World War Z atau Fanwar, Lebih Seram Mana?

12 months ago
Lightstick

Bro sis punya idola? Atau kepikiran untuk menjadi seorang artis? Biasanya ketika kita mengidolakan seorang idol atau artis, banyak hal yang bisa dialami. Terutama saat kita memutuskan untuk mendukung idol itu dari awal sampai akhir dengan masuk dalam fandom idol tersebut. Ada perasaan bahagia, bangga, dan sedih sekaligus.

Gak ketinggalan, perasaan yang kurang menyenangkan pasti ada juga. Terutama saat orang lain mengolok dan mencemooh idol yang bro sis suka. Padahal mungkin idol itu sama sekali gak berbuat salah apapun. Rasanya pasti kesel banget.

Perbedaan pendapat jadi alasan dimulainya perdebatan antar fandom. Perdebatan antar fandom ini biasanya sering sekali berlangsung di media sosial. Maklum, di sana kan orang merasa bebas untuk mengeluarkan pemikirannya.

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

 

Tapi bro sis tau gak sih apa itu “fandom”? Fandom adalah sekumpulan penggemar yang memiliki karakteristik yang sama yaitu; memiliki perasaan empati dan membangun pertemanan atas keminatan yang sama. Keminatan ini bisa berasal dari apa saja seperti buku, film, atau hobi apapun. Fandom biasanya memiliki nama panggilan sendiri. Baik di Jepang maupun Korea, ikatan antara anggota fandom kepada sebuah idol atau idol group biasanya sangat erat dan loyal.

Walaupun istilah “fandom” lebih terkenal di negara Jepang maupun Korea, di negara lain ternyata fandom juga ada, loh! Termasuk di Indonesia. Bro sis yang suka sama sebuah band ataupun penyanyi, ikut membeli album serta masuk ke dalam komunitas penggemar itulah yang dinamakan masuk fandom. Bahkan fans-fans yang setia mendukung idol kesukaannya di mana saja bisa dapat kesempatan untuk diingat oleh sang idola.

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Maka dari itu, gak heran kalau fans bisa menganggap kalau sang idola adalah teman atau keluarganya sendiri. Karena itu, kalau ada yang berani menjelek-jelekkan idol yang mereka sukai, siap-siap kena amuk satu fandom, ya. Jangan lupa juga kalau fandom ini gak akan segan menggugat orang yang berkata jahat ke pengadilan loh. Super dedicated! Di Jepang ataupun Korea, hal ini udah biasa terjadi, loh. Mungkin sebagian dari bro sis akan menganggap ini lebay, tapi percayalah hal itu emang benar-benar terjadi.

Pertengkaran antar fandom biasa disebut sebagai fanwar. Fanwar gak hanya muncul saat dua atau beberapa fandom yang terlibat, mengeluarkan pendapat yang ‘gak enak’ tentang idol lain. Bisa juga loh terjadi saat idol dari masing-masing fandom memperebutkan posisi atau penghargaan tertentu.

Sumber: twitter.com/girlgroupzone

Sumber: twitter.com/girlgroupzone

Misalnya ada penghargaan boygroup of the year atau album of the year dalam suatu acara. Penghargaan dan nominasi besar ini yang memicu fans untuk mendukung idol segiat-giatnya dengan cara apapun. Dalam waktu mendukung ini nih yang merupakan waktu yang kurang enak, karena masing-masing fandom merasa idolanya lah yang paling berhak untuk mendapat penghargaan tersebut. Banyak orang mulai berkomentar di media sosial dengan alasan mengapa idolanya harus menang. Gak ketinggalan sambil menjelekkan idol dan fandom lain juga.

Kalau udah liat fanwar, kadang lucu juga bro sis. Karena kesannya yang kita belain habis-habisan itu saudara atau pacar kita. Kayak liat ibu-ibu berantem rebutin baju diskon. Semua serba dilakukan. Fanwar adalah sisi terburuk dari setiap fandom. Kadang hanya karena seseorang yang punya pemikiran kurang dewasa dalam mengeluarkan pendapat, lalu ditimpali dan dibalas oleh seseorang dari fandom lain. Jadinya pertengkaran makin besar sampai membawa satu fandom. Keributan yang terjadi bahkan bisa lebih seram daripada adegan di World War Z, loh!

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Oh iya, bro sis jangan salah sangka. Walaupun terjadi fanwar, bukan berarti hubungan idola dari fandom yang bertengkar juga gak baik. Idol dari berbagai group yang berbeda malah sering kali bersahabat satu sama lain. Mereka bahkan juga mendukung satu sama lain, terutama saat temannya mengeluarkan album atau muncul dalam acara TV.

Kira-kira fanwar bisa dihentikan gak sih? Pertanyaan yang sulit banget nih. Seperti yang sudah dijelaskan, kemunculan fanwar adalah akibat dari seseorang yang kurang bisa mengendalikan ucapannya. Orang itu juga gak sadar kalau gak semua orang akan setuju dengan pendapat yang dia katakan, bahkan bisa menyakiti perasaan orang lain.

Berbagai macam nama fandom Kpop (Sumber: pinterest.com)

Berbagai macam nama fandom Kpop (Sumber: pinterest.com)

Kalau sudah terjadi fanwar, walaupun baru sekali, sebuah fandom bisa langsung dicap ‘fandom gak benar’ atau ‘fandom terburuk’. Sedih banget kan kalau sang idola tau penggemarnya dicap seperti itu? Ya, namanya juga mengidolakan. Kadang saking sukanya, kita gak sadar kalau kita terlalu fokus sama idola sampai mau melakukan apapun. Sarannya sih, mengidolakan boleh tapi tetap tau batas ya. Kita semua bisa kok mendukung idola atau artis yang kita suka tanpa merendahkan idola lain.

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Kembalinya Sang Legenda dari Gua Hantu

Momen booming-nya industri komik digital saat ini tidak disia-siakan oleh Bumi Langit sebagai management IP yang konsist.. more

Sumber: Saint-ism (http://www.saint-ism.com/2012/12/what-exactly-can-you-expect-in-initial-d-5th-stage/)

NGEENG, HATI-HATI! 10 ANIME OTOMOTIF INI BISA MEMACU ADRENALINMU!

Di dalam dunia anime, balapan bukanlah sesuatu yang asing. Baik sekedar balap sepeda di Yowamushi Pedal atau balap Tamiy.. more

Jimmy Kudo, Kapten Majid: Saduran Animanga di Arab dan Eropa

Sebuah karya disadurkan biasanya untuk menyesuaikan karya tersebut dengan tempat dimana dia akan dinikmati. Tapi gimana .. more

Warm, winter Canada. Sumber: youtube.com/カナダシアター編集部

Kanada Menggunakan Animasi Sebagai Promosi Pariwisatanya dan Hasilnya Keren Banget!

Bosan melihat iklan pariwisata yang biasa aja? Nah, Kanada punya cara baru untuk mempromosikan tempat pariwisata mereka .. more

Sumber PCMag

Apa yang Ditawarkan Microsoft dengan Joystick Xbox untuk Difabel “Xbox Adaptive Controller” ?

Bermain game bukan sekedar monopoli kelompok manusia yang memiliki kelengkapan maupun panca indera yang komplit. Ada pul.. more