Westworld: Krisis Eksistensial Artificial Intellegence

2 months ago
00-d-westworld

Di sebuah dunia distopia yang berlatar masa depan, ada sebuah wahana megah nan besar yang bernama Westworld, wahana itu begitu besar sampai seolah-olah menjadi dunia tersendiri.

Westworld sendiri adalah tempat para pengunjung bisa bernostalgia dengan dunia ‘Western’ Abad Pertengahan. Di Westworld, ditempatkan banyak sekali ‘artificial intellegence’ yang berperan sebagai koboi, pelacur bordil, atau wanita penjaga ladang. Mereka disebut host.

Para ‘host’ benar-benar tampak nyata. Sumber: The Hollywood Reporter

Para ‘host’ benar-benar tampak nyata. Sumber: The Hollywood Reporter

Para ‘host’ itu ada untuk pengunjung perlakukan sebebas-bebasnya, untuk melampiaskan hasrat birahi mereka atau naluri membunuh mereka. Dan tidak ada yang akan mencap mereka sebagai orang buruk. Untuk memuaskan keinginan pengunjung, para ‘host’ itu dibuat benar-benar hidup hingga tak bisa dibedakan dengan manusia biasa.

Hanya soal waktu, para ‘host’ itu, meskipun secara rutin dihapus memorinya, menyadari keadaan mereka hingga mereka akhirnya memberontak.

Westworld Disutradarai oleh Adik Christopher Nolan

Christopher Nolan dan Jonathan Nolan. Sumber: Pinterest

Christopher Nolan dan Jonathan Nolan. Sumber: Pinterest

Tak cukup premis yang begitu menjanjikan, nama dibalik layarnya pun semakin meyakinkan saya untuk menonton series yang disarankan oleh teman saya ini. Ya, nama itu adalah adik dari Christopher Nolan, Jonathan Nolan!

Untuk anda yang belum tahu, Jonathan Nolan adalah orang yang banyak berkontribusi untuk film-film Christopher Nolan, ia bekerjasama bersama kakaknya dalam pembuatan The Dark Knight, The Dark Knight Rises, The Prestige, dan Interstellar. Bahkan film Memento yang legendaris itu ide awalnya berasal dari cerpen yang dibuat oleh Jonathan Nolan yang berjudul Memento Mori.

Baca Juga: Film Sci-fi Klasik 2001: A Space Odyssey Kini Berusia Setengah Abad

Jonathan Nolan dan Lina Joy. Sumber: Vulture

Jonathan Nolan dan Lina Joy. Sumber: Vulture

Dalam menjalankan series ini, seperti Christopher Nolan yang biasa bekerjasama bersama istrinya, Emma Thomas, Jonathan Nolan juga berdampingan bersama istrinya, Lina Joy dengan menjadi dua showrunner utama series ini.

Adaptasi Film Tahun 1973 Buatan Penulis Jurassic Park

Poster film Westworld tahun 1973. Sumber: The Frida Cinema

Poster film Westworld tahun 1973. Sumber: The Frida Cinema

 Series ini diangkat dari film dengan judul yang sama di tahun 1973, yang disutradarai dan ditulis oleh Michael Crichton, orang yang sama dibalik novel Jurassic Park yang menjadi salah satu ‘franchise’ blockbuster terlaris Holywood.

Jurassic Park pun, yang bercerita tentang taman wahana dengan klon-klon dinosaurus, mempunyai tema yang bisa dibilang kurang lebih sama dengan Westworld. Hanya saja, jika Jurassic Park sekarang menjadi ‘franchise’ blockbuster yang makin lama makin turun ratingnya, Westworld mendapatkan nasib yang berbeda–diangkat kembali oleh Jonathan Nolan dan Lina Joy, series ini mempunyai cerita dengan kompleksitas tingkat tinggi dan twist-twist yang tak terduga.

Dan tentu saja, teknologi sinematografi dan CGI dalam series ini jauh lebih canggih dan maju dari film aslinya yang tayang pada tahun 1973.

Tampilkan Kekerasan dan Erotisme yang Eksplisit

Sumber: The Holywood Reporter

Sumber: The Holywood Reporter

Sama seperti Game of Thrones, series HBO lain yang bisa diakui sebagai series terbaik yang pernah ada, Westworld mengangkat kekerasan dan erotisme yang begitu eksplisit–yang bisa dibilang menambah daya artistiknya. Jika di Game of Thrones itu memperkuat narasi cerita kerajaan Abad Pertengahan. Di Westworld, hal itu memperkuat narasi cerita para pengunjung Westworld yang benar-benar bertindak semaunya. Hal itu membuat rating series ini diperuntukkan untuk orang-orang yang berusia 18 tahun keatas.

Pipismu belum lurus? Itu artinya series ini bukan untukmu.


Sejak dimulai tahun 2016, series ini sudah mempunyai dua season dimana season keduanya baru saja selesai diputar di tahun 2018 ini. Season pertamanya berjudul The Maze, dan season keduanya berjudul The Door. Secara keseluruhan, series ini sudah mempunyai dua puluh episode. Dan ceritanya pun masih berlanjut, kemungkinan season 3 akan tayang tahun 2020, mengingat season terakhir Game of Thrones yang akan tayang tahun 2019.

Sebelum season 3 tayang, apakah kamu tertarik untuk menonton 2 season sebelumnya dahulu?

Banner Komik Action

About Author

Muhammad Al Fatih Hadi

Muhammad Al Fatih Hadi

Mempunyai dua nama panggung yaitu Nocturne dan Buluidung. Book nerd, movie freak. Sedang merantau ke Al-Ain, Uni Emirat Arab, entah sebagai pelajar atau sebagai TKI. Jika tertarik menghubunginya, bisa lewat akun instagramnya @Fatihnokturnal14. Jika tidak tertarik, ya sudah.

Comments

Most
Popular

Siap-siap, Komik Terbaru Vandaria Saga “Red Deimos” Akan Diluncurkan

Komik terbaru dari seri Vandaria Saga akan segera diluncurkan di CIAYO Comics. Dengan judulnya yaitu Red Deimos, komik i.. more

Poster Inktober (mrjakeparker.com)

Inktober, Berkarya Lewat Gambar

Waktu kecil kalau disuruh gambar kita sudah terdoktrin  dengan menggambar gunung, matahari beserta sawahnya. Nah, di me.. more

00-d-ponimu-simulcast-autumn-2018

Tonari no Kyuuketsuki-san dan Merc Storia Segera Tayang di Ponimu

Anime Tonari no Kyuuketsuki-san dan Merc Storia akan hadir di Ponimu. Keduanya bisa ditonton 1 jam setelah tayang resmi .. more

Sumber: irishfilmcritic.com

The Ritual, Atmosfer Luar Biasa untuk Cerita Usang yang Klasik

“The Ritual” merupakan contoh film horror yang punya skenario klasik dengan menampilkan atmosfer mencekam yang terja.. more

In This Corner of the World. Sumber: youtube.com

In This Corner of the World, Kisah Manis di Tengah Peperangan

Sebagai pecinta anime anti perang,tentunya kalian ga boleh melewatkan anime satu ini. Meski sudah sempat ditayangkan pad.. more