The Walking Dead, Seri Zombie Hit yang Harus Segera Dihentikan Perjalanannya

5 months ago
Sumber: Nerdist

Saya yakin pasti banyak dari bro sis yang nge-fans berat dengan seri zombie-apokaliptik hit, The Walking Dead (2010-sekarang). Yap, memang tidak bisa dipungkiri bahwa seri yang diadaptasi dari komik karya Robert Kirkman ini memang asyik banget untuk disaksikan. Saya pribadi saja ketika menyaksikan pertama kali (seingat saya di awal-awal season 2), langsung jatuh hati layaknya seperti ketika melihat gebetan. Dan beberapa alasan mengapa saya sangat menyukai seri yang aslinya ditayangkan di  AMC ini antara lain:

A. Kisahnya seru

B. Akting keren dari aktor dan aktrisnya dan,

C. Jarang sekali saya melihat kisah zombie yang lebih menekankan pendalaman sekaligus interaksi di antara karakter manusianya.

Dari musim ke musim, saya tidak pernah ketinggalan dan selalu merasa excited, setiap kali episode baru ditayangkan. Tapi, dalam 1-2 tahun terakhir ini, sayangnya saya mulai merasa enggan untuk terus ikut berjalan dan bertahan hidup bersama Rick Grimes cs.

Sumber: timeincuk

Sumber: timeincuk

Bahkan lebih jauhnya menurut saya, AMC harus segera menghentikan saja keseluruhan seri ini, “Loh kok begitu? Kenapa memangnya?”

Oke, oke saya paham sekali pernyataan tersebut pasti tidak akan sepenuhnya disenangi oleh sebagian bro sis. Tapi tentunya, saya memiliki alasan yang cukup kuat untuk mendukung pernyataan tersebut. Dan pernyataan ini didasari karena makin kesini, seri ini, sudah lumayan melenceng jauh dari premis orisinilnya. Seperti kita tahu premis orisinil seri ini adalah mengenai kisah perjuangan bertahan hidup Rick Grimes beserta keluarganya di dunia yang sudah hancur peradabannya akibat ulah zombie-zombie.

Seri The Walking Dead memiliki premis: Manusia VS Zombie. Betul tidak bro sis? Akan tetapi seperti kita saksikan, seiring berjalannya musim, premis tersebut perlahan tapi pasti mulai berganti konsep menjadi “Manusia VS Manusia featuring Zombie.”

Sumber: ctvnews

Sumber: ctvnews

“Loh bro cerita di komiknya kan juga memang seperti itu.” Ya bro sis, saya juga tahu, walaupun belum pernah membaca komiknya. Tetapi kalau bagi saya pribadi, perubahan konsep ini sudah “keterlaluan”. Menyaksikan konflik diantara karakter penyintas memang seru. Tetapi jangan lupakan zombie-nya juga dong. Peran zombie di seri ini kian lama kian tidak signifikan.

Di 3 musim pertama dulu, zombie masih memiliki peranan yang berbahaya. Tapi kian kesini? Well, forget it. Memang, 2-3 musim terakhir kita disuguhkan oleh kelompok ikonik The Saviors yang dipimpin oleh ketuanya yang kompleks nan karismatik, Negan (Jeffrey Dean Morgan).

Penampilan Morgan sukses membuat karakter ini begitu dibenci sekaligus disukai di saat bersamaan. Tetapi secara tidak langsung, justru kehadirannya ini makin menenggelamkan peranan zombie di seri ini. The Walking Dead is a Zombie Apocalyptic NOT Human Apocalyptic series.

Sumber: Cleveland

Sumber: Cleveland

Alasan lain mengapa saya sudah merasa lelah untuk terus mengikuti seri ini adalah kualitas keseluruhan paruh pertama dari season 8 yang ditayangkan dari tanggal 22 Oktober 2017 hingga 10 Desember 2017 lalu. Sebelum saya lanjut, SPOILER ALERT! bagi bro sis yang mungkin belum menyaksikan. Pada dasarnya bro sis, musim 8 berfokus pada persiapan sekaligus perang besar antara grup Rick dan grup Negan.

Kalau boleh jujur-jujuran disini, saya rasa bukan hanya saya saja yang cepat-cepat ingin menyaksikan peperangan tersebut. Tapi sayangnya dari episode ke episode, seri ini hanya berfokus pada persiapan kedua kelompok yang disertai berbagai drama disana sini. Kalau presentasinya tidak membosankan, tentunya tidak apa. Tapi justru seluruh episode, membuat saya lumayan “capek” dan “ngantuk.” Belum lagi di episode penutupnya, Carl Grimes (Chandler Riggs) diperlihatkan sedang super sekarat setelah digigit zombie di gorong-gorong yang mana menurut saya, dirinya nanti akan tewas di awal paruh kedua musim 8 mendatang.

Sumber: Digital Spy

Sumber: Digital Spy

Seakan kedua alasan tersebut belum cukup meyakinkan, beberapa waktu yang lalu, terdengar kabar yang sangat mengejutkan bagi seluruh fans seri ini. Pemeran Maggie Green, Lauren Cohan, dikabarkan akan segera keluar dari program yang telah membesarkan namanya ini. Alasannya? Tawaran jumlah kenaikan gaji yang diminta Cohan, ditolak mentah-mentah oleh AMC. Sebenarnya, AMC telah memberikan jumlah kenaikan gaji yang menurut mereka “mewah” namun, Cohan menolaknya karena menurutnya kenaikan tersebut tidak setara dengan jumlah gaji Lincoln dan pemeran Daryl Dixon, Norman Reedus.

Selang beberapa waktu, terdengar rumor bahwa Lincoln sendiri, juga sudah memberikan kode kalau dirinya akan “pensiun” sebagai Rick. Wah, semakin lumayan mantap saja saya untuk segera menyudahi petualangan saya dengan The Walking Dead.

Dan nyatanya bro sis, bukan hanya saya yang merasa demikian. Alias, lumayan banyak penggemar maupun audiens kasual di luar sana yang juga sudah lelah terhadap program ini. Kalau tidak percaya, silahkan bro sis lihat saja kolom komentar video atau berita mengenai Walking Dead di berbagai media sosial.

Saya jamin kalian pasti akan menemukan komentar-komentar seperti: “The show still alive?, “Peoples still watch this?”, “The show S*ck serta komentar-komentar negatif lainnya juga yang merujuk terhadap kejenuhan orang-orang terhadap seri ini.

Sumber: amc

Sumber: amc

Berdasarkan argumen-argumen tersebut, maka tidaklah mengherankan sekali lagi apabila saya berpendapat kalau AMC, sebaiknya segera menghentikan saja program hit ini. Akan tetapi di saat yang sama, saya juga memiliki firasat kuat bahwa seri ini sepertinya akan terus berlanjut. Pasalnya seperti kita tahu, setiap musimnya bahkan, setiap episodenya, The Walking Dead kerap merajai rating pertelevisian.

Berdasarkan fakta tersebut, suka atau tidak suka, sepertinya AMC akan terus melanjutkan seri unggulannya ini. Kalau memang nantinya demikian, marilah kita berdoa saja semoga AMC ke depannya dapat memperbaiki sekaligus meningkatkan kembali kualitas serinya.

Kalau mereka tidak melakukan hal tersebut, maka untuk kesekian kalinya bisa saya katakan bahwa akan menjadi hal yang sia-sia saja apabila AMC masih bersikukuh untuk meneruskan seri ini. Nah bagaimana bro sis tanggapan kalian terhadap hal ini? Apakah kalian juga sudah lumayan jenuh menyaksikan The Walking Dead? Silahkan sampaikan komentarnya ya!

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

Monster Hunter. Game berburu monster buatan Capcom sejak 2004. Sumber gambar: monsterhunter.wikia.com

Monster Hunter: Sebuah Game Monster vs Sekelompok Hunter

Inilah game yang popularitasnya termasuk tinggi di kalangan gamers yang doyan melakukan sesuatu secara bersama-sama. Mon.. more

Girls Love Series: Potret Persahabatan Perempuan Dalam Bingkai Komik

Circle kreatif Yuri Nakama menerbitkan antologi komik Girls Love Series. Nikmati 4 komik berisi kehidupan sehari-hari du.. more

Ryan Reynolds as Pikachu. Sumber: gizmodo

Ryan Reynolds Resmi Menjadi Pemeran Pikachu di Film Live Action Pokemon!

Terpilihnya Ryan Reynolds sebagai pengisi suara Pikachu tentu tidak sepenuhnya merupakan kabar positif bagi sebagian fan.. more

Bleach: Shonen Manga Populer Yang Tidak Bertahan Lama

Manga karangan Tite Kubo ini menceritakan tentang perjalanan seorang pemuda bernama Ichigo Kurosaki yang secara tidak se.. more

Mengenal Shazam: Superhero DC Comics yang Filmnya Segera Rilis

Shazam, karakter ini pertama muncul di penerbitan Fawcett Comics mulai tahun 1939 sampai dengan 1953. Tepatnya di komik .. more