saya yang merupakan komikus lokal curhat di social medianya. Beberapa komentar yang berisi makian kasar bermunculan tentang karya karena satu atau dua hal yang bisa dibilang minor.

Pernah juga saya membaca curhatan komikus lokal yang dimaki-maki karena harus hiatus. Coba kita bandingkan saat manga One Piece hiatus, Yang banyak kita dengar adalah dukungan untuk komikusnya bukan? Atau saat manga Hunter X Hunter hiatus selama satu tahun lebih. Yah… meskipun banyak meme-meme yang beredar, namun dukungan yang muncul jauh lebih banyak dan kehadirannya terus dinantikan oleh para pembaca.

Sumber: www.crunchyroll.com

Sumber: www.crunchyroll.com

Bagi saya pribadi, karya-karya komikus Indonesia sudah bisa disejajarkan dengan karya-karya komikus dunia. Namun seperti yang kita amati, ini semua adalah masalah ‘mental’ dari para penikmat industri ini sendiri. Mereka terus menyalahkan pemerintah akan kurangnya dukungan, namun dilain sisi, mereka sendiri tidak mendukung, malah mencaci dengan kata-kata plagiat, jelek, gak kreatif dan sebagainya.

Perlu diingat bahwa Indonesia adalah negara yang sangat besar dengan penduduk yang sangat banyak. Masalah yang perlu dihadapi pemerintah kita pun juga bermacam-macam. Lagipula, meskipun pemerintah sendiri sudah mulai melirik, bagaimana pemerintah bisa yakin kalau industri ini adalah sebuah potensi yang menjanjikan kalau masyarakatnya sendiri tidak mau mendukung?

Sumber: metrotvnews.com

Sumber: metrotvnews.com

Namun bagi saya, harapan itu masih ada. Sebuah kemajuan saya lihat saat membaca komik-komik lokal yang ada di CIAYO Comics. Dimana kualitas komik yang ada situ sangat baik dan para pembaca terlihat sangat supportif dalam mendukung para author yang terlibat. Saya bisa melihat sebuah komunitas pembaca yang mendukung para komikus lokal dan terus terang saya sangat bangga melihatnya. Masa-masa dimana komikus digelari sensei, masa-masa dimana orang-orang diseluruh dunia mengenal Indonesia dari karya-karyanya, dan masa-masa dimana masyarakat bangga dengan karya-karya lokal. Saya sangat yakin, kita sudah berjalan di arah yang tepat. Ini fakta loh ya! Bukan karena saya menulis ini di CIAYO Blog dan saya menulis paragraf ini untuk cari muka, tidak begitu! Anda bisa lihat sendiri kalau tidak percaya.

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Buat para pembaca komik di Indonesia. Kalau kalian juga ingin membuat negara kita maju lewat karya-karya sendiri, gak masalah kalau kalian membaca atau menyukai komik-komik luar, film luar, ataupun karya luar. Biar gimana juga, karya mereka memang luar biasa dan enak untuk dinikmati. Tapi yang pasti, kalian harus sepenuh hati mendukung komik-komik lokal, film-film lokal, Platform lokal, dan karya-karya lokal lainnya.

Kita maju selangkah demi selangkah! Dukung karya mereka, dan jangan jatuhkan hasil kerja kerasnya hanya karena adanya kesalahan-kesalahan kecil. Saya sangat percaya kalau kita bisa maju lebih jauh. Seperti yang saya bilang tadi, saya melihat begitu supportifnya para pembaca CIAYO Comics dan baru-baru ini, kita juga bisa lihat begitu antusiasnya masyarakat kita saat film ‘Si Juki: The Movie’ masuk ke layar lebar.

Sumber: Kaskus.co.id

Sumber: Kaskus.co.id

Untuk para komikus dan creator lokal, teruslah berjuang, lanjutkan usaha kalian! Jangan salahkan mental masyarakat kita. Buatlah karya-karya yang fantastis, tunjukkan pada mereka bahwa kita bisa menyaingi Jepang dan negara lainnya. Berikan contoh yang baik untuk para pembaca kita. Dukung komik lokal, film lokal, platform lokal dan karya-karya lokal lainnya! Jangan lupa, mengajarkan masyarakat adalah tugas utama kalian. Benar begitu bukan, wahai para “sensei” Indonesia?

About Author

Danar Imanuel

Danar Imanuel

A fulltime daydreamer in his way to become the King of Pirate. Likes to do random things and say random words. Writing? Meh... he did it just for fun!

Comments

Most
Popular

(Sumber : https://www.facebook.com/WaltzLatte/)

Lumen Cordis : Kisah Dewi Cinta Menyelamatkan Dewa Keadilan yang Patah Hati

Ada komik baru di CIAYO Comic nihh. Buat bro sis pecinta komik romance, wajib banget baca komik yang satu ini. Judul kom.. more

Sumber: Polygon

Waduh! Dana Kickstarter Untuk Game Project Phoenix Diduga Diselewengkan Untuk Membuat Game Lain!

angat disayangkan bahwa masih saja terjadi kasus-kasus penyelewengan dana dalam proyek Kickstarter. Belum lama ini, game.. more

Sumber gambar: gizmodo.com.au

Laporan CES 2018: Intel & AMD Bekerja Sama Ciptakan Chip Mobile

Kerjasama ini mungkin untuk menjegal Nvidia?.. more

ffxv desktop

Final Fantasy XV Akan Dirilis Ulang Menjadi Final Fantasy XV Royal Edition

Bocor di situs ESRB, Final Fantasy XV Royal Edition digadang-gadang bakal disertai bonus DLC dan update gratis... more

Rikka, Love, Chunibyo & Other Delusions – Take On Me. Sumber: rightstuffanime

Pasangan Chunibyo Bertemu Dalam Anime Love, Chunibyo & Other Delusions – Take on Me

Berjudul Love, Chunibyo & Other Delusions – Take On Me, film ini akan rilis pada tanggal 6 Januari 2018. Film ini meru.. more