Xperia Ear Hadir dengan Voice Assistant dari Karakter Anime

8 months ago
sonymobile.co.jp

Bro sis pernah nonton film “HER”? Itu loh, film yang membawa konsep tentang Artificial Intelligence (AI). Di mana tokoh utama dalam film, lama-lama jatuh cinta dengan suara di balik “mesin pintar” yang ia pakai setiap hari. Saat kemunculan film HER di tahun 2014, banyak pendapat para ahli mengatakan kalau cerita tersebut bisa aja beneran terjadi di masa depan. Terutama, pemakaian teknologi Artificial Intelligence ini memang bukan hal yang asing lagi dalam kehidupan manusia. Contohnya seperti voice over dalam GPS, Siri, atau Google Assistant. Kalau mendengar suara orang yang kita sukai berbicara lewat voice assistant seperti film HER, kira-kira gimana rasanya, ya?

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Bluetooth device milik Sony Xperia Ear punya jawabannya! Sony Xperia Ear sudah merilis plugin dengan suara tokoh anime Megumi Kato sebagai personal assistant. Dengan plugin Megumi ini, pengguna dari teknologi  Xperia Ear bisa mendengar suara Megumi saat bertanya tentang jadwal, cek pesan masuk, atau mengirim pesan dan memberikan arah navigasi.

Selain itu voice assistant dalam Xperia Ear didesain supaya bisa mendengar dan bereaksi dalam percakapan normal antar manusia. Terutama saat penggunanya meminta dan mencari informasi untuk dibacakan langsung. Bahkan pengguna Xperia Ear gak perlu untuk membawa ponselnya setiap saat untuk memperoleh informasi yang diinginkan.

Sumber: proxyrabbitjapan.com

Sumber: proxyrabbitjapan.com

Xperia Ear dengan Megumi Kato yang menjadi voice assistant ini limited edition, loh! Harganya aja dipatok US $239. Oh iya bro sis, Megumi ini merupakan tokoh dari anime Saekano: How to Raise a Boring Girlfriend. Anime yang diadaptasi dari novel ini bercerita tentang Tomoya yang merupakan otaku, penggemar hardcore dari banyak anime dan manga. Setelah bertemu dengan Megumi Kato, dia mendapat inspirasi untuk membuat sendiri “game-gal” atau interactive game yang berperan sebagai pacar dengan karakter Megumi.

Novel dan anime dari Saekano ini populer banget loh di Jepang! Gak heran kalau Megumi Kato punya banyak penggemar. Karena itu, Sony Xperia sengaja membuat Xperia Ear dengan tema Megumi Kato di bulan Desember. Maksudnya sih sebagai hadiah Natal untuk fans berat tokoh Megumi.

Sumber: : saekano.wikia.com

Sumber: : saekano.wikia.com

Kira-kira apakah ke depannya bakalan hadir lebih banyak pilihan untuk voice assistant? Kita tunggu aja, ya. Kemajuan teknologi seperti dalam film HER sudah mulai terjadi, kok. Gak percaya? Di Cina, ada chatbot dari Microsoft yang bernama “Xiao Ice”. Kemampuannya sama persis seperti personal assistant dalam film HER. Gak hanya berfungsi sebagai asisten, pengguna Xiao Ice bisa mengobrol mengenai beberapa konten seperti film, olahraga, atau entertainment.

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Kehadiran teknologi ini dipercaya gak akan menggantikan “posisi” manusia, melainkan untuk membantu dan mengembangkan kecakapan dari manusia itu sendiri. Ray Kurzweil, ilmuan yang mempelajari tentang technologi masa depan berpendapat kalau Artificial Intelligence seperti dalam film HER akan benar-benar terwujud dan dipakai oleh banyak manusia pada 10 atau 12 tahun yang akan datang.

Hem, gimana nih bro sis? Tertarik untuk membeli?

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

CIAYO Comics One Shot Challenge Diperpanjang Guys!

CIAYO Comics One Shot Challenge diperpanjang, guys!!! Buruan bikin komiknya dan submit!.. more

Hasil jarahan perang dari Pasar Komik Bandung 6 (CIAYO Pictures)

Segudang Komik Baru CIAYO Comics di Bulan Juni-Juli 2017

Tidak terasa yah sebentar lagi Lebaran tiba. Nah, sembari menemani liburan panjang kali ini, CIAYO Comics sudah menyiapk.. more

Sumber: img.cinemablend.com

Saya Tidak Akan Disukai Oleh Emma Watson Karena Menulis Ini. I’m Sorry Emma.

Film Beauty & The Beast tahun 1991 meninggalkan memori tersendiri pada masa kecil saya. Tapi saya tidak akan disukai Emm.. more

Sumber: womanwritescomics

Makna Makanan Dalam Film Animasi Studio Ghibli

Miyazaki mengaku, saat Ia mengambil peran dalam membuat suatu animasi, makanan merupakan hal yang wajib untuk ditampilka.. more

(CIAYO Comics)

Duo Laknat Siap Memedankan Dunia

Anak Medan yang suka baca komik, pasti tahu komik Digidoy. Komik strip digital ini mulai eksis sekitar tahun 2014, dirin.. more