Winning Eleven/Pro Evolution Soccer: Game Wajib Sejuta Umat Gamers PS Indonesia

12 months ago
Logo internasional game sepakbola ciptaan Konami Jepang. Sumber gambar: game-debate.com

Rasanya tidak akan ada yang komplain jika dikatakan kalau game sepakbola Winning Eleven/WE (atau dalam judul internasionalnya “Pro Evolution Soccer” alias PES) adalah game paling populer untuk gamers PlayStation series di Indonesia.

Game sepakbola ciptaan Konami ini punya sejarah panjang dibelakangnya.

Bisa dibilang dimulai dari game sepakbola pertama Konami di console PlayStation One. Saat itu, Konami merilis game sepakbola berjudul Goal Storm (di Jepang game ini diberi judul “World Soccer: Winning Eleven”) pada tahun 1996/1997 untuk console PS1. Saya pribadi pernah memainkan game ini pada masanya. Saat itu, saya setuju dengan salah satu reviewer majalah game populer dari Amerika Serikat, Die-Hard GameFan, yang mengatakan kalau “game ini keren secara polygonal characters dan controls tapi suara dribble pemainnya persis suara mesin ketik tradisional”.

Pada masanya, grafik ini super keren. Sumber gambar: youtube.com

Pada masanya, grafik ini super keren. Sumber gambar: youtube.com

Game ini sukses di pasaran hingga membuat Konami memberikan lampu hijau untuk sekuel. Sebanyak empat sekuel dari Goal Storm diterbitkan oleh Konami untuk platform console PS1 hingga tahun 2001.

Dan berkat “kepintaran” para hacker/cracker sistem PS1, game Winning Eleven/PES ini kemudian dapat dimodifikasi dengan memasukkan elemen-elemen lain yang tadinya tidak ada, atau mengubah apa yang sudah ada di dalam game-nya sesuai kemauan. Jadi tidak aneh dan mengherankan (bahkan hingga era PS2 datang) kalau ada game WE/PES yang punya background musik dangdut Inul, misalnya. Atau adanya Timnas Indonesia “Garuda”. Atau bahkan klub lokal Liga Indonesia! Para pemain rental PS1 jaman dulu hampir pasti pernah melihat atau memainkan game modifikasi seperti ini karena mereka sangat populer pada masanya.

Sumber gambar: tn-robby.blogspot.com

Sumber gambar: tn-robby.blogspot.com

Memasuki era generasi console games DVD seperti PlayStation 2, GameCube serta Xbox, game sepakbola ini semakin menggurita dan menguasai pasar.

Bersaing dengan game sepakbola lainnya dari EA Sport yang berjudul “FIFA”, Winning Eleven/Pro Evolution Soccer mengalami banyak perubahan dan perbaikan setiap kali dirilis ke pasaran. Kebanyakan berupa statistik dan hal-hal teknis seperti permainan sepakbola di dunia nyata, sayangnya WE/PES hampir selalu “kalah” dari EA Sport di bagian lisensi dari organisasi sepakbola dunia FIFA. Karena pemilik lisensi sepakbola terlengkap untuk video game adalah EA Sport.

Pengaruhnya apa? Pengaruhnya ada di akurasi kemiripan jersey (kaos), nama team, nama pemain dan hal-hal bersifat licensing lainnya. Jadi tidaklah aneh jika melihat klub sepakbola Chelsea dan Arsenal dari Liga Inggris seperti aslinya di game FIFA series keluaran EA Sport, tapi mereka jadi bernama “London FC” dan “North London” di game WE/PES dari Konami.

Penggemar Liga Inggris bakal nyengir melihat ini. Sumber gambar: thisismyjoystick.com

Penggemar Liga Inggris bakal nyengir melihat ini. Sumber gambar: thisismyjoystick.com

Belakangan terlihat kalau Konami mulai berhasil menambah lisensi dari FIFA untuk dapat mereka implementasikan ke dalam game sepakbola buatan mereka walaupun tetap saja masih kalah jumlah dan kelengkapan atribut jika dibandingkan dengan EA Sport.

Namun hal itu dapat diatasi, tentunya dengan “cara curang”.

Ya… Seperti jaman PS1 dulu, game-game Winning Eleven/Pro Evolution Soccer di console PS2 dapat di-modifikasi oleh mereka yang mengerti sistem. Jadi game-game WE/PES (bajakan) yang beredar di pasaran biasanya sudah dalam kondisi ter-modifikasi agar mirip dan sesuai aslinya. Jika bro sis gamers membeli DVD (bajakan) game-game WE/PES di Indonesia ini, besar kemungkinan kalau kepingan disc itu sudah di-modifikasi dengan statistik, nama atau hal-hal lain yang tujuannya supaya game itu sesuai kenyataan aslinya. Mulai dari nama team sampai jenis kaus kaki pemain bolanya di dalam game agar sesuai aslinya.

Contoh DVD WE/PES PS2 modifikasi. Sumber gambar: tokopedia.com

Contoh DVD WE/PES PS2 modifikasi. Sumber gambar: tokopedia.com

Dengan patch, yang tadinya tidak ada bisa menjadi ada. Sumber gambar: youtube.com

Dengan patch, yang tadinya tidak ada bisa menjadi ada. Sumber gambar: youtube.com

“Wajah” dari game Winning Eleven/Pro Evolution Soccer di dominasi oleh Cristiano Ronaldo. CR7 menjadi cover game tersebut di tahun 2008, 2012 dan 2013. Mario Gotze menggantikannya di tahun 2015, dan Neymar bersama Alvaro Morata menjadi coverboys untuk versi 2016.

Coverboy PES 2008 Cristiano Ronaldo. Sumber gambar: mobygames.com

Coverboy PES 2008 Cristiano Ronaldo. Sumber gambar: mobygames.com

Karena sepakbola adalah olahraga terpopuler sejagat, tak heran kalau video game sepakbola juga menjadi video game populer dimana-mana. Tercatat kalau serial game Winning Eleven/Pro Evolution Soccer ini sudah terjual lebih dari 81 juta unit di seluruh dunia, yang mendudukkan WE/PES sebagai bagian dari video game terlaris di dunia.

So, apakah bro sis gamers juga menggemari game sepakbola Winning Eleven / Pro Evolution Soccer? Lebih doyan komentator versi Jepang (yang berisik dan gokil) atau versi internasional (yang suaranya terdengar familiar setiap tahun) punya? Manapun itu, game yang selalu ada di tiap rental PS segala versi ini memang sudah stabil sebagai bagian game terpopuler sepanjang masa.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

The Fate of the Furious (Fast and Furious 8) Hambar Tanpa Paul Walker

The Fate of the Furious yang tak lain merupakan seri dari Fast and Furious ke-8, kabarnya merupakan awal dari trilogy ya.. more

(pixabay.com)

Ringo Ame: Camilan Jepang yang Menggoda Selera

Kalian suka buah apel?? Kalian pecinta makanan manis?? Gimana kalau buah apel utuh dicampur, terus dicelupin dengan kara.. more

Sumber: Personal Editing

Kurang Motivasi untuk Berkarya? Deretan film tentang Author ini Pasti Bisa Menambah Motivasimu!

Jika kalian bekerja di bidang kreatif seperti illustrator, komikus, ataupun penulis, pasti pernah mengalami yang namanya.. more

00-d-hantu-indonesia

5 Hantu Indonesia Non Mainstream Untuk Ide Komik Horor Kamu

Hantu Indonesia nggak sekedar kuntilanak, pocong, dan genderuwo saja. Ada hantu nenek pendendam, bola api, manusia putih.. more

00-d-intellectual-property

Tips dan Trik Merancang Intellectual Property (IP) Yang Bagus

Bikin komik nggak sekedar bikin komik saja, tapi harus mengembangkan intellectual property. Inilah tips untuk mengembang.. more