Warriors All-Stars: Game Crossover Terbaru Koei Tecmo

2 years ago
Sumber: outerhaven.com

Bro sis gamers tentu pernah melihat, bermain, atau malah ngefans dengan serial game “Musou” atau di versi Inggris disebut sebagai “Warriors” buatan dari Koei Tecmo.

Serial game hack-and-slash ini dimulai dari console PlayStation 2 dengan judul “Dynasty Warriors 2” (atau Shin Sangoku Musou dalam versi Jepang). Game ini fokus pada sebuah pertempuran “satu lawan seribu” dimana kita sebagai pemain game harus menghadapi gelombang serangan ratusan (bahkan ribuan) prajurit sebelum bertemu dengan “jenderal” di area yang sedang kita serbu dan mengalahkannya untuk merebut area tersebut.

Gameplay game “Dynasty Warriors”. Sumber gambar: cheatcc.com

Gameplay game “Dynasty Warriors”. Sumber gambar: cheatcc.com

Game awal Warriors series ini mengambil plot/tema kisah klasik Tiongkok kuno yang dikenal dengan nama Three Kingdom atau Kisah Tiga Kerajaan. Kisah ini merupakan kisah yang diwariskan turun temurun hingga ribuan tahun dan masih dikenal di kehidupan modern jaman sekarang. Koei Tecmo memadukan kisah tersebut (yang sering mereka modifikasi namun masih dengan benang merah yang sama) dengan gameplay cepat dan seru serta heboh. Dan hasilnya terbilang sukses.

Serial “Warriors” termasuk judul game yang selalu mendapatkan sekuel maupun spin-off. Tidak melulu berkutat di kisah Tiga Kerajaan, serial ini juga ada mengadopsi kisah yang berasal dari kultur lain, seperti kisah era Sengoku alias Warring States dari Jepang sendiri. Judul dari game tersebut adalah Samurai Warriors.

Samurai Warriors 4. Sumber gambar: pinterest.com

Samurai Warriors 4. Sumber gambar: pinterest.com

Tak cuma kisah folklore/fabel rakyat, Koei Tecmo juga menggarap kisah-kisah pop culture untuk serial “Warriors” mereka itu.

Tercatat manga/anime Berserk, anime Attack On Titan, bahkan IP Nintendo pun pernah mereka buat dalam model gameplay “Warriors”. Game tersebut adalah Zelda, dan judul game yang menggunakan kisah/karakter Zelda tersebut adalah Hyrule Warriors untuk console Wii U dan handheld 3DS.

Game keren dan wajib punya buat pemilik Wii U. Sumber gambar: pinterest.com

Game keren dan wajib punya buat pemilik Wii U. Sumber gambar: pinterest.com

Koei Tecmo juga pernah melakukan crossover IP mereka sendiri ke dalam game “Warriors”. Mereka menggabungkan game Dynasty Warriors dengan Samurai Warriors menjadi satu, dengan judul Warriors Orochi, yang menggunakan plot khusus “Yamata no Orochi” atau ular berkepala delapan yang merupakan legenda rakyat di Jepang.

Warriors Orochi adalah crossover dari dua game Warriors Koei Tecmo. Sumber gambar: convertedgames.com

Warriors Orochi adalah crossover dari dua game Warriors Koei Tecmo. Sumber gambar: convertedgames.com

Warriors Orochi boleh dibilang sukses memadukan dua “raksasa” seperti Dynasty Warriors dan Samurai Warriors dalam satu game besar dan seru. Dan jika melihat konsep game ini, yang memadukan dua IP populer seperti itu, rasanya Warriors Orochi merupakan game fan-service yang tertinggi yang bisa diberikan oleh Koei Tecmo.

Tapi dugaan itu keliru. Karena Koei Tecmo bertindak lebih gila lagi dengan game crossover IP terkini mereka: Warriors All-Stars.

Game crossover paling besar saat ini dari Koei Tecmo. Sumber gambar: gametradersusa.com

Game crossover paling besar saat ini dari Koei Tecmo. Sumber gambar: gametradersusa.com

Dari judulnya saja bro sis pasti dapat menduga kalau game ini akan memadukan dan berisi berbagai karakter superstars yang dimiliki oleh Koei Tecmo ‘kan?

Dugaan itu tepat sekali. Warriors All-Stars dapat dikatakan sebagai “super fan-service game” jika dibandingkan game sebelumnya (Warriors Orochi). Jika di Warriors Orochi, hanya karakter-karakter dari dua IP yang digabung satu, maka di Warriors All-Stars ada jauh lebih banyak IP dan karakter di dalamnya.

Kisah di dalam Warriors All-Stars berpusat pada sebuah kerajaan yang mengandalkan mata air sakti untuk kelangsungan kehidupan mereka. Saat Raja mangkat, kerajaan tersebut mulai dilanda bencana dan kekeringan. Untuk mencegah kehancuran mereka, Ratu memerintahkan tiga orang kepercayaannya (putra putri serta satu keponakan) men-summon heroes dari dunia lain untuk mengatasi masalah mereka.

Situasi jadi berantakan karena masalah tidak terduga saat summoning, dan akibatnya para heroes tercerai berai berserakan di seantero wilayah. Tiga orang kepercayaan tadi akhirnya mengumpulkan para heroes masing-masing demi melancarkan perbaikan mata air dan misi mereka sendiri-sendiri (yang berujung pada kisruh perebutan singgasana kekuasaan).

Gameplay di Warriors All-Stars nyaris tidak begitu berbeda dari game-game “Warriors” sebelumnya Jadi fans dan veteran game serial ini akan langsung dapat terbiasa dengan sistem dan model misi yang ditampilkan. Sementara untuk gamers baru juga sepertinya tidak akan menemui kendala berarti karena serial game “Warriors” biasanya mudah untuk dimainkan dan dikuasai oleh siapa saja.

IP dari game Koei Tecmo sangat banyak di dalam game ini. Sebut saja seperti game Atelier, Dead or Alive, Deception, Dynasty Warriors, Haruka: Beyond The Stream Of Time, Nights Of Azure, Ninja Gaiden, Ni-Oh, Opoona, Rio, Samurai Cats, Samurai Warriors, dan Toukiden. Jadi tak heran jika game ini mereka beri judul “Warriors All-Stars”, karena memang game ini penuh dengan bintang-bintang dari Koei Tecmo.

Beberapa karakter di Warriors All-Stars. Sumber gambar: readersgambit.com

Beberapa karakter di Warriors All-Stars. Sumber gambar: readersgambit.com

Jadi kalau bro sis gamers ingin main game aksi crossover terbesar saat ini, mungkin memainkan Warriors All-Stars bisa jadi pilihan seru. Selamat mencoba ya, bro sis gamers! Game ini sudah tersedia untuk PlayStation Vita, PlayStation 4 dan Windows PC.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Mother! : Jennifer Lawrence Hadir Sebagai Kiasan Tentang Mother Earth

Mother! adalah film yang sutradarai oleh Darren Aronofsky, dimana selain menjadi sutradara Ia juga berperan sebagai penu.. more

Izone-Produce 48

Girlband Jebolan Mnet, IZ*NE Akan Segera Debut!

Gak terasa ajang survival show, Produce 48 telah berakhir lebih dari satu bulan yang lalu. Girl group yang dibentuk da.. more

Sumber gambar: newegg.com

AMD akan Meningkatkan Produksi Graphic Card untuk Mengatasi Kelangkaan Akibat Cryptomining Seperti Bitcoin

Situasinya mungkin tidak terasa oleh publik (jika dibandingkan misalnya dengan kelangkaan bahan makanan pokok) tapi kela.. more

Anime Bertema Sepakbola ini nggak Kalah Seru dari Captain Tsubasa lho

Tapi apakah bro sis tahu, ada pula anime bertema sepakbola yang nggak kalah seru dari Captain Tsubasa. Berikut ini beber.. more

00-d-crazy-rich-report

Intip Serunya Crazy Rich Authors Workshop di Kantor CIAYO Comics!

Masih ingat dengan Crazy Rich Authors Workshop yang diadakan CIAYO Comics? Workshop tersebut berhasil diselenggarakan de.. more