Game Yakuza Dimainkan Yakuza Betulan?!

1 week ago

Yakuza. Nama itu bersinonim dengan kelompok mafia, atau triad. Organisasi kejahatan di Jepang ini unik karena tampil rapi dan beradab lewat bisnis harian mereka. Perusahaan yang mereka jalankan dengan normal hanya topeng dari bisnis bawah tanah mereka yang tak kalah kejinya dengan kelompok kejahatan lain.

Namun di dunia game, Yakuza adalah nama game populer buatan SEGA. Dengan judul asli Ryu ga Gotoku, gamer akan diajak menyelami kehidupan Kazama Kiryu, yakuza yang mencari ketenangannya di dunia gelap. Tak hanya memiliki permainan aksi menegangkan, Yakuza juga menyajikan sebuah kisah drama yang mencekam.

01 yakuza

Sumber: MobiPicker

Nah, apa jadinya jika yakuza betulan bermain game Yakuza? Apakah game Yakuza yang konon merupakan GTA-nya Jepang ini merupakan cerminan nyata dari sosok kriminal berkerah putih tersebut?

Untuk membuktikannya, di tahun 2009 lalu, seorang jurnalis bernama Jake Adelstein menghubungi sebuah kelompok yakuza untuk mencari tahu hal tersebut. Ia berhasil membujuk tiga anggota yakuza dari sebuah kelompok besar. Mereka masing-masing bernama Midoriyama, Shirokawa, dan Kuroishi. Ketiganya diminta untuk bermain game Yakuza 3 yang baru rilis saat itu. Apa pendapat mereka tentang game Yakuza? Apakah game teresebut menampilkan sosok yakuza yang sebenarnya?

Nostalgia Masa Lalu

02-yakuza

Sumber: Amazon

Sebagai permulaan, Midoriyama, Shirokawa, dan Kuroishi sepakat bahwa setting Kabukicho dalam game Yakuza tersebut sangat identik dengan Kabukicho di masa lalu. “Rasanya seperti kembali ke masa lalu,” kenang Kuroishi. “Di sana ada Teater Koma, salon pink, toko Pronto Coffee, lapang kasti Shinjuku, love hotel…”

Shirokawa menambahkan, baik di dalam game dan dunia nyata, Kabukicho dipenuhi berbagai macam orang, mulai dari pegawai kantoran, siswi SMA, hingga pria hidung belang. “(Tapi) kenapa sekarang ada banyak orang asing? Dulu hanya sebatas orang Jepang, Korea, dan Cina,” keluhnya.

Mereka juga menyukai sistem power up dimana Kiryu menyantap makanan untuk menambah tenaganya. “Jika ada sabu-sabu untuk power up, pasti bakal lebih realistis. Ini kan game tentang yakuza,” ujar Kuroishi.

Sosok Yakuza Virtual

03-yakuza

Sumber: Abnormal Mapping

Mereka juga menyukai bagaimana sosok yakuza ditampilkan dalam game ini. “Yakuza pebisis harus saya beri jempol. Jas mereka bagus, terlihat rapi. Pintar mengatur uang. Terobsesi dengan uang. Licik dan culas. Tak punya ampun,” puji Midoriyama. Tak hanya sosok yakuza tingkat atas saja yang mereka puji, namun para yakuza tingkat preman juga.

Dalam Yakuza 3, Kiryu mendapatkan tugas mengurus panti asuhan di Okinawa. Hal ini pun menjadi bahan perbincangan mereka bertiga. “Aku tak kenal mantan yakuza yang punya panti asuhan,” ungkap Shirokawa, yang kemudian dibalas oleh Kuroishi yang mengenal orang itu. “Kamu yakin panti asuhan itu bukan tempat menggelapkan pajak?” tanya Midoriyama. Kuroishi membalas, “Memang tempat penggelapan pajak, tapi dia mengelola panti asuhan itu seperti panti asuhan betulan.”

Kiryu yang Tak Berwibawa

04-yakuza

Sumber: Game Hype

Para yakuza kemudian membicarakan sosok tokoh utama Kiryu. “Kiryu adalah sosok yakuza masa lalu. Dulu yakuza menjaga ketertiban. Orang-orang menyukai kami. Kami tidak mengganggu orang biasa. Kami menghormati bos kami. Sekarang orang seperti dia hanya ada di dalam video game,” kenang Midoriyama.

Namun, Midoriyama juga mengkritik penampilan Kiryu yang tidak pantas. “Kenapa dia mengenakan kemeja merah? Dia seharusnya seorang mantan bos, tapi berpakaian seperti preman. Dia ini yakuza, bukan gigolo.”

“Selain pakaian Kiryu, semuanya terlihat realistis,” tambah Shirokawa. “Yakuza tingkat atas mengenakan jas yang rapi. Mereka kelihatan seperti pebisnis sungguhan. Cewek cabaret punya gaun yang mengagumkan. Para gigolo juga mengenakan pakaian yang pantas.”

Selain masalah baju, mereka juga mengkritik tubuh Kiryu yang hanya memiliki satu tato di punggungnya. Tato merupakan salah satu ritual sakral dalam dunia yakuza. “Hanya punggungnya yang ditato. Mungkin dia tak punya uang untuk membereskan tatonya,” ejek Kuroishi.

Tetap Game Yang Mengasyikkan

05-yakuza

Sumber: Polygon

Meski demikian, ketiga yakuza itu tetap nampak asyik memainkan game tersebut. Midoriyama terlihat sangat menikmati game Yakuza. Sesekali ia berdiri dan mencondongkan badannya ke depan. Kuroishi tetap tenang dan mencoba berbagai kombinasi jurus. Sementara itu, Shirokawa nampak sedikit kesulitan bermain, namun selalu berteriak girang begitu menyelesaikan permainan.

Hanya Kuroishi yang berhasil bermain sampai selesai. Shirokawa dan Midoriyama lebih kesulitan dalam memainkan game karena mereka sudah tidak punya jari kelingking. Di zaman dulu, yakuza memotong jari kelingkingnya sebagai permintaan maaf telah berbuat kesalahan.

Ditanya soal kesan-kesan setelah bermain, ketiganya sepakat bahwa segmen aksi dalam game Yakuza tidak sepenuhnya realistis. “Kiryu terus bertarung, dia benar-benar idiot,” ungkap Kuroishi. “Mana ada yakuza yang berkeliling dan mencari gara-gara. Apalagi yakuza tingkat atas seperti dia. Dia bakal dipenjara, masuk rumah sakit, atau bahkan mati. Malah bisa saja dia diserang teman-temannya karena membuat kekacauan.”

06-yakuza

Sumber: Gokudou!

“Sekarang, orang seperti dia bakal dikeluarkan sebelum bisa masuk penjara. Orang seperti merekalah yang memulai perang geng, dan kamu tak mau hal itu terjadi. Karena kalau yakuza bertarung, berarti masalahnya sudah sangat serius,” sambung Kuroishi, yang juga diamini Midoriyama, yang mengatakan pertarungan betulan “lebih singkat namun lebih brutal.”

Ketiganya juga membahas tentang senjata, dimana mereka menyukai bagaimana Kiryu mengambil barang-barang di sekitarnya untuk dijadikan senjata, serta senjata api yang sulit ditemukan. “Tak ada orang yang mau memboroskan pelurunya untuk menembak preman, apalagi yang suka menggangu Kiryu itu,” jelas Kuroishi.

Hubungan Antara Yakuza dan Pemerintah

07 game yakuza

Sumber: RPG Site

Midoriyama terkejut saat mendalami cerita di dalam game Yakuza 3. Ia merasa sangat akrab dengan plot yang menceritakan konspirasi pembangunan resor di Okinawa, yang melibatkan yakuza, pemerintah, dan CIA. “Cerita di dalam game ini memang pernah terjadi di Okinawa,” ungkapnya.

Kuroishi kemudian menjelaskan bahwa hubungan antara yakuza dan pemerintah sudah sangat erat. Bahkan, ada juga yakuza yang menjadi politikus. “Bagian CIA itu, saya kurang percaya. Terlalu kacangan,” tambah Kuroishi.


Pada akhirnya, ketiga yakuza itu sepakat untuk menyukai game Yakuza 3. Baik Midoriyama, Shirokawa, dan Kuroishi memuji bagaimana sosok yakuza ditampilkan dalam game. Walaupun ada beberapa bagian yang terlalu dilebih-lebihkan dan juga kurang realistis, pada akhirnya game Yakuza menurut mereka merupakan sebuah game yang cukup bagus, dimana sosok yakuza ditampilkan seutuh mungkin tanpa ada unsur menjelek-jelekkan organisasi tersebut.

Sumber: Scholarly Games

Sumber: Scholarly Games

Nah, jika kamu tertarik untuk mencari tahu tentang kehidupan para yakuza, mencoba game Yakuza tidak ada salahnya. Selain terhibur dengan segala aksinya, kamu juga bisa mengamati kehidupan sehari-hari Kiryu sebagai yakuza, dan masalah-masalah yang menderanya.

Saat ini game Yakuza sudah masuk ke seri ke-6, yang rilis di Jepang tahun 2016 dan 17 April 2018 lalu di seluruh dunia. Sehabis membaca artikel ini, mungkin sekarang adalah waktu yang tepat buat kamu untuk mencoba game Yakuza!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: Bonenkai Festival

Bonenkai Festival 12th Akan Kembali Menyapa Warga Bogor

Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor (STP Bogor) dan Lembaga Keterampilan dan Pelatihan - Bogor Hospitality Initiative (LKP-B.. more

Pasar Komik Bandung 6. (Fanpage Pakoban)

Liputan: Pakoban (Pasar Komik Bandung) 6

Tanggal 13-14 Mei 2017 jadi tanggal yang sangat berkesan di dunia komik Indonesia, karena di tanggal inilah acara Pasar .. more

Yuma Soerianto, Bocah yang Menuai Pujian Bos Apple. Sumber: detik

Fenomena Kids Jaman Now yang Ramai di Dunia Maya

Banyak sisi positifnya, tapi yang tenar malah sisi negatifnya... more

Hana & Mr. Arrogant. Sumber: CIAYO Comics

List Komik Romantis Jepang yang Harus Kamu Baca!

Yuk, daripada berlama-lama, berikut merupakan empat list komik romance yang sangat amat penulis rekomendasikan untuk dib.. more

Sumber gambar: otakumode.com

Kejutan di Gala Event Final Fantasy 30th Anniversary Exhibition

Tidak banyak serial game, khususnya RPG, yang mampu bertahan dan tetap populer selama 30 tahun beredar.. more