Wow! Final Fantasy XV Hadir Dalam versi PC dan Smartphone

12 months ago

Siapa dari bro sis yang tidak mengenal atau tidak pernah tahu game dari Square Enix berjudul “Final Fantasy XV”? Sepertinya tidak mungkin ya. Karena game RPG ini sangat terkenal di dunia bahkan sebelum resmi dijual ke publik. Tapi tahukah bro sis, kalau Final Fantasy XV dapat dibilang sebagai game Final Fantasy yang paling bermasalah sejak awal pembuatannya?

Awal dari game ini dimulai sejak Final Fantasy XIII dalam proses penyelesaian. Saat itu game Final Fantasy XIII direncanakan dalam berbagai format, dalam sebuah kesatuan bernama “Fabula Nova Crystallis Final Fantasy”.

Salah satu game dari Fabula Nova tersebut adalah “Final Fantasy Versus XIII”, game spin-off/sempalan dari game utama Fabula Nova, alias “Final Fantasy XIII”.

Screenshot trailer Final Fantasy Versus XIII. Sumber gambar: gamezone.com

Screenshot trailer Final Fantasy Versus XIII. Sumber gambar: gamezone.com

Dalam perjalanannya, Square Enix akhirnya memutuskan untuk merubah total Final Fantasy Versus XIII; mulai dari sutradara (Tetsuya Nomura yang legendaris itu digantikan oleh Hajime Tabata) hingga membuat universe sendiri untuk game ini dan mengubah namanya menjadi “Final Fantasy XV”.

Development alias pembuatan game yang dimulai sejak 2006 itu terus molor bertahun-tahun. Bahkan pada satu titik, para fans mengira kalau game ini sudah berhenti dikerjakan karena minimnya informasi dari Square Enix untuk judul ke 15 ‘numbered Final Fantasy’ tersebut. Sampai akhirnya Square Enix mulai rutin memberikan impresi ke media serta fans kalau game ini tetap dan masih dikerjakan oleh para staff mereka.

Bahkan untuk menunjukkan kalau mereka serius, Square Enix  memamerkan hal-hal lain yang berkaitan dengan game Final Fantasy XV itu sendiri. Hal-hal seperti desain karakter, screenshots, dan bahkan sebuah film CGI full length theatrical! Ya… Square Enix membuat sebuah film Final Fantasy XV seperti yang mereka lakukan dengan Final Fantasy VII dulu (ingat “Advent Children: Final Fantasy VII” ?).

Film tersebut berfungsi sebagai prolog dari game Final Fantasy XV yang saat itu sedang dalam tahap penyelesaian. “Kingsglaive: Final Fantasy XV” bercerita mengenai latar belakang kejadian di game Final Fantasy XV. Saya sempat menontonnya di bioskop (film itu pernah resmi masuk ke Indonesia), dan menurut saya film tersebut cukup keren walau menyisakan pertanyaan seperti “apa pembuatan film ini bukannya jadi memperlambat penyelesaian game FF XV itu sendiri?”

Poster film Kingsglaive: FF XV. Sumber gambar: finalfantasy.wikia.com

Poster film Kingsglaive: FF XV. Sumber gambar: finalfantasy.wikia.com

Tak hanya film bioskop, anime bertemakan Final Fantasy XV pun tidak luput dari garapan Square Enix. Berfungsi sama seperti Kingsglaive, anime Final Fantasy XV juga memiliki plot cerita untuk mendukung game Final Fantasy XV secara keseluruhan. Animenya beredar di channel YouTube. Bro sis bisa mencoba mencarinya kalau berminat. Judulnya adalah “Brotherhood: Final Fantasy XV”.

Screenshot anime Brotherhood: FF XV. Sumber gambar: youtube.com

Screenshot anime Brotherhood: FF XV. Sumber gambar: youtube.com

Berhenti sampai disana? Oh tidak. Entah apa tujuannya, tapi Square Enix juga membuat game VR/Virtual Reality bertema Final Fantasy XV. Lucunya game tersebut adalah game “memancing ikan dan monster” yang ada di dunia Final Fantasy XV. Game berjudul “Monster of the Deep: Final Fantasy XV” dibuat dan dijual di PlayStation Network, yang berarti juga hanya untuk PlayStation 4 dan perangkat virtual reality buatan Sony: PlayStation VR.

Screenshot game Monster of the Deep: FF XV. Sumber gambar: youtube.com

Screenshot game Monster of the Deep: FF XV. Sumber gambar: youtube.com

Bagaimana untuk game ‘utama’-nya? Sudah pasti. Game Final Fantasy XV juga tersedia untuk console game masa kini, yaitu Playstation 4 dan Xbox One. Selain itu juga ada film bioskop bertemakan Final Fantasy XV  yang berjudul “Kingsglaive: Final Fantasy XV” dan “Brotherhood: Final Fantasy XV”. Dan jangan lupakan pula game virtual reality memancing di dunia Final Fantasy XV, berjudul “Monsters of the Deep: Final Fantasy XV” untuk PS VR alias Playstation VR tadi.

Selesai sampai disitu? Hehe… Belum, bro sis.

Square Enix masih berusaha “memerah” Final Fantasy XV agar menghasilkan lebih banyak lagi profit melalui media lainnya (mungkin karena cost development game ini yang dimulai sejak 2006 menghabiskan banyak uang modal mereka).

Beberapa saat yang lalu, Square Enix mengumumkan dua game Final Fantasy XV ‘terbaru’ mereka. Keduanya adalah “Final Fantasy XV: Windows Edition” dan “Final Fantasy XV: Pocket Edition”.

Endorsed Nvidia untuk FF XV: Windows Edition. Sumber gambar: geforce.com

Endorsed Nvidia untuk FF XV: Windows Edition. Sumber gambar: geforce.com

Promotional artwork FF VX: Pocket Edition. Sumber gambar: kotaku.com

Promotional artwork FF VX: Pocket Edition. Sumber gambar: kotaku.com

Dari judulnya aja kita sudah bisa menebak, kalau “Windows Edition” pasti untuk PC, sementara “Pocket Edition”, jika dilihat dari artwork yang ditunjukkan, untuk handheld atau smartphone.

Tebakan yang jitu, bro sis. Dan walau versi PC belum ada screenshot yang dipamerkan (karena kemungkinan besar sama/mirip dengan versi console PS4 dan Xbox One), namun Square Enix sudah menunjukkan tampilan versi “Pocket Edition”.

Versi ini diperuntukkan untuk sistem operasi mobile seperti Windows 10 Mobile, iOS dan Android, serta akan dirilis musim gugur tahun ini sebanyak 10 episode. Episode pertama akan diberikan secara gratis. Yuk, kita lihat beberapa screenshot dari “Final Fantasy XV: Pocket Edition” yang beredar. Unyu yah?

Yang main versi console pasti ingat adegan ini. Sumber gambar: kotaku.com

Yang main versi console pasti ingat adegan ini. Sumber gambar: kotaku.com

Battle nya lumayan mirip dengan versi console. Sumber gambar: kotaku.com

Battle nya lumayan mirip dengan versi console. Sumber gambar: kotaku.com

Camping di FF XV console tetap ada di versi Pocket. Sumber gambar: kotaku.com

Camping di FF XV console tetap ada di versi Pocket. Sumber gambar: kotaku.com

Adegan mobil mogok yang bikin ngakak. Sumber gambar: kotaku.com

Adegan mobil mogok yang bikin ngakak. Sumber gambar: kotaku.com

Cindy and her fine… ahem…. Appearance. Sumber gambar: kotaku.com

Cindy and her fine… ahem…. Appearance. Sumber gambar: kotaku.com

Sepertinya bakal menarik untuk dimainkan ya, bro sis sekalian. Kita tunggu saja bersama.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

alien-desktop

7 Ras Alien Paling Mengerikan di Komik dan Manga

Di komik amerika mau pun manga buatan jepang yang bergenre fiksi ilmiah sering kali kita temui mahkluk yang berasal dari.. more

00-ultra-space-battle-brawl

Ultra Space Battle Brawl Jadi Salah Satu Game Indonesia Pertama Yang Hadir di Switch

Toge Productions merilis game Mojiken Studio berjudul Ultra Space Battle Brawl yang sekarang bisa dibeli untuk Nintendo .. more

Jimmy Kudo, Kapten Majid: Saduran Animanga di Arab dan Eropa

Sebuah karya disadurkan biasanya untuk menyesuaikan karya tersebut dengan tempat dimana dia akan dinikmati. Tapi gimana .. more

00 darkest hour desktop

Darkest Hour: Si Perdana Menteri Rock n’ Roll Yang Bakal Membawa Pulang Oscar

Film ini punya narasi yang membosankan, namun tertutupi oleh penampilan memukau Gary Oldman sebagai PM Inggris Winston C.. more

00-d-vin-diesel-meme

Vin Diesel Hobi Mengoleksi Meme Dirinya Sendiri

Vin Diesel adalah sosok aktor tangguh namun inspiratif dan juga hangat. Selain itu, dia juga suka mengoleksi meme diriny.. more