Warung “Ichiraku Ramen” Naruto Di Dunia Nyata!

7 months ago

Sebuah tempat atau bangunan asli dengan lokasi dunia nyata sudah sering dijadikan objek dalam sebuah cerita manga atau komik. Ada banyak alasan untuk itu. Seperti misalnya sebagai penegasan lokasi dari cerita yang ada (ambil contoh komik Spider-Man yang mengambil lokasi asli Queens di Manhattan, Amerika Serikat). Kemudian ada pula lokasi asli yang kemudian di-fiksi-kan dengan cara mengganti nama; seperti kota fiksi Smallville di komik Superman, yang terletak di Kansas. Kansas sendiri merupakan lokasi asli di Amerika Serikat.

Lokasi fiksi di daerah asli. (Sumber: Wikia)

Juga ada situasi dimana seorang pengarang komik atau manga terinspirasi pada satu aspek di sebuah kota/lokasi dan menggunakannya sebagai bagian dari manga/komik yang sedang dia kerjakan.

Ambil contoh mangaka Tsukasa Hojo yang sering menggunakan lokasi asli “Kabuki-cho” di Shinjuku, Tokyo Jepang sebagai lokasi reguler manga “City Hunter” ciptaannya. Hal ini lumrah terjadi dan bukan sesuatu yang tidak biasa dilakukan oleh mangaka Jepang.

Shinjuku, Tokyo. (Sumber: JPNInfo)

Mangaka Jepang Masashi Kishimoto yang dikenal luas sebagai pencipta manga fenomenal “Naruto” juga melakukan hal ini.

Menghibur jutaan fans sejak rilis pertama di majalah komik Weekly Shonen Jump di tahun 1999, Naruto tidak pernah benar-benar ‘berhenti’ sejak ditamatkan oleh Kishimoto-sensei tahun 2014. “Boruto” merupakan sekuel langsung dari Naruto, dan sepertinya diterima pasar dengan baik. Produk-produk turunan manga Naruto seperti video game juga tidak berhenti dirilis selepas tamatnya manga Naruto.

Intinya? Naruto tidak (akan) mati dan mungkin hidup panjang seperti franchise manga populer lain.

(Sumber: Gamer.NL)

Fans Naruto tentu tahu dengan satu lokasi penting dan jadi signature di manga serta anime Naruto, yaitu warung mie “Ichiraku Ramen”. Tempat ini termasuk penting di manga Naruto; buku tankobon Naruto volume 16 bahkan memakai warung ini sebagai cover!

Lokasi nongkrong karakter manga Naruto. (Sumber: SoraNews24)

Fans tentu tahu kalau makanan kesukaan Naruto di manga itu adalah ramen dari warung Ichiraku Ramen. Tapi mungkin fans belum tahu kalau warung itu ada di dunia nyata dan Masashi Kishimoto terinspirasi dengan tempat tersebut hingga menciptakan versinya sendiri di manga Naruto.

Visualisasi Ichiraku Ramen versi Masashi Kishimoto. (Sumber: Allabout-Japan)

Masashi Kishimoto menggunakan model warung ramen di Kyuusandaimae, Fukuoka Jepang. Saat masa-masa bersekolah dulu, dia sering melewati dan mampir di warung ramen Kyuusandaimae tersebut. Hal itu jadi inspirasinya saat menciptakan Ichiraku Ramen di Konoha. Tapi sayang warung ramen Kyuusandaimae tersebut tutup di tahun 2014.

Persis di tahun Naruto ditamatkan. Kebetulan atau tidak? Entahlah.

Walau tutup toko di Kyuusandaimae tapi warung tersebut ternyata punya cabang di lokasi lain Fukuoka; salah satunya tepat di Shime (dekat airport Fukuoka). Ternyata warung tersebut termasuk laris, karena orang-orang sudah pada antri bahkan sebelum pintu warung dibuka.

Tampilan depan warung ramen inspirasi Kishimoto-sensei. (Sumber: TripAdvisor)

Pilihan menu ada beberapa jenis namun karena Naruto penggemar ramen dengan miso maka yang dipesan adalah ramen dengan miso. Semangkuk Miso Chashu Pork Ramen dihargai 850 Yen atau US$ 8,48 (sekitar IDR 118rb). Lumayan jika melihat besarnya porsi yang diberikan dengan harga segitu.

Ukuran jumbo dengan topping melimpah. (Sumber: SoraNews24)

Miso Chashu Pork Ramen dihidangkan dalam wadah mangkuk berukuran besar. Topping atas dari ramen terlihat berupa tauge, cabe hijau serta irisan chashu pork alias daging babi berukuran jumbo. Kuah kaldunya walau terasa ringan namun cukup ‘nonjok’. Paduan mie ramen lembut dan irisan daging tebal menjadikan hidangan ramen seperti yang dinikmati Naruto di manga terasa sedap sekali menurut yang sudah pernah mencobanya.

Irisan daging pork ukuran gede. (Sumber: SoraNews24)

Dengan harga ideal, rasa nikmat serta ukuran porsi yang mengenyangkan, ramen khas Ichiraku Ramen dari manga Naruto bisa dinikmati di dunia nyata. Sayang karena non-halal maka sepertinya ramen ini tidak direkomendasikan untuk mereka yang dilarang mengonsumsi daging babi. Namun untuk yang tidak punya masalah dengan konsumsi daging babi, go ahead ttebayo!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Poster Akira (redbubble.com)

Parodi Poster Akira Yang Sekeren Aslinya!

Buat yang udah lama suka baca komik, pasti kenal sama Akira. Selain komiknya yang fenomenal, posternya juga menginspiras.. more

00-d-world-of-warcraft

Gold di Game World of Warcraft Nilainya 7 Kali Lipat Uang Venezuela!

Krisis moneter di Venezuela semakin memprihatinkan. Hiperinflasi menyerang mata uang Bolivar sampai-sampai mata uang Wor.. more

CIAYO Comics

Ngobrol Seru Dengan Kreator Komik Super O

Penasaran dengan sosok dibalik lucunya Super O, langsung aja yuk kita kenalan dan ngobrol-ngobrol seru bareng creator ko.. more

Datang Lebih Awal, Kereta di Jepang Meminta Maaf

Kereta Tsukuba Express yang menghubungkan kota Tokyo ke daerah bagian utara Jepang memohon maaf ke penumpang karena data.. more

00-d-the-dragon-prince

The Dragon Prince: Animasi Netflix Buatan Penulis Avatar

Penulis cerita dan sutradara serial Avatar: The Last Airberder menyiapkan serial original The Dragon Prince yang akan ta.. more