WhatsApp Tak Bisa Lagi Digunakan Di Ponsel Tua

4 months ago
00-d-whatsapp-discontinue

WhatsApp baru saja mengumumkan bahwa aplikasi ini akan berhenti beroperasi di beberapa smartphone, seperti iPhone dan Android. Meski beritanya mendadak, mereka membuat kebijakan ini secara mutlak di situs resmi mereka. Disana tertulis beberapa sistem operasi yang tidak bisa mendukung penggunaan aplikasi WhatsApp, yaitu:

  • Android versi dibawah dari Gingerbead (2.3.3)
  • Windows Phone 8.0 dan versi sebelumnya
  • iPhone 3GS/iOS 6
  • Nokia Symbian S60
  • BlackBerry OS dan BlackBerry 10
Android Gingerbead tidak akan mendukung aplikasi WhatsApp dalam waktu dekat. (Sumber: itmagazine)

Android Gingerbead tidak akan mendukung aplikasi WhatsApp dalam waktu dekat. (Sumber: itmagazine)

Dalam beberapa tahun ini, aplikasi WhatsApp sudah banyak digunakan oleh penduduk Indonesia. Selain untuk mengirim pesan dan melakukan panggilan, aplikasi ini juga sebagai media untuk berkumpul dengan membuat grup chat, mulai dari teman sekolah, pekerjaan, melakukan jual-beli, keluarga dan paling yang paling terkenal adalah grup WhatsApp emak-emak/ibu-ibu maupun bapak-bapak.

40% warga Indonesia menggunakan aplikasi Whatsapp (Sumber: Statista)

40% warga Indonesia menggunakan aplikasi Whatsapp (Sumber: Statista)

Para pengguna WhatsApp yang masih menggunakan OS (Operating System) Gingerbead dan versi sebelumnya diharapkan untuk segera melakukan update OS. Jika sudah tidak bisa melakukan update sebaiknya membeli smartphone baru agar bisa menggunakan aplikasi ini. Hal ini juga berlaku untuk smartphone yang memiliki OS dibawah versi yang sudah disebutkan sebelumnya.

WhatsApp menyarankan para pengguna untuk menggunakan OS sebagai berikut:

  • Android dengan OS diatas versi 4.0
  • iPhone dengan iOS versi 8 dan diatasnya
  • Windows Phone 8.1 dan versi diatasnya
Windows Phone 8.1 masih bisa menggunakan WhatsApp sampai saat ini. (Sumber: betanews)

Windows Phone 8.1 masih bisa menggunakan WhatsApp sampai saat ini. (Sumber: betanews)

Apabila kalian masih menggunakan OS lama seperti yang dijelaskan sebelumnya, WhatsApp akan memberikan batas waktu tertentu, yaitu:

  • Nokia S40 sampai 31 December 2018
  • Android versions 2.3.7 dan versi dibawahnya sampai 1 Februari 2020
  • iOS 7 dan versi dibawahnya sampai 1 February 2020
Ini menjadi kabar buruk buat pengguna Nokia S40. (Sumber: neurogadget)

Ini menjadi kabar buruk buat pengguna Nokia S40. (Sumber: neurogadget)

Para pengguna OS versi lama tidak bisa lagi membuat akun WhatsApp yang baru, tapi mereka masih bisa menggunakan aplikasi tersebut sampai batas waktu yang sudah diberikan. Aplikasi ini bisa saja tiba tiba berhenti beroperasi tanpa pemberitahuan ataupun lebih cepat dari batas waktunya. Seperti yang telah terjadi pada Blackberry OS, Blackberry 10, dan Windows Phone 8.0 dan versi sebelumnya.

Seperti yang kalian ketahui, WhatsApp memiliki fitur back up chat history apabila kita memindahkan akun dari satu smartphone ke smartphone lain. Tapi fitur ini tidak akan berfungsi apabila back up akun akan dipindahkan ke platform yang berbeda, seperti android ke iPhone atau sebaliknya. Mereka mengatakan bahwa “Untuk saat ini tidak ada option melakukan transfer chat history pada akun diantara platform yang berbeda. Tetapi, kami mengusahakan back up chat history akun pengguna dikirim melalui email.”

Jan Koum, salah satu pendiri aplikasi WhatsApp. (Sumber: quoracdn)

Jan Koum, salah satu pendiri aplikasi WhatsApp. (Sumber: quoracdn)

Jadi sekarang sudah saatnya mengupdate OS kalian agar bisa menggunakan aplikasi WhatsApp. Beritahukan juga berita ini kepada teman, sahabat, dan keluarga kalian. Dan jangan lupa back up terlebih dahulu chat history kalian apabila terdapat file-file penting didalamnya.

About Author

Faisal

Faisal

Mahasiswa semester akhir yang terjebak ke dalam jurang gacha mobage. Berpikir untuk pensi dari FGO, GBF dan sejenisnya, tapi Dev berkata lain. Koleksi SSR semakin banyak, jadi sayang akun nya kalo gak dimainkan...

Comments

Most
Popular

Nah, festival pasti identik dengan makanannya dong? Biasanya makanan di festival sedikit berbeda dengan menu restaurant pada umumnya. Makanan festival lebih affordable dan gak terlalu berat, layaknya hanya sebagai jajanan dan snack.

10 Makanan Populer Khas Festival Jepang. Kamu Suka yang Mana?

Nah, festival pasti identik dengan makanannya dong? Biasanya makanan di festival sedikit berbeda dengan menu restaurant .. more

Gudetama (Sumber: pinterest)

Gudetama: Kisah Kuning Telur yang Mendunia

Kuning, pemalas, bentuknya telur, tapi bisa ngomong. Apa hayo? Yup, siapa lagi kalo bukan Gudetama. Karakter lucu asal J.. more

BEKRAF Game Prime 2017, Hari Raya Bagi Gamers dan Insan Kreatif

BEKRAF Game Prime 2017 sukses digelar. Tahun ini Badan Ekonomi Kreatif Indonesia bekerjasama dengan Duniaku Network dan .. more

Menguak Asal Usul Komik

Kamu-kamu yang suka baca komik udah pada tahu belum asal-usul komik? Tim Blog CIAYO Comics bakal flashback ke masa awal .. more